999 +
0
15
0
5 Makanan Khas Manado yang Enak Sedap Tiada Duanya
4 days 'ago'

Berkunjung ke suatu tempat rasanya belum lengkap jika belum mencicipi makanan khas tempat tersebut. Termasuk saat berkunjung ke Manado, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas Manado.

Selama ini Manado dikenal sebagai daerah yang memiliki beragam makanan khas lezat dan sedap. Makanan itu kaya akan bumbu sehingga sangat cocok buat lidah orang Indonesia. Adapun makanan khas Manado yang begitu terkenal dengan rasa sedapnya antara lain sebagai berikut.

1. Bubur Manado (Tinutuan)

Makanan khas Manado pertama yang sangat terkenal adalah bubur Manado atau Tinutuan. Bubut ini biasa disajikan di pagi hari sebagai menu sarapan. Adapun isian dalam bubur ini adalah sayuran bisa kangkung, bayam dan sawi, ubi merah, jagung dengan bumbu rempah seperti serai, daun salam jahe, daun jeruk, garam dan maish banyak lagi. Bubur Manado cocok disajikan bersama ikan asin dan sambal pedas khas Manado.

2. Ikan atau Ayam Woku

Ayam Rica-rica

Ikan atau ayam dengan bumbu woku adalah makanan khas Manado selanjutnya. Bumbu woku merupakan bumbu khas Manado yang terkenal dengan rasa pedas, sedikit asam dan harum bau daun kemangi. Masakan woku sangat cocok disajikan bersama nasi putih hangat, lalapan mentimun dan minuman segar seperti es jeruk.

3. Nasi Kuning Saroja

Makanan khas Manado selanjutnya ada nasi kuning Saroja. Penyajian nasi kuning Saroja mirip dengan nasi kuning di Indonesia pada umumnya. Namun, nasi kuning Saroja memiliki rasa khas dengan bumbu khas Manado.

4. Sambal Dabu-dabu

Sambal

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Manado tanpa merasakan pedas dan segarnya sambal dabu. Sambal dabu merupakan sambal yang dibuat dengan bahan-bahan mentah seperti cabai, bawang merah, bawang putih, tomat dan daun kemangi yang dipotong kotak-kotak kecil, ditaburi garam dan disiram dengan air perasan jeruk nipis. Sambal dabu biasanya disajikan bersama ikan goreng, ikan bakar, ayam goreng, ayam bakar atau seafood bakar.

5. Klappertaart

Makanan selanjutnya yang khas dari Manado adalah Klappertaart. Ini merupakan kue berbahan dasar kelapa muda parut, susu, keju, kacang kenati dan kismis serta bahan lainnya. Klappertaart memiliki rasa manis yang pas, teksturnya lembut dan leleh di mulut.

Itulah beberapa makanan khas Manado yang enak dan sedap tiada duanya. Selain makanan di atas, makanan lain yang khas Manado adalah pisang goreng sambal, tuturuga, paniki dan nasi jaha. 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow