0
47
0
Ketahui 6 Nutrisi Utama yang Harus Kamu Penuhi Saat Puasa Ramadan
4 months 'ago'

Perubahan pola makan yang terjadi pada saat berpuasa harus tetap diimbangi dengan asupan nutrisi yang seimbang. Sebab tubuh akan mengalami perubahan fungsional karena tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Jika asupan nutrisi tidak diperhatikan, tubuh akan mudah lemas dan rentan terserang penyakit.

Nutrisi apa saja yang diperlukan oleh tubuh selama berpuasa? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Protein

Protein berperan penting untuk pertumbuhan tubuh, terutama untuk membentuk jaringan otot baru. Tidak hanya itu, nutrisi ini juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Ini karena protein bekerja sebagai glikogen yang akan dipecah untuk memberikan energi tambahan. Protein yang baik untuk dikonsumsi saat puasa adalah ikan, telur, ayam, daging merah, tahu, dan tempe.

2. Karbohidrat

Tentunya karbohidrat juga diperlukan untuk tubuh sebagai sumber energi yang paling utama. Kekurangan karbohidrat saat puasa dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah lemas dan kurang bersemangat di tengah hari.

Untuk itu, penuhi asupan nutrisi ini terutama pada saat sahur. Kamu bisa memilih karbohidrat kompleks yang kaya akan serat seperti kacang polong, gandum, roti, atau nasi.

3. Lemak

Tubuh membutuhkan lemak saat berpuasa, walaupun tidak sebanyak kebutuhan protein dan karbohidrat. Namun bukan sembarang lemak yang dibutuhkan. Kamu akan lebih membutuhkan jenis lemak baik atau High Density Lipoprotein (HDL). Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari ikan, alpukat, gandum, biji-bijian, kacang, dan minyak zaitun.

Sebaliknya, kamu harus menghindari lemak jahat yang tinggi akan kolesterol. Contoh makanan yang mengandung lemak jahat adalah makanan yang digoreng, fast food, daging olahan, dan makanan manis.

4. Serat

Makanan yang kaya akan serat bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama. Sebab, serat bisa membantu memperlambat proses pembentukan gula dari karbohidrat.

Selain itu, nutrisi tersebut juga baik untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengonsumsi sayur-sayuran, kurma, beras merah, pisang, dan lain-lain.

5. Vitamin

Menambahkan sayur dan buah-buahan ke dalam menu sahur dan berbuka wajib hukumnya. Selain mengandung serat dan air, sayur dan buah juga mengandung banyak vitamin. Ini diperlukan untuk menjaga sistem imun tubuh.

6. Kalsium

Seperti yang sudah diketahui, kalsium adalah nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Jika tidak terpenuhi, ada beberapa efek yang akan dirasakan tubuh. Misalnya meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, kram otot, kuku rapuh, dan mudah mengalami perubahan emosi. Untuk memenuhinya, kamu bisa mengonsumsi susu dan yoghurt.

Nutrisi yang paling dibutuhkan ketika sahur

Selain mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan saat berpuasa, kamu juga perlu tahu bagaimana cara untuk memenuhinya dalam sehari. Saat sahur, jenis nutrisi yang paling dibutuhkan adalah karbohidrat, protein, serat, dan lemak.

Kamu bisa mengombinasikan ikan, kacang-kacangan, dan nasi atau gandum. Karena makanan sahur adalah penunjang tubuhmu selama 13 jam, setidaknya 40 hingga 50 persen kebutuhan nutrisi harus terpenuhi.

Nutrisi yang paling dibutuhkan saat berbuka puasa

Makanan berbuka puasa harus memenuhi sisa kebutuhan nutrisi tubuh, setidaknya 10 hingga 20 persen dari keseluruhannya. Makanan yang banyak mengandung serat, vitamin, dan air baik untuk berbuka puasa.

Nutrisi yang diperlukan tubuh saat berpuasa kurang lebih sama dengan nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari. Namun sebaiknya jangan disepelekan ya, karena proses fungsional tubuh yang sedang berpuasa berbeda dengan biasanya.

Follow Us On :
Ranking
1
Lencana
Kongkow