Home » Kongkow » Tips & Trik » 6 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

6 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

- Selasa, 28 Mei 2019 | 09:10 WIB
6 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Mudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia, terutama saat akan menyambut hari raya. Musim mudik adalah saat yang dinanti oleh banyak orang, karena pada kesempatan ini seseorang dapat berlibur, mengambil jedah, kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama sahabat dan keluarga. Banyak yang harus dipersiapkan saat hendak mudik. Mulai dari menabung jauh-jauh hari, berburu tiket bagi yang menggunakan alat transportasi umum, hingga mempersiapkan pernak-pernik lebaran untuk keluarga di kampung halaman. Namun bukan itu saja, ada persiapan yang juga tidak kalah pentingnya, yaitu keamanan rumah yang akan ditinggal mudik. Karena keadaan rumah yang kosong saat ditinggal mudik sangat rawan terhadap hal-hal yang negatif, seperti tindak kejahatan ataupun kebakaran.

Berikut tips aman yang perlu diperhatikan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik:
1. Amankan barang berharga

Simpan barang berharga Anda seperti perhiasan dan surat-surat penting di tempat yang aman. Jika perlu simpan benda-benda yang berharga tersebut di bank. Namun, jika Anda tidak menyimpan di bank, Anda bisa menitipkannya pada kerabat yang tidak mudik.

2. Pastikan semua alat elektronik dan kompor dalam keadaan mati
Cabut kabel televisi, magic jar, komputer, dan alat-alat eletronik lainnya dari stop kontak. Matikan pula adaptor. Hal ini untuk menghindari terjadi hubungan arus pendek yang dapat menimbulkan kebakaran. Cek sekali lagi kompor gas di dapur Anda sebelum berangkat. Cabut selang regulator dari tabung gas. Bila perlu kosongkan dan matikan kulkas. Selain untuk keamanan, hal-hal tersebut bisa juga dilakukan untuk menghemat pemakaian listrik.

3. Kunci semua pintu dan jendela
Pastikan semua pintu dan jendela tertutup dan terkunci rapat-rapat. Cek sekali lagi sebelum berangkat.

4. Nyalakan lampu teras rumah Anda
Kalau perlu pasang lampu bertimer agar tidak menimbulkan kesan bahwa rumah sedang kosong. Berhentilah berlangganan koran sejenak. Koran-koran yang menumpuk di depan rumah bisa menjadi penanda jika rumah sedang kosong dan menarik para pelaku tindak kejahatan.

5. Titipkan rumah pada tetangga dekat
Katakan berapa lama Anda akan mudik. Minta tolonglah pada tetangga Anda untuk sesekali mengecek rumah Anda, kalau perlu minta tolonglah pada tetangga Anda untuk mematikan dan menghidupkan lampu teras agar rumah tidak terkesan kosong atau tidak berpenghuni.

6. Pasang CCTV
Jika perlu untuk menambah keamanan rumah saat Anda tinggalkan mudik, Anda bisa memasang kamera CCTV di rumah Anda, agar setiap saat dapat memantau kondisi rumah Anda.

Nah itulah 6 hal yang sebaiknya Anda lakukan sebelum meninggalkan rumah saat pergi mudik ke kampung halaman. Rumah aman saat ditinggalkan, mudik pun jadi lebih tenang karena Anda tidak perlu was-was memikirkan rumah saat sedang berkumpul bersama keluarga di kampung. Selamat mudik dan selamat lebaran.

 

Cari Artikel Lainnya