0
12
0
Intip Menu Buka Puasa dari Berbagai Belahan Dunia
4 days 'ago'

Berbuka puasa menjadi hal yang dinantikan setelah seharian menahan lapar dahaga. Biasanya, di bulan Ramadan muncul makanan dan jajanan yang jarang dikonsumsi di bulan-bulan lainnya seperti kolak pisang, es timun suri, bubur candil dan sebagainya. Setiap daerah tentu memiliki menu berbeda di setiap daerahnya, mengingat Indonesia kaya akan masakan kuliner.

Tak hanya Indonesia yang memiliki makanan khas di bulan puasa. Sejumlah negara juga punya menu khasnya sendiri untuk buka puasa, lho! Seperti negara - negara di bawah ini.

 Turki

Sebagai salah satu negara yang memiliki mayoritas umat Muslim, bulan Ramadan tentu menjadi momen khusus bagi warga Turki. Di kota-kota besar seperti Istanbul, hampir semua restoran dan rumah makan memberikan penawaran khusus selama bulan Ramadan. Biasanya tajil yang disajikan restoran yaitu set menu sup iftariye, roti pide, pastirma, sujuk, serta berbagai macam kue yang disebut börek. Selain itu, Turki mempunyai menu pencuci mulut yang disebut güllaç terbuat dari air mawar.

♠ Mesir

Hampir semua umat Muslim di Mesir biasa berbuka puasa dengan medames, yaitu hidangan berupa kacang tumbuk yang dimasak dan disajikan dengan parsley, bawang putih, bawang bombay serta jus lemon. Selain itu juga ada menu molokheya, yang dibuat dari ayam dan nasi.

♠ India

Walaupun didominasi oleh umat Hindu, namun bulan Ramadhan juga menjadi bulan istimewa di India. Sekitar 100 juta jiwa bahkan lebih di India menganut agama Islam. Kaum Mulim biasa menikmati makanan khas yang disebut Hyderabad Haleem. Ini adalah hidangan yang menyerupai bubur gandum tradisional dan memiliki rasa pedas dan gurih, biasanya disajikan dengna daging domba.

♠ Lebanon

Di Lebanon, banyak sekali makanan yang dijumpai ketika berbuka puasa. Beberapa diantaranya yang terkenal adalah salad mezze yang menggunakan kacang kering, houmous (saus untuk dimakan bersama menu lainnya) serta berbagai macam daging panggang.

♠ Pakistan

Di Pakistan, berbuka puasa rasanya akan kurang sempurna tanpa ada samosa. Makanan khas Pakistan berbentuk pastel segitiga ini berisi kentang pedas, bawang bombay, kacang-kacangan, daging domba cincang atau daging sapi dan ayam cincang.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow