999 +
0
112
0
5 Rekomendasi Wisata Alam Kekinian di Semarang. Surga Tersembunyi yang Bikin Fresh Pikiran!
4 months 'ago'

Jika membicarakan tentang tempat wisata di Semarang, biasanya yang banyak disebutkan adalah wisata religi, kota tua, atau bahkan kuliner. Padahal, ibukota Provinsi Jawa Tengah ini juga memiliki potensi wisata alam dengan pesona tersembunyi yang perlu kamu sambangi.

Kalau kamu sedang berada di Kota ATLAS (Aman, Tertib, Lancar, Asri, dan Sehat) ini, coba saja kunjungi beberapa tempat wisata alam yang kami rekomendasikan di bawah ini! Jangan lupa ajak serta keluarga, sahabat, dan juga kekasihmu agar kalian bisa merasakan keindahan dan keseruan tempat wisata alamnya. Tanpa berlama-lama lagi, simak langsung ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Curug Gondoriyo

Curug Gondoriyo

Tempat wisata alam pertama yang perlu kamu kunjungi adalah Curug Gondoriyo yang terletak di Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Curug dengan tinggi 15 meter ini berasal dari Sungai BSB (Bukit Semarang Baru) yang menyambung ke Sungai Beringin.

Dari tempat parkir saja, kamu sudah dapat melihat pemandangan air terjunnya. Selain ekowisata air terjun, di sini kamu juga bisa menemukan banyu anyes, wisata air yang akan selalu dingin walaupun saat musim panas sekalipun.

Kemudian ada juga Talang Londo, sebuah saluran air terbuat dari kayu jati yang sudah berumur 100 tahun. Selain itu, di sini juga terdapat jembatan dari bambu yang diberi nama Jembatan Mak Comblang. Jembatan yang menyambungkan Kelurahan Gondoriyo dan Beringin ini dipasangi payung warna-warni dan lampu taman yang akan menyala ketika malam.

Menariknya, kamu tetap bisa datang ke Curug Gondoriyo ini di malam hari karena tempat ini tetap buka sampai jam 12 malam. Air terjunnya pun menjadi terlihat berbeda berkat 16 lampu yang dipasang di air terjunnya.

2. Grand Maerakaca

Dari tempat parkir saja, kamu sudah dapat melihat pemandangan air terjunnya. Selain ekowisata air terjun, di sini kamu juga bisa menemukan banyu anyes, wisata air yang akan selalu dingin walaupun saat musim panas sekalipun.

Kemudian ada juga Talang Londo, sebuah saluran air terbuat dari kayu jati yang sudah berumur 100 tahun. Selain itu, di sini juga terdapat jembatan dari bambu yang diberi nama Jembatan Mak Comblang. Jembatan yang menyambungkan Kelurahan Gondoriyo dan Beringin ini dipasangi payung warna-warni dan lampu taman yang akan menyala ketika malam.

Grand Maerakaca

Grand Maerakaca adalah tempat wisata berupa taman mini dengan miniatur rumah khas 35 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah. Lho? Kalau begitu mana tempat wisata alamnya, dong?

Tenang saja, kalau kamu masuk hingga di dekat miniatur Karimunjawa, kamu akan menemukan tempat tracking mangrove yang terlihat sangat indah. Tak hanya itu, kamu juga bisa berfoto sambil naik sampan sendirian, berdua bersama teman, ataupun kekasih.

Agar foto yang dihasilkan lebih menarik, usahakan datang ke tempat ini sekitar pukul 16.00. Tak hanya menghasilkan foto yang lebih bagus, kamu pun bisa sekalian menikmati pemandangan matahari tenggelam yang terlihat di ufuk barat.

3. Mawar Camp

Mawar Camp

Kalau kamu ingin relaksasi di alam terbuka dan menikmati keindahan matahari terbit tanpa harus naik gunung terlalu tinggi, Mawar Camp yang terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang ini cocok sekali untukmu.

Tempat wisata alam yang berada di ketinggian kurang lebih 1.000 mdpl ini merupakan salah satu gerbang pendakian Gunung Ungaran. Sehingga kamu tetap bisa merasakan hawa dingin dan segarnya udara meskipun tidak sampai naik ke atas gunung.

Namun, kalau sudah sampai sini, kamu wajib merasakan sensasi berkemah di sini. Tenang saja kalau kamu nggak bawa tenda, karena tempat ini juga meminjamkan tenda dengan biaya cukup Rp 50 ribu per malam.

Tak hanya itu, fasilitas umum yang tersedia di tempat ini juga sudah cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi, mushalla, hingga warung yang menjajakan berbagai jenis makanan, minuman, dan keperluan pribadi pun tersedia.

Sudah deh, kamu bisa menikmati malam dengan memandangi gemerlap lampu kota bersama teman, sahabat, saudara, atau bahkan kekasih. Kemudian keesokan paginya, kamu harus segera mencari spot terbaik untuk menunggu sinar matahari terbit.

4. Gumuk Reco Sepakung

Gumuk Reco Sepakung

Satu lagi, nih, tempat wisata alam di Semarang yang perlu kamu kunjungi, yaitu Gumuk Reco Sepakung.

Tempat wisata yang terletak di Dusun Kenongo, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang ini menawarkan pemandangan indah dan spot menarik sebagai tempat foto.

Beberapa spot foto yang menarik di antaranya adalah Jembatan Kepompong, Ayunan Langit, Sarang Burung, Ondo Langit, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, kamu pun juga bisa menikmati keindahan Gunung Merbabu yang kokoh di kejauhan.
Kalau kamu ingin lebih memacu adrenalin dan menyukai olahraga panjat tebing, kamu juga bisa mencoba spot tebing setinggi 30 meter untuk menyalurkan hobimu itu. Cukup dengan menyampaikan keinginanmu pada pihak pengelola, nantinya akan disediakan pengawasan dan perlengkapan keamanan untukmu panjat tebing.

5. Curug 7 Bidadari

Curug 7 Bidadari

Curug 7 bidadari merupakan tempat wisata di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang yang terkenal dengan air terjun tiga tingkat di ketinggian 5 meter, 10 meter, dan 15 meter.

Tak hanya itu, air yang mengalir di air terjun ini pun masih cukup jernih dan segar. Selain keindahan air terjunnya, kamu juga bisa menjumpai sumur tua yang konon pernah menjadi tempat mandi para bidadari.

Konon katanya, kalau kamu mencuci muka menggunakan air dari sumur tersebut, kamu akan terlihat lebih awet muda. Menarik sekali, bukan?

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow