Home » Kongkow » Tips & Trik » 4 Tips Travelling Hemat yang Kerap Terlewat

4 Tips Travelling Hemat yang Kerap Terlewat

- Sabtu, 21 November 2020 | 18:00 WIB
4 Tips Travelling Hemat yang Kerap Terlewat

Travelling tentu membutuhkan biaya. Namun banyak sedikitnya uang yang dikeluarkan untuk liburan tentu tergantung dari jenis, tujuan, aktivitas, dan manajemen keuangan pelancong itu sendiri.

Mengutip The Travel, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar lebih hemat saat travelling tanpa mengorbankan kenyamanan. Sayangnya, para wisatawan kerap tak sadar akan peluang supaya irit selama travelling.

1. Harapan dan kenyataan

Mungkin ada hal-hal yang selama travelling tak sesuai antara harapan dengan kenyataan. Namun kondisi ini tidak selalu merugikan asalkan Anda tetap berpegang pada pedoman penggunaan keuangan selama liburan secara keseluruhan.

Ingatlah dua pos utama saat travelling adalah makanan dan akomodasi. Jadi, misalnya Anda tak bisa mengunjungi suatu objek wisata karena lokasinya terpencil dan bakal memakan banyak biaya, nikmati saja destinasi wisata yang memang sesuai dengan kantong Anda.

2. Perhatikan musim dan detail akomodasi

Tipe liburan penjelajahan membutuhkan kecermatan dalam penggunaan anggaran. Sebaiknya bepergian di musim panas agar menghemat perbekalan dan irit koper karena tak perlu membawa pakaian tebal yang cukup menguras kapasitas bagasi.

Wisatawan juga bisa memanfaatkan faslitas menginap di perkemahan ketimbang memesan kamar hotel. Berkemah merupakan cara menginap yang murah sambil bisa menikmati alam.

3. Berbaur dengan penduduk lokal

Tak perlu bertindak layaknya turis yang selalu ingin pelayanan nomor wahid. Cobalah berbaur dengan penduduk sekitar dan hidup sederhana seperti mereka. Contoh sederhana, pilihlah makanan seperti yang dikonsumsi masyarakat lokal sehari-hari dan mungkin tak perlu menyewa kendaraan jika memang bisa meminjam sepeda.

4. Relawan

Berusahalah tetap ringan tangan saat Anda bepergian. Tanpa mengharap imbalan, siapa tahu sikap menolong akan membawa keberuntungan. Banyak pelancong yang mendapat teman baru hanya dengan rajin membantu. Bisa jadi mereka diajak makan gratis atau jalan-jalan ke objek wisata menarik yang tak ada dalam daftar destinasi wisata yang hendak dituju.

Cari Artikel Lainnya