0
29
0
5 Ciri Ini Pasti Dimiliki oleh Pekerja Keras, Kamu Punya?
3 weeks 'ago'

Kita semua pasti ingin dikenal sebagai seorang pekerja keras. Memiliki ketekunan dan kerajinan akan memudahkan kita meraih kesuksesan. Selain itu, dikenal sebagai pekerja keras akan membuat orang-orang lebih tertarik kepada kita. Khususnya jika kita sedang dalam proses mencari teman hidup.

Bagaimana dengan kamu sendiri? Apakah kamu seorang pekerja keras? Jika kamu menjawab ya, apa buktinya? Seseorang tentu perlu memiliki beberapa ciri supaya bisa disebut pekerja keras, misalnya 5 ciri berikut.

Coba perhatikan dan periksa dirimu sendiri, apakah kamu punya ciri-ciri berikut?

1. Selalu berusaha melawan rasa malas yang datang

Seorang pekerja keras bukannya tidak pernah merasa malas. Adalah wajar jika sewaktu-waktu rasa malas datang menghampiri. Hal yang penting adalah bagaimana cara menyikapinya. Orang yang pemalas akan membiarkan saja rasa malas tersebut merasukinya hingga menghambat aktivitasnya. Tapi tidak demikian halnya dengan seorang pekerja keras.

Saat rasa malas melanda, seorang pekerja keras tidak akan diam saja. Dia akan melakukan berbagai cara supaya rasa malas itu bisa segera pergi, misalnya dengan mencari spot bekerja yang seru dan tidak biasa. Dengan demikian rasa malas itu bisa segera hilang dan berganti dengan motivasi untuk kembali bekerja keras.

2. Berupaya menggunakan waktu seefisien mungkin

Waktu adalah sumber daya paling berharga yang kita miliki, maka kita perlu menggunakannya sebaik mungkin. Seorang pekerja keras menyadari betul fakta tersebut, maka dia akan sebisa mungkin mengatur waktu dan menggunakannya dengan efisien.

Caranya? Tentu saja dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Tidak perlu terlalu kaku, yang penting bisa memastikan bahwa tidak ada waktu yang terbuang percuma dan tidak ada jadwal penting yang terlupakan. Dengan demikian, semua pekerjaan bisa dikerjakan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal.

3. Punya inisiatif yang tinggi

Dalam pekerjaan ataupun kegiatan sehari-hari, kita harus punya inisiatif yang tinggi. Memiliki inisiatif berarti kita siap bertindak tanpa harus disuruh atau diingatkan oleh siapapun. Jika ada hal apa pun yang bisa dikerjakan, segera kerjakanlah, tidak perlu menunggu atau menunda.

Itulah kebiasaan lain yang dimiliki seorang pekerja keras. Kebiasaan tersebut sangat bermanfaat karena bisa menghindarkan kita dari situasi yang tidak diinginkan. Kuncinya adalah segera bertindak tanpa menunggu, sehingga situasi yang buruk tidak akan bertambah buruk dan situasi yang baik bisa jadi semakin baik.

Apakah kamu punya ciri seperti itu?

4. Pantang menyerah

Tentu, sekeras apapun kita berusaha, pasti akan selalu ada saja masalah yang sewaktu-waktu muncul. Masalah memang bisa diminimalisir, tapi tidak bisa dihindari sepenuhnya. Maka sewaktu masalah tersebut timbul, apa yang akan dilakukan oleh seorang pekerja keras?

Ia tidak akan menyerah. Masalah adalah untuk dihadapi dan diselesaikan dan seorang pekerja keras tidak akan berhenti sebelum ia bisa menuntaskan masalah yang terjadi. Ia tahu bahwa menyerah bukan solusi, tapi malah akan menghasilkan masalah baru. Maka jika kamu ingin menjadi pekerja keras, pupuklah kebiasaan pantang menyerah.

5. Selalu berusaha memperbaiki diri

Karena tidak sempurna, kita semua punya kekurangan. Termasuk dalam pekerjaan yang kita lakukan, pasti ada saja cacat yang terjadi. Semua orang mengalaminya, namun yang membedakan seorang pekerja keras dengan orang biasa adalah cara menyikapinya.

Seorang pekerja keras pasti akan untuk terus memperbaiki kekurangannya dan terus berkembang. Bahkan jika performanya tampaknya sudah maksimal pun, seorang pekerja keras tidak akan cepat puas. Ia akan tetap menganalisa hal-hal apa lagi yang masih bisa diperbaiki, sehingga kemampuannya akan senantias meningkat. Konsistensi dalam memperbaiki diri itulah yang suatu saat akan mengantarnya kepada kesuksesan.

Itulah 5 ciri yang dimiliki oleh seorang pekerja keras. Gimana, adakah ciri yang telah kamu miliki? Jika ya, pertahankanlah. Jika belum, cobalah untuk mengembangkan ciri tersebut, supaya kamu bisa menjadi seorang pekerja keras dan meraih kesuksesan.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow