Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Manfaat Madu Bagi Rambut dan Cara Menggunakannya

5 Manfaat Madu Bagi Rambut dan Cara Menggunakannya

- Rabu, 22 Mei 2019 | 12:00 WIB
5 Manfaat Madu Bagi Rambut dan Cara Menggunakannya

Madu ialah minuman yang dihasilkan oleh tawon, bentuknya yang menyerupai sirup serta mempunyai rasa manis seperti gula.

Madu banyak manfaatnya bagi kesehatan, seperti mencegah peradangan tenggorokan , mengobati batuk, mengobati penyakit jantung, kanker dll.

Rambut adalah mahkota indah yang dimiliki setiap orang, banyak produk-produk yang menawarkan kelebihannya guna memperbaiki kualitas rambut. Tapi ternyata madu pun berkhasiat dalam memperbaiki kualitas rambut, bisa dijadikan sebagai conditioner atau masker rambut. Beberapa masalah pada rambut dibawah ini bisa memanfaatkan madu untuk memperbaikinya, seperti:

1. Menjaga kelembapan rambut

Rambut ialah mahkota yang selalu ingin terlihat indah, terlebih seorang wanita. Banyak perawatan yang dilakukan guna mendapatkan rambut yang indah. Misalnya untuk membuat rambut tetap lembab.

Namun, ternyata madu pun mempunyai khasiat dalam melembabkan rambut, lho!

2. Mengatasi kerontokan pada rambut

Ketombe menjadi masalah lumrah yang dihadapi hampir oleh 50% populasi penduduk dunia.

Ketombe diakibatkan oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal, faktor eksternal yang memicu tumbuhnya ketombe seperti terkena polusi udara, sering terpapar sinar matahari, keringat, seringnya menggunakan alat seperti pengering rambut dll.

Untuk menghilangkan ketombe yang menjamur di kulit kepala pun, kamu bisa manfaatkan madu, lho! Gunakan madu sebagai conditioner secara rutin, 1-2 kali dalam seminggu.

3. Menyuburkan rambut

Rambut rontok menjadi penyebab hilangnya kesuburan rambut. Berbagai faktor pun memicu terjadi kerontokan pada rambut seperti, polusi udara yang menempel pada rambut, seringnya terpapar sinar matahari, terlalu sering melakukan styling pada rambut dll.

Nah, madu ternyata bermanfaat dalam menyuburkan rambu, guys. Selain menggunakan shampo dalam mengatasi masalah rambut, kamu pun bisa manfaatkan madu sebagai conditionernya.

4. Membuat rambut berkilau

Rambut yang berkilau menjadi dambaan semua orang juga, terutama wanita. Rambut yang berkilau memang indah di pandang.

Selain shampo dan perawatan lainnya, madu pun bisa kamu manfaatkan agar rambut kamu terlihat berkilau. Kamu bisa aplikasikan madu dalam rambut kamu sebagai masker atau conditioner.

5. Mencegah rusaknya selaput (kutikula) pada rambut

Kutikula atau selaput ialah lapisan terluar yang dimiliki rambut. Kutikula mempunyai fungsi vital pada rambut yaitu melindungi korteks pada rambut agar rambut tetap lembab dan lembut, serta tekstur rambut tetap terjaga.

Madu pun menjadi alternatif dalam menjaga kutikula rambut kamu, nih. Kamu bisa manfaatkan madu setiap 2 kali dalam seminggu sebagai conditioner.

6. Cara menggunakan madu bagi rambut

Cara yang bisa kamu aplikasikan pun cukup mudah, ialah:

  1. Sediakan madu 2 sendok makan
  2. Campurkan dengan air setengah gelas
  3. Gunakan sebagai masker setelah keramas
  4. Pijat-pijat kulit kepalanya selama 5 menit
  5. Diamkan beberapa menit hingga mengering
  6. Basuh rambut dengan air hingga bersih

Madu menjadi alternatif baik nih bagi kesehatan rambut kamu, memiliki banyak khasiat dan tentunya alami karena dihasilkan dari alam. Jadi, kapan mau mulai pakai masker rambut dengan campuran madu?

Cari Artikel Lainnya