999 +
0
36
0
Agar Nggak Mudah Lupa, Ini 6 Cara Mudah untuk Meningkatkan Memori
1 month 'ago'

Buat kamu yang memiliki segudang aktivitas untuk dijalani, tentunya kemampuan mengingat yang baik merupakan hal yang sangat dibutuhkan di samping fisik yang kuat. Karena setiap kegiatan yang dijalani, pasti sangat membutuhkan ingatan yang cukup kuat. Namun, bagaimana apabila ingatanmu sedikit bermasalah dengan banyak melewatkan hal-hal penting karena mudah lupa. 

Nggak sedikit orang yang mengalami hal tersebut, tak terbatasi oleh umur, mulai dari usia muda hingga tua pasti pernah mengalami daya ingat yang berkurang. Seperti mulai lupa dimana meletakkan kunci rumah, lupa menghadiri acara besar, lupa tanggal berapa, dan masih banyak hal kecil lainnya yang terlewatkan. Tentunya hal tersebut harus segera diperbaiki, dengan beberapa cara yang akan dibahas Popbela pada artikel yang satu ini. 

1. Latihan otak

Agar Nggak Mudah Lupa, Ini 6 Cara Mudah untuk Meningkatkan Memori

Sama seperti olahraga yang dapat melatih dan membentuk fisik menjadi lebih kuat, begitu juga dengan kekuatan otak. Karena ingatan yang kuat hadir karena sesuatu yang harus kamu latih. Cobalah untuk melakukan latihan otak melalui bermain games khusus untuk melatih otak seperti puzzle, permainan bola, atau kamu juga bisa mencoba belajar musik yang dipercaya dapat melatih otakmu dengan sangat baik.

2. Biasakan diri untuk bersosialisasi

Agar Nggak Mudah Lupa, Ini 6 Cara Mudah untuk Meningkatkan Memori

Jika kamu mengalami stres atau depresi, tentulah hal tersebut memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam melemahkan kekuatan memori otakmu. Atasi langsung dengan membiasakan diri bersosialisasi dengan teman, keluarga, lingkungan sekitarmu atau mengikuti berbagai kegiatan organisasi yang dipercaya dapat mengurangi stres yang kamu alami sehingga tidak merusak memori otakmu.

3. Belajar lebih terorganisir

Agar Nggak Mudah Lupa, Ini 6 Cara Mudah untuk Meningkatkan MemoriHal lainnya yang dapat kamu lakukan untuk melatih ingatanmu adalah dengan membiasakan diri untuk terorganisir dengan hal-hal kecil yang hendak kamu lakukan. Mulailah dengan menulis notes pada kalender atau pengingat di aplikasi ponselmu tentang kegiatan yang hendak kamu lakukan, alamat kantor, rumah temanmu, dan lainnya.

4. Tidur yang cukup

Agar Nggak Mudah Lupa, Ini 6 Cara Mudah untuk Meningkatkan Memori

Melakukan banyak aktivitas juga dapat membuat otakmu kelelahan dan hal tersebut tentunya dapat menjadi salah satu alasan kenapa memori ingatanmu berkurang. Untuk mengatasinya kamu tentu juga harus memiliki waktu tidur yang berkualitas, 7 atau 8 jam sehari merupakan waktu tidur yang tepat untuk mengistirahatkan otak maupun fisik.

5. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Agar Nggak Mudah Lupa, Ini 6 Cara Mudah untuk Meningkatkan Memori

Makanan yang kamu konsumsi juga sangat berpengaruh lho pada kekuatan memori otakmu. Cobalah untuk mengubah pola makanmu dengan makanan yang bergizi tinggi. Beberapa ahli juga menyarankan untuk mengonsumsi jenis makanan yang dipercaya dapat menguatkan memori otakmu seperti salmon, brokoli, dark chocolate, blueberry, dan jenis kacang-kacangan.

6. Jangan lupa untuk latihan fisik

Agar Nggak Mudah Lupa, Ini 6 Cara Mudah untuk Meningkatkan MemoriLatihan otak yang kamu lakukan juga dapat diseimbangkan dengan latihan fisik yang tentunya berpengaruh pada kekuatan memori otakmu. Lakukan olahraga yang cukup menyenangkan seperti bermain basket, berenang, volley, atau lompat tali agar mengurangi rasa stres dan melatih ingatanmu akan setiap gerakan demi gerakan.

Itulah 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih memori otak dan membuat ingatanmu pulih kembali sehingga kamu nggak perlu melewatkan banyak hal kecil yang berpengaruh dengan aktivitas sehari-harimu. Jangan lupa untuk menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol, begadang, dan stres untuk menjaga kesehatan otakmu. Semoga artikelnya bermanfaat!

Follow Us On :
Lencana
Kongkow