Home » Kongkow » Kuliner » 4 Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Wajib Dicoba Saat ke Sana

4 Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Wajib Dicoba Saat ke Sana

- Jumat, 17 Mei 2019 | 22:33 WIB
4 Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Wajib Dicoba Saat ke Sana

Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia. Ada beragam budaya serta kuliner yang sangat menarik dan menggugah selera di sana. Kuliner Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan memiliki ciri khas dan cita rasa yang unik. Inilah beberapa kuliner khas Kalimantan Selatan dengan cita rasa khas dan unik tersebut.

1. Soto Banjar

Makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib dicoba saat pergi ke sana adalah soto banjar. Soto banjar memiliki cita rasa khas yang gurih dan menggugah selera. Untuk menikmati soto banjar sebenarnya kita tak perlu ke Kalimantan dulu. Di berbagai kota besar di Indonesia sudah ada banyak warung atau rumah makan yang menjual soto banjar.

2. Katupat Kandangan

Makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib dicoba adalah katupat kandangan. Makanan ini berasal dari daerah Kandangan di Hulu Sungai Selatan. Katupat kandangan adalah sajian ketupat yang disajikan bersama sayur gabus kuah santan.

3. Mie Bancir

Jika di Aceh memiliki Mie Aceh, di Kalimantan Selatan ada Mie Bancir. Sajian mie ini hampir sama dengan mie-mie lain di Indonesia. Hanya saja, mie bancir disajikan dengan kuah yang gurih dan lezat.

4. Manday

Manday merupakan makanan atau masakan yang terbuat dari kulit buah cempedak. Manday juga disebut sebagai mandai bacang atau dami. Makanan ini memiliki cita rasa khas yang gurih sekaligus manis tergantung bumbu rempah yang terkandung di dalamnya.

Itulah beberapa makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib dicoba saat berkunjung ke sana. Selain makanan di atas, masih ada makanan lain yang sangat identik dengan Kalimantan Selatan antaranya kue Bingka, Pakasam, kerupuk ikan atau amplang dan masih banyak lagi.

Cari Artikel Lainnya