0
73
0
7 Manfaat Ajaib Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuhmu
3 months 'ago'

Ubi jalar merupakan umbi bawah tanah, yang digemari banyak orang lho, karena selain harganya yang murah meriah dan rasanya yang lezat, ubi jalar juga mengandung banyak gizi, nutrisi dan serat yang mampu menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaat terbesar dari ubi jalar adalah dapat membantu menurunkan berat badan, yang artinya baik untuk dikonsumsi bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet.

Kandungan serat yang tinggi, namun rendah kalori pada ubi jalar, mampu untuk membantu menurunkan nafsu makan, karena perut akan terasa kenyang lebih lama, yang nantinya dapat memicu penurunan berat badan. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, ubi jalar juga masih memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya lho. Berikut ulasan tujuh manfaat ajaib ubi jalar untuk kesehatan tubuhmu.

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Manfaat ajaib pertama ubi jalar untuk kesehatan tubuh adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi pada ubi jalar, mampu untuk melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu. Antosianin, yang merupakan kelompok antioksidan pada ubi jalar ungu, dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tertentu, seperti kanker payudara dan kanker usus.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Tak hanya dapat mencegah kanker, ubi jalar juga mampu lho untuk meningkatkan kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang tinggi pada ubi jalar, baik untuk kesehatan mata. Vitamin A yang terdapat pada ubi jalar, berperan penting dalam menjaga bentuk retina yang tepat. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penurunan kemampuan penglihatan, yang nantinya dapat meningkatkan resiko kebutaan.

Selain itu, ubi jalar juga merupakan sumber vitamin C dan vitamin E yang baik lho, dimana vitamin C dan E ini, efektif dalam memerangi stres oksidatif, yang merupakan salah satu penyebab utama dari katarak.

3. Mengontrol tekanan darah

Selain dapat mencegah kanker dan meningkatkan kesehatan mata, rutin mengonsumsi ubi jalar juga dapat membuat tekanan darah, dapat terkontrol dengan lebih baik. Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi pada ubi jalar, mampu untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Studi juga menunjukkan bahwa makanan yang mengandung kalium tinggi dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan magnesium yang tinggi pada ubi jalar, dapat digunakan sebagai diet yang efektif untuk mencegah hipertensi pada ibu hamil, maupun kepada orang yang tidak hamil.

4. Memiliki sifat antimikroba

Selain dapat mengontrol tekanan darah, ternyata ubi jalar juga memiliki sifat antimikroba lho. Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa, ekstrak etanol dan aseton yang terdapat pada ubi jalar, memiliki sifat antimikroba terhadap bakteri, yang merupakan penyebab utama dari tipus dan pneumonia (radang paru-paru).

Selain itu, aktivitas antimikroba yang terdapat pada ubi jalar dan ekstraknya, dapat digunakan untuk pencegahan dan pengobatan berbagai patogen maupun infeksi bakteri.

5. Membantu mengelola diabetes

Ubi jalar termasuk makanan yang kaya akan serat lho, yang telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1. Kandungan serat larut yaitu pektin, dengan kisaran 10 hingga 15% pada ubi jalar, mampu untuk menurunkan kadar gula darah secara efektif, karena dapat menurunkan nafsu makan, sehingga lonjakan gula darah pun dapat terhindari.

Selain itu, 77% kandungan serat tidak larut pada ubi jalar, mampu untuk melawan diabetes lho, mengapa bisa? Karena serat tidak larut tersebut, dapat meningkatkan sensivitas insulin, yang nantinya dapat mengontrol jumlah kadar gula dalam darah.

6. Meningkatkan kesehatan usus

Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi pada ubi jalar baik untuk kesehatan usus lho, mengapa bisa? Karena kandungan serat dan antioksidan tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang baik, sehingga kesehatan usus pun dapat terjaga dengan baik. Selain itu, kandungan serat larut pada ubi jalar, dapat menyerap air dan melunakkan feses.

Jika kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti ubi jalar setiap harinya, maka akan menurunkan risiko kamu terkena kanker usus dan membuat pergerakan ususmu menjadi lebih teratur.

7. Meningkatkan kesuburan

Menurut Harvard Health Publications dari Harvard Medical School, wanita usia subur yang banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti ubi jalar, dapat meningkatkan kesuburannya. Zat besi merupakan mineral yang berperan penting dalam meningkatkan kesuburan.

Selain itu, vitamin A yang dikonsumsi sebagai beta-karoten, yang kemudian diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, berperan penting dalam sintetis hormon selama masa kehamilan dan saat sedang menyusui.

Itulah ulasan tujuh manfaat ajaib ubi jalar untuk kesehatan tubuh. Yuk, rutin mengonsumsi ubi jalar mulai dari sekarang guys!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow