0
22
0
5 Hal yang Harus Kamu Pertahankan Setelah Ramadan Usai
1 month 'ago'

Bulan Ramadan adalah bulan di mana umat islam di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa. Bulan ini mewajibkan umat muslim untuk menahan hawa dan nafsunya. Meski bulan puasa tak lama lagi akan usai, dan para umat muslim akan merayakan hari kemenangan yaitu Idulfitri. Banyak hal-hal yang dapat kamu terapkan ketika bulan puasa usai, yuk simak!

1. Makan lebih teratur

Puasa dimulai ketika umat muslim selesai melaksanakan makan sahur sebelum adzan subuh dikumandangkan. Berbagai hidangan khas disajikan demi menjadi bekal untuk melaksanakan puasa selama lebih dari 13 jam waktu Indonesia. Hingga akhirnya akan tiba waktu berbuka ketika adzan magrib dikumandangkan. Bulan puasa merupakan waktu yang tepat untuk memperbaiki waktu makan yang tidak teratur, hal ini tentunya dapat kamu lanjutkan ketika puasa usai dengan cara makan di waktu yang teratur. Jangan sampai waktu makan kamu terganggu setelah puasa, jika waktunya untuk makan maka segeralah untuk makan. Tentunya tubuhmu akan berterima kasih terhadap keteraturan yang kamu biasakan dalam kehidupan sehari-harimu.

2. Mempertahankan kualitas ibadah

Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat untuk memperbaiki kualitas ibadah. Tentunya memperbanyak ibadah pada bulan Ramadan merupakan suatu keharusan karena keutamaannya. Menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya merupakan suatu keharusan bagi umat muslim. Serta menambah ibadah sunnah lainnya juga merupakan keutamaan bulan Ramadan. Hal ini merupakan kebiasaan yang sangat baik untuk tetap dilanjutkan pada bulan-bulan lainnya. Jangan sampai kebiasaan ini berakhir di bulan Ramadan saja.

3. Saling berbagi kepada sesama

Bulan penuh berkah ini banyak dijadikan umat muslim untuk berbagi kepada sesama. Entah itu buka bersama orang yang kurang beruntung ataupun membayar zakat yang merupakan suatu kewajiban bagi yang mampu. Tentunya, hal ini merupakan kebiasaan yang baik dan mengingatkan kita akan pentingnya untuk terus berbagi kepada sesama. Dengan berbagi, tentunya akan menimbulkan kebahagiaan dan rasa saling mengasihi antar manusia. Tak hanya pada bulan penuh berkah ini saja, ada baiknya untuk terus berbagi kepada saudara-saudara kita di luar sana.

4. Memperkuat silaturahim pertemanan

Sudah berapa kali kamu mendapat undangan untuk buka bersama? Mulai dari buka bersama teman sd hingga kuliah ataupun teman kerja. Momen buka bersama memang dijadikan sebagai ajang temu kangen alias reuni untuk sebagian orang. Namun, tentunya alangkah baiknya silaturahim pertemanan kamu tidak hanya erat pada saat buka bersama saja. Ketika puasa usai, tentunya kamu harus tetap bercengkrama dan bersilaturahim kepada mereka. Karena hubungan yang baik antar manusia sangat dijunjung oleh agama Islam.

5. Tetap sabar dan saling menghargai

Selain menahan rasa lapar seharian penuh, tentunya umat muslim harus menahan berbagai cobaan lainnya. Tak terelakkan untuk menjaga lisan dan hati untuk tetap sabar dalam menghadapi segala hal. Memang terkadang sulit untuk tetap positif terhadap sesuatu, namun di bulan Ramadan ini tentunya merupakan waktu yang tepat untuk kamu belajar bersabar.

Selain itu, tentunya sifat saling menghargai kepada sesama manusia. Walaupun ada saudara kita yang tidak melaksanakan puasa, kita harus tetap menghargai mereka. Oleh karena itu, penting untuk terus menerapkan berbagai sifat baik ini untuk ke depannya. Baik itu sifat sabar dan saling menghargai harus terus dilakukan agar tercipta kedamaian dan kerukunan antar sesama.

Usainya bulan puasa bukan merupakan akhir dari berbagai kebiasaan baik yang dilakukan. Namun, menjadi awal untuk tetap melanjutkan kebiasaan baik tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Itulah 5 hal yang harus kamu pertahankan ketika bulan Ramadan usai. Jangan sampai kebiasaan baik tersebut berakhir ya!

Follow Us On :
Ranking
1
2
azzahra
115
3
4
5
Lencana
Kongkow