999 +
0
37
0
Bebas Khawatir, Ini 5 Trik Masak Sehat Saat Mudik Lebaran
4 weeks 'ago'

Lebaran akan segera tiba dan suasana mudik sudah mulai terasa. Tak terkecuali bagi para Asisten Rumah Tangga (ART) yang juga mudik ke kampung halamannya untuk waktu yang cukup lama. Bagi kamu yang selama ini tergantung dengan ART dan tak ingin menggunakan jasa ART infal (ART dengan sistem kontrak harian), memasak sendiri merupakan satu-satunya cara untuk menikmati masakan rumah. 

Mencoba memasak dengan cara praktis bisa kamu terapkan, di tengah sibuknya silaturahmi Lebaran. Berikut lima trik masak praktis yang bisa kamu terapkan di rumah!

1. Masaklah sup

Sup merupakan alternatif makanan yang sehat dan mudah. Kandungan gizinya juga tak perlu diragukan lagi. Aneka serat dan vitamin di dalam sayuran mampu memenuhi kebutuhan nutrisi kamu. 

Cukup potong aneka sayuran, seperti wortel, buncis dan aneka sayuran lainnya. Panaskan air dan masukkan bumbu rempah yang telah disiapkan. Masukkan sayuran yang lebih lama untuk matang seperti wortel dan buncis, lalu sayuran lainnya yakni kubis, kentang serta brokoli yang mudah masak . 

2. Pakai microwave

Jika kamu tipe orang yang jarang berinteraksi dengan peralatan dapur dan memiliki trauma saat memasak, penggunaan microwave sangatlah membantu. Kegunaan microwave tak hanya sekedar memanskan lho, namun juga bisa digunakan untuk memasak.

Salah satunya olahan yang bisa diolah menggunakan microwave ialah daging asap. Bungkus daging yang telah dicuci bersih dan diberi rempah dengan aluminium voil. Panggang selama dua menit. Sajian daging sehat diap dihidangkan. 

3. Manfaatkan frozen food

Gak semua frozen food harus digoreng. Pilih frozen yang dikukus agar lebih sehat dan bebas minyak. Terutama frozen yang tergolong sayur mayur seperti kacang polong, brokoli buncis dan sayuran beku lainnya yang bisa kamu siapkan sendiri di rumah maupun membeli di supermarket.

Selain bebas bahan pengawet, kamu tak perlu bersusah payah membeli sayuran setiap harinya untuk memenuhi asupan nutrisi sayuran. Hanya perlu ditumis selama beberapa menit, jadilah hidangan sayuran yang nikmat. 

4. Siapkan bumbu siap jadi

Lelah mencari aneka jenis rempah di pasar dan sulit mengingat nama rempah satu per satu? kamu perlu membeli bumbu siap saji. Bumbu ini umumnya praktis dan harganya pun terjangkau dibandingkan rempah alami. Daya tahannya pun lebih lama

Hanya perlu tambahan bahan lain seperti santan, bawang putih dan rempah lainnya ketika bahan utama masakan sudah masak. Diamkan selama beberapa menit ketika mengolah, hingga bumbu menyerap sempurna ke dalam masakan. 

5. Sarden, bisa jadi pilihan sajian cepat

Terakhir, paling praktis beli sarden sudah bisa menyelamatkan perutmu. Ikan dalam sarden kaya akan vitamin. dan kandungan omega 3. Harganya sarden masih cukup terjangkau dan praktis untuk disajikan ketika kamu mengalami kesibukan yang padat. Hanya perlu menambahkan bawang bombay dan tomat, panaskan selama dua menit kamu sudah bisa menikmati sajian sarden dengan nasi hangat. 

Itu dia lima trik yang bisa kamu lakukann untuk mengobati rasa laparmu ketika ART masih mudik. Mudah dan praktis bukan?

Follow Us On :
Ranking
1
2
azzahra
115
3
4
5
Lencana
Kongkow