Home » Kongkow » kongkow » Tips Mudik Lebaran Nyaman dan Aman dengan Sepeda Motor

Tips Mudik Lebaran Nyaman dan Aman dengan Sepeda Motor

- Senin, 27 Mei 2019 | 17:45 WIB
Tips Mudik Lebaran Nyaman dan Aman dengan Sepeda Motor

Sepeda motor masih menjadi salah satu alternatif kendaraan yang dipilih oleh sebagian pemudik untuk menuju kampung halaman, khususnya buat mereka yang menempuh perjalanan di rute perjalanan pendek.

Karakteristik sepeda motor membuat perjalanan fleksibel selain juga praktis.

Untuk mudik dengan sepeda motor, selain kondisi fisik yang harus dipersiapkan dengan baik oleh pemudik, akan tetapi sangat disarankan juga untuk mempersiapkan kendaraan dengan baik.

Berikut diantaranya:

1. Sebelum memulai perjalanan mudik, cek secara menyeluruh kondisi motor yang akan digunakan maksimal sepekan sebelum digunakan agar dapat melakukan adaptasi dengan kondisi kendaraan yang
baru. Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa bagian penting seperti kaca spion, sistem kelistrikan, lampu-lampu, rem, dan penggerak berfungsi dengan baik.

2. Siapkan perlengkapan berkendara agar perjalanan aman dan nyaman seperti helm, sarung tangan, jaket, masker, celana panjang, sepatu. Siapkan pula jas hujan dengan warna yang mencolok.

3. Waspada saat berkendara, perhatikan keadaan depan, belakang, kanan, dan kiri
kendaraan dengan selalu memperhatikan jarak antara kendaraan baik di depan maupun
belakang. 

4. Disarankan sudah menyiapkan jalur alternatif serta tidak membawa barang berlebih agar keseimbangan kendaraan tetap terjaga.

5. Jika pengemudi sudah merasa lelah atau mengantuk sebaiknya berhenti di rest area untuk
beristirahat. Sembari beristirahat lakukan pengecekan terhadap beberapa bagian penting di motor.

6. Jangan lupa siapkan surat-surat penting yang dibutuhkan, kelengkapan alat untuk saat-saat emergency, serta peralatan P3K agar selalu siap sedia di perjalanan mudik, sehingga mudik berjalan lancar dan menjadi momen membahagiakan bersama orang tersayang saat Lebaran

 

Cari Artikel Lainnya