999 +
0
71
0
6 Hidangan Khas Lebaran yang Pasti Ada di Setiap Rumah
4 months 'ago'

Lebaran merupakan hari spesial bagi muslim di seluruh dunia. Salah satunya yaitu hari raya Idul Fitri dimana setiap tahunnya kita akan merayakan kemenangan setelah berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadan. Di Indonesia sendiri yang mana masyarakatnya mayoritas beragama Islam memberikan kesan meriah ketika lebaran tiba. Lebaran selalu banyak memberikan kesan khas yang muncul pada setiap tahunnya.

Seperti halnya hari raya umat lainnya, di hari raya Idul Fitri kita akan menemukan banyak makanan yang jarang kita temukan di hari dan bulan biasa. Makanan ini menjadi makanan wajib yang pasti ada di setiap rumah ketika lebaran tiba. Berikut beberapa jenis makanan yang pasti ada di setiap rumah, yuk kita intip!

1. Ketupat

pinterest

Ketupat merupakan hidangan pertama khas saat lebaran tiba. Hidangan yang berbahan dasar dari beras ataupun ketan ini di bungkus dengan daun kelapa muda (janur) dengan cara di anyam. Ketupat sendiri memiliki filosofi yang mendalam yaitu tentang eratnya tali silaturahmi. Ketupat sendiri sangat cocok dimakan dengan opor ayam  dan makan jenis lainnya.

2. Opor ayam

pinterest

Opor ayam menjadi hidangan wajib lainnya saat lebaran tiba. Makanan yang berbahan dasar ayam ini sangat ekonomis dan digemari oleh setiap kalangan. Makanan yang memiliki kuah santan kental  yang khas ini sangat cocok dipadukan dengan ketupat.

3. Rendang

pinterest

Bukan hal umum lagi jika rendang masuk menjadi makanan wajib khas Lebaran. Makanan yang pernah menjadi makanan terenak di seluruh dunia ini memiliki tempat tersendiri di kalangan masyarakat. Berbahan dasar daging sapi bercita rasa pedas gurih dari berbagai bumbu dan rempah yang digunakan, yang kemudian dimasak berulang kali hingga berwarna pekat.

4. Nastar

pinterest

Makanan yang menjadi ciri khas Lebaran juga yaitu kue nastar. Kue kering yang berisi selai nenas ini mejadi makanan wajib saat lebaran. Perpaduan antara manisnya adonan dengan segarnya selai nenas menjadikan kue ini menjadi makanan favorit masyarakat.

5. Putri salju

pinterest

Kue putri salju menjadi hidangan kue kering yang khas saat Lebaran. Kue yang identik dengan warna putih ini, bertabur tepung gula halus di seluruh permukaannya. Hidangan ini menjadi favorit bagi anak-anak saat berkunjung. Hidangan ini terbuat dari adonan tepung, metega, telur dan gula menciptakan cita rasa manis dan gurih di dalamnya.

6. Kolang kaling

pinterest

Kolang kaling merupakan hidangan khas saat Lebaran tiba. Kolang kaling yang merupakan buah dari pohon aren ini berbentuk lonjong dan berwarna putih bening. Kolang kaling sendiri sangat cocok menjadi camilan kenyal saat lebaran. Biasanya kolang kaling di padukan dengan sirup merah

 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow