999 +
0
33
0
Punya Hobi Florist Namun Hanya Punya Lahan Sempit? Simak Tips Hidroponik Ini!
1 month 'ago'

 

Hobi Florist? Yuk Wujudkan Ide Hidroponik ini. Keterbatasan lahan merupakan salah satu masalah yang dihadapi saat ini yang menjadi penghambat ketika ingin berkebun. Namun semakin bertambahnya kemajuan zaman, kini hidroponik menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bukan hanya sayuran dan buah-buahan namun hidroponik juga bisa digunakan untuk tanaman hias.

Bagi kamu yang punya hobi florist, tapi terbatas luas lahan maka hidroponik bisa menjadi solusi terbaik. Hidroponik merupakan teknik budidaya tanpa menggunakan tanah sebagai bahan tanam. Fungsi tanah akan digantikan dengan adanya media tanam dan larutan nutrisi AB Mix yang akan memberikan nutrisi bagi tanaman. Ikuti tips hidroponik di bawah ini untuk jadikan hobi florist mu terwujud meskipun di lahan sempit.

Gunakan tempat yang ada sebagai lahan

Punya Hobi Florist Namun Hanya Punya Lahan Sempit? Simak Tips Hidroponik Ini!

Gudang bisa kamu manfaatkan sebagai tempat untuk menanam (Foto: unsplash.com/@joshcase)

Kamu dapat menggunakan ruangan tak terpakai seperti gudang atau atap rumah. Jika kamu tidak memiliki ruangan kosong kamu juga bisa memanfaatkan halaman rumah atau dinding rumah sebagai lahan tempatmu menanam tanaman hias.

Kelebihan dari menanam menggunakan hidroponik adalah bisa digunakan di lahan sempit sekalipun karena dalam penanamannya hidroponik ini tidak memerlukan tanah sebagai bahan tanam. Kamu bisa menggunakan media tanam lain yang lebih ringan seperti arang sekam, rockwool atau hidrogel.

Penataan ruang yang tepat

Punya Hobi Florist Namun Hanya Punya Lahan Sempit? Simak Tips Hidroponik Ini!

Penggunaan Pot Gantung Dapat Lebih Menghemat Tempat (Foto: unsplash.com/@jessicatootoo )

 

Penataan ruang tanam yang tepat akan membuat tanamanmu mampu tumbuh dengan baik dan tetap rapi. Kamu bisa menggunakan pot gantung sebagai wadah untuk tanamanmu tumbuh atau menggunakan rak gantung yang ditata vertikal sehingga akan lebih menghemat tempat. Pengaplikasian vertical gardenpada dinding rumah bisa menjadi solusi yang tepat jika kamu tidak memiliki ruang cukup untuk berkebun.

Tanaman yang telah ditanam di dalam pot-pot kemudian digantungkan secara vertikal bersusun di dinding rumah dengan memperhatikan jenis tanaman yang digunakan.

Penataan secara vertikal ini harus memperhatikan pasokan sinar matahari yang tepat, tanaman yang tidak terlalu banyak memerlukan cahaya matahari bisa diletakkan di rak paling bawah kemudian tanaman yang perlu penyinaran penuh diletakkan di rak paling atas. Penataan yang tepat akan membuat tanamanmu mampu tumbuh dengan baik meskipun ditanam secara vertikal.

Gunakan media tanam yang sesuai

Punya Hobi Florist Namun Hanya Punya Lahan Sempit? Simak Tips Hidroponik Ini!

Pemilihan media tanam harus disesuaikan dengan tanaman dan tempat yang akan digunakan (Foto: unsplash.com/@cjoudrey)

Penggunaan media tanaman harus tepat dan sesuai untuk menunjang pertumbuhan tanaman agar bisa optimal. Pemilihan media tanam ini juga perlu memperhatikan posisi tanaman tersebut tumbuh, seperti penggunaan media arang sekam untuk tanaman hias yang digantung untuk memberikan massa yang tidak terlalu berat sehingga aman untuk digantung.

Berbeda dengan tanaman hias yang diletakkan sebagai hiasan ruang tamu, kamu bisa menggunakan hidrogel sebagai bahan tanam untuk mempercantik penampilan tanaman hiasmu.

Larutan nutrisi yang tepat

Punya Hobi Florist Namun Hanya Punya Lahan Sempit? Simak Tips Hidroponik Ini!

Berikan Larutan Nutrisi Sesuai Dosis dan Waktu (Foto: unsplash.com/@harryjamesgrout)

Larutan nutrisi merupakan hal yang paling penting dalam budidaya hidroponik karena larutan nutrisi menjadi sumber makanan utama bagi tanaman. Pemberian larutan nutrisi harus disesuaikan dengan dosis dan waktu pengaplikasian yang tepat. Dosis unsur hara yang diperlukan setiap tanaman berbeda-beda sehingga perlu untuk kita mengetahui terlebih dahulu secara detail tentang tanaman yang akan kita tanam.

Larutan nutrisi dapat diaplikasikan dengan cara yang beragam, seperti sistem tetes atau drip system yang bisa kamu gunakan untuk tanaman hias gantungmu. Kamu juga bisa memberikan larutan nutrisi dengan manual penyiraman untuk tanaman yang tidak digantung.

Punya Hobi Florist Namun Hanya Punya Lahan Sempit? Simak Tips Hidroponik Ini!

Perhatikan waktu penyiraman terbaik untuk tanaman hiasmu (Foto: unsplash)

Waktu pemberian larutan nutrisi yang tepat adalah setelah jam 12 siang karena akar dalam kondisi siap untuk menyerap nutrisi secara maksimal sehingga pemberian larutan nutrisi dapat dilakukan efisien dan tidak terbuang sia-sia. Jika kamu menggunakan media tanam rockwool atau hidrogel maka kamu hanya perlu menyiram tanamanmu sehari sekali atau ketika media tanam tersebut sudah kering.

Itulah tips yang bisa kamu gunakan untuk menanam tanaman hias dengan hidroponik di lahan sempit. Penggunaan hidroponik ini akan membantumu dalam menyalurkan hobi florist-mu agar dapat terwujud meski terkendala lahan yang sempit.

Follow Us On :
Ranking
1
2
azzahra
115
3
4
5
Lencana
Kongkow