Home » Kongkow » Tips & Trik » Tips Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Tips Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

- Sabtu, 18 Mei 2019 | 09:00 WIB
Tips Mudah Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa sekarang ini, bau mulut kadang sulit dihindari. Bau mulut muncul karena kondisi mulut yang cenderung kering plus akibat adanya bakteri dalam mulut. Namun, bukan berarti hal ini bisa dibiarkan begitu saja. Jangan sampai bau mulut mengganggu waktu puasa dan membuat Anda jadi tidak percaya diri saat ngobrol dengan teman kerja atau teman sekolah. Untuk mengatasi bau mulut saat puasa, berikut tips mudah yang bisa Anda lakukan

Jaga kebersihan mulut dan gigi

Jangan lupa sikat gigi setelah makan sahur supaya tidak ada sisa makanan yang tertinggal dan jadi sarang berkembangnya bakteri di mulut. Pastikan pula kebersihan lidah untuk menghindari bau mulut dan nafas yang tidak segar. Cara membersihkan lidah sebenarnya tidak sulit, Anda hanya perlu menyikat lembut bagian atas lidah dengan gerakan memutar. Anda juga bisa gunakan alat pembersih khusus lidah untuk hasil yang lebih maksimal.

Minum air yang cukup

Usahakan minum air antara 8-10 gelas dalam satu hari saat buka puasa dan sahur untuk meminimalisasi bau mulut saat puasa. Air putih yang diminum akan membantu meningkatkan produksi air liur di dalam mulut sehingga kebersihan mulut tetap terjaga.Selain untuk menghindari bau mulut, minum air putih paling tidak 8 gelas ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa.

Pilih jenis makanan yang tepat

Perbanyak konsumsi sayur dan buah saat buka puasa dan sahur. Buah dan sayur yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah bau mulut adalah apel, wortel, dan bengkuang. Selain itu, Anda juga bisa konsumsi yogurt untuk mengurangi bau mulut karena yogurt terbukti bisa mengatasi bakteri penyebab bau mulut.

Berkumur agar mulut bersih dan segar

Dengan berkumur yang benar, Anda bisa membersihkan kotoran dan bakteri yang ada di mulut. Berkumur memang sudah terbukti dapat membantu membersihkan mulut sehingga bau mulut bisa teratasi. Anda bisa berkumur dengan obat kumur yang mengandung antiseptik karena dapat membantu membersihkan mulut dan menjauhkan dari nafas yang bau.

Minum teh hijau saat buka puasa dan sahur

Selain air putih, teh hijau juga dapat Anda minum untuk mengatasi masalah bau mulut saat menjalankan ibadah puasa. Tinggal seduh saja dan Anda bisa minum teh hijau di saat buka puasa dan sahur. Teh hijau mengandung polifenol atau antioksidan yang berguna untuk mengatasi bakteri pada saluran pernafasan dan mulut. Senyawa antioksidan dalam teh hijau juga mampu mencegah pertumbuhan dan kanker dalam mulut dan gigi.

Selamat menjalankan ibadah puasa!

Cari Artikel Lainnya