0
13
0
7 Aksesori untuk Kamu yang Mau Memulai Hobi Berkebun
2 weeks 'ago'

 

Peralatan berkebun yang harus kamu miliki untuk memulai hobi.

Tidak perlu perkakas yang banyak untuk memulai hobi berkebun. Bahkan, bisa dibilang, kamu tidak perlu tanah yang luas untuk mulai bercocok tanam. Cukup beberapa perkakas yang tepat, bibit unggul, dan ketekunan untuk merawat tanaman supaya tumbuh dengan baik.

Kalau sekarang kamu sudah mau memulai hobi berkebun, lengkapi dulu beberapa perlengkapan di bawah ini!

1. Watering Pot untuk Mudahkan Pengairan ke Tanaman Kecil

Siraman tanaman

Menyiram tanaman atau bunga lebih baik menggunakan watering pot. (Sumber: Lowes)

 

Tidak semua tanaman bisa mendapatkan air dalam jumlah yang banyak. Jadi, ada baiknya kamu menggunakan alat yang tepat untuk merawat tanaman kamu. Nyemplung dalam hobi berkebun, kamu harus punya watering pot, alat untuk menyiram tanaman.

Alat yang satu ini punya beberapa ukuran yang bisa dipilih sesuai dengan tanamannya. Buat kamu yang mau memulainya dengan tanaman di dalam pot. Kamu bisa membeli watering potyang lebih besar saat kamu mau mulai berkebun di halaman yang lebih luas.

2. Garden Gloves untuk Melindungi Tangan dari Duri

Garden gloves

Selalu pakai sarung tangan saat kamu sedang mengurus tanaman. (Sumber: Wilko)

 

Memang disarankan tangan kamu tidak menggunakan perlengkapan apa pun guna merasakan langsung tanah dan tanaman yang kamu kembangkan. Namun, ada beberapa jenis tanaman yang memiliki duri. Jika tidak hati-hati, malah bisa melukai tangan kamu saat menanamnya. Jadi, ada baiknya melindungi tangan kamu dengan garden gloves.

3. Garpu Taman untuk Membantu Menggemburkan Tanah

Garpu tanah

Garpu juga penting untuk buat tanah kamu berongga. (Sumber: Fiskars)

 

Kadang, kamu menemukan ada batu atau tanah yang keras yang mau kamu gunakan untuk berkebun. Nah, itu dia gunanya garpu taman sebelum kamu memulai berkebun. Kamu bisa menggunakan garpu taman untuk membuat tanah menjadi lebih lembut dan memudahkan akar tanaman lebih mudah berkembang.

4. Sekop Taman untuk Mengumpulkan Tanah di Pot

Sekop kecil

Sekop kecil bisa kamu gunakan untuk memindahkan tanah ke pot. (Sumber: Stovax)

 

Mungkin kamu mau memulai berkebun dalam skala kecil dan menggunakan pot sebagai media tanaman. Dibanding kamu harus mengeruk tanah dengan tangan—yang pastinya akan makan waktu, ada baiknya kamu menggunakan sekop taman kecil.

Sekop taman juga bisa kamu gunakan untuk melacak tanah-tanah yang di dalamnya terkubur batu keras atau benda-benda lain. Jadi, kamu bsia membuangnya dulu sebelum memasukkan bibit tanaman ke dalam tanah tersebut.

5. Cangkul untuk Mempercepat Pekerjaan Menggali Tanah

Cangkul tanah

Cangkul untuk membuat lubang di tanah dan memasukkan tanaman ke dalamnya. (Sumber: Istimewa)

 

Dalam berkebun atau pekerjaan apa pun yang berhubungan dengan tanah, kamu pasti butuh cangkul. Kamu butuh alat ini untuk membuat lubang yang cukup dalam dan juga lebar untuk berbagai jenis tanaman yang mau kamu kembang biakan. Memiliki cangkul sejak awal hobi berkebun juga buat kamu lebih semangat untuk segera memindahkan tanaman pot kamu ke tanah yang lebih luas.

6. Kereta Sorong untuk Mengangkat Tanah

Kereta sorong

Kereta sorong memudahkan kamu mengangkat tanah. (Sumber: istimewa)

 

Dibanding kamu harus memanggul tumpukan karung berisi tanah, bukankah lebih baik kamu punya kereta sorong? Saat kamu ingin pergi ke taman atau yang tempatnya sedikit jauh dari rumah kamu. Kamu bisa membawa peralatan berkebun sekali jalan.

7. Gunting Dahan untuk Membuang Ranting Mengganggu

Gunting ranting

Gunting dahan untuk memotonng ranting yang menganggu. (Sumber: Istimewa)

 

Gunting dahan dibutuhkan untuk merawat kebun kamu. Ranting-rating dari tanaman lain yang sekiranya mengganggu pun bisa kamu segera bersihkan. Untuk kamu yang baru memulai hobi berkebun, memuliki gungting dahan yang kecil juga bisa membantu kamu membentuk tanaman hias kamu.

Itu dia tadi beberapa perlengkapan yang kamu butuhkan untuk memulai hobi berkebun. Apa kamu sudah siap untuk menjalaninya sekarang?

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow