999 +
0
22
0
Tips Menjaga Pola Hidup Sehat di Saat Puasa
4 weeks 'ago'

Cara menjaga kesehatan saat puasa ramadhan sangat penting. Sebab banyak terjadi perubahan pola hidup ketika memasuki bulan puasa, dari pola tidur hingga pola makan. Karena puasa pada bulan ramadhan wajib hukumnya bagi umat Islam, kita juga harus selalu menjaga kesehatan. Pola tidur yang kurang akan mempengaruhi kesehatan pada tubuh dan menurunnya produktivitas tubuh. Tidur idealnya 8 jam perhari, namun ketika bulan Ramadhan hal itu jadi sulit terpenuhi. Lalu bagaimana kita menanggapi hal ini? Umumnya kita harus mempersiapkan sahur yang biasanya pukul 3-4 pagi, lalu dilanjutkan ibadah yang mungkin membutuhkan waktu 1-2 jam. Setelah itu harus mempersiapkan diri untuk bekerja, pasti sulit agar bisa memenuhi waktu tidur yang tepat.

Berikut beberapa tips menjaga pola hidup sehat saat bulan Ramadhan:
1. Tidur seusai sahur

Ada sebagian orang tidak tidur setelah sahur, mereka melakukan kegiatan seperti mengaji, olahraga bahkan mempersiapkan diri untuk kerja. Tapi jika Anda ingin tidur pun tidak dilarang hal ini untuk mencegah Anda tidak mengantuk di perjalanan menuju kerja. Jangan sampai dalam perjalanan Anda mengantuk yang mana dapat menyebabkan kecelakaan. Bagi Anda yang merasa pusing jika tidur hanya sebentar, Anda dapat melakukan aktivitas lain seusai santap sahur.

2. Peregangan kecil
Bagi yang kerja di kantor dan berhadapan dengan komputer atau laptop. Lakukan peregangan kecil setiap satu jam sekali. Hal ini akan memperlancar aliran darah dalam tubuh. Pijatkan pada area kepala dan juga wajah. Gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan. Baiknya dilaksanakan setelah bangun tidur setiap harinya. Anggap saja ini sebagai olahraga agar otot-otot tubuh tidak tegang karena kurang peregangan.

3. Langsung tidur di malam hari
Tidur yang baik selama 6-8 jam perhari. Tapi pada bulan Ramadhan tidur jadi berkurang. Anda dapat menyiasati tidur lebih awal. Setelah tarawih usahakan tidak usah begadang atau nongkrong. Langsung pergi tidur agar waktu tidur Anda tidak berkurang. Yang biasanya Anda melakukan jalan-jalan seusai pulang kerja, khusus bulan Ramdahan jadwal keluar rumah ditiadakan kecuali waktu libur kerja. Hal ini bertujuan supaya tubuh Anda beristirahat tetap pada porsinya. Jangan paksakan diri terlalu lelah.

4. Tidur waktu jam istirahat
Pada bulan Ramadhan pasti Anda tidak makan siang, jam istirahat siang digunakan untuk sholat dzuhur. Walau hanya beberapa menit tapi cukup untuk menyegarkan tubuh. Tidurlah di meja kerja, mushola atau ruangan istirahat di kantor. Manfaatkan saja waktu tersebut untuk memejamkan mata, agar cukup waktu istirahatnya. Tapi hal ini tidak berlaku pada orang yang merasa pusing jika tidur hanya beberapa menit saja.

5. Bergerak
Setidaknya jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas bergerak. Tetapi jadikan puasa sebagai terapi kesehatan yang sudah direncanakan Allah untuk hambanya hanya sebulan sekali dalam setahun. Lalukan peregangan kecil, berjalan-jalanlah di sekitar area kantor. Sebab, hanya diam di tempat akan membuat Anda semakin mengantuk serta kebanyakan duduk tidak baik bagi ginjal.

Itulah tips menjaga pola hidup sehat saat bulan Ramadhan. Lakukan tips tersebut untuk kelancaran puasa Anda. Menjaga kesehatan merupakan kewajiban setiap orang, dengan sehat, hidup menjadi lebih baik.

Follow Us On :
Ranking
1
2
azzahra
115
3
4
5
Lencana
Kongkow