Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Alasan Kamu Tidak Dipanggil Interview Kedua Kalinya

5 Alasan Kamu Tidak Dipanggil Interview Kedua Kalinya

- Senin, 17 Juni 2019 | 14:28 WIB
5 Alasan Kamu Tidak Dipanggil Interview Kedua Kalinya

Terkadang ketika menyelesaikan interview pertama kita merasa percaya diri dan yakin akan dipanggil untuk tahap interview selanjutnya. Sayangnya, sebagian orang justru gagal di tahap ini. Yuk, cari tahu alasan kenapa kamu tidak dipanggil interview kedua kalinya! Agar kelak kamu akan sukses diterima.

Sebenarnya, mungkin ada beberapa hal yang bisa saja tidak sengaja kamu lakukan sehingga membuat pewawancara tidak memanggilmu ke tahap interview lanjutan. Akan tetapi, ada juga alasan internal yang memengaruhi keputusan kamu sehingga menyebabkan kamu tidak dipanggil interview selanjutnya.

Agar lebih lengkap, berikut ini adalah beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan kamu tidak dipanggil lagi.

1. Isi CV yang tidak sesuai dengan kenyataan

Terkadang, demi mendapat panggilan interview sebagian orang melebih-lebihkan kemampuan di dalam CV demi membuatnya terlihat menonjol.
Jika kamu melakukan hal ini, mungkin inilah penyebab kamu kamu tidak dipanggil untuk interview lanjutan. Sebab, ketika interview pertama kamu akhirnya tahu bahwa beberapa kemampuanmu dilebih-lebihkan.

Jadi, alangkah lebih baiknya jika kamu jujur dalam menyusun CV. Cukup tunjukan apa yang kamu bisa, tanpa perlu mengada-ada.  Selain itu, ingatlah untuk mempersiapkan dirimu dengan baik untuk interview pertama, dan pastikan kamu memberikan kesan yang baik.

2. Kebutuhan perusahaan yang berubah

Perubahan di dalam perusahaan bukanlah hal yang jarang terjadi, bahkan perubahan ini bisa sangat sering terjadi. Terkadang ada perubahan nilai dana yang dapat direlokasikan perusahaan untuk kandidat dengan jabatan tertentu. Tidak jarang perubahan ini terjadi di tengah proses interview yang kamu jalani.

Biasanya, dalam kasus ini pewawancara akan menginformasikan padamu bahwa mereka dengan berat hati tidak dapat melanjutkan proses seleksi karena kriteria mereka telah berubah. Kesalahan satu ini tidak terletak padamu, jadi ikhlaskan dan terimalah kenyataan bahwa posisi tersebut sudah tidak relevan lagi.

3. Kamu tidak sesuai dengan kultur perusahaan tersebut

Melakukan riset perusahaan sebelum menjalani interview memang menjadi hal yang penting. Sebab, hal ini dapat membantumu menyesuaikan diri pada saat interview agar dapat masuk kriteria sesuai dengan kultur perusahaan.

Jika kamu datang ke perusahaan dengan kultur konservatif dan berbentuk korporat, memakai setelan baju formal seperti kemeja atau blazer mungkin diperlukan dan dapat menciptakan kesan baik. Namun, pastinya baju seperti itu tidak cocok dipakai interview di perusahaan startup yang dipenuhi anak muda yang lebih fleksibel.

4. Curhat di media sosial tentang interview

Meski telah melewati satu tahap interview, jangan dulu lega dan besar kepala. Bahkan setelah melewati tahap ini, pewawancara tetap akan melakukan riset mengenai dirimu. Tidak terkecuali media sosialmu yang mungkin saja masih mereka pantau isinya.

Curhat di medsos mengenai apa yang terjadi saat interview atau bahkan mengeluh tentang jalannya interview akan memberikan kesan tidak baik pada dirimu. Bahkan, meskipun ketika menurutmu interview berjalan dengan baik, tetap jangan posting hal tersebut karena belum tentu pewawancara merasakan hal yang sama.

5. Tidak mengirimkan pesan terima kasih

Alasan tidak dipanggil interview lanjutan satu ini ternyata mungkin saja terjadi. Mengirimkan pesan terima kasih setelah dipanggil interview sudah menjadi bagian penting dalam proses pencarian kerja yang perlu kamu lakukan.

Bahkan menurut riset, sekitar 68 persen pewawancara mengatakan bahwa pesan terima kasih kandidat mampu memengaruhi keputusan mereka dalam menerima kandidat. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk mengirimkan pesan ucapan terima kasih telah diundang interview dalam kurang dari 24 jam.

Ingatlah untuk memerhatikan penulisan dan kalimat yang kamu kirimkan. Jangan lupa untuk mengecek ejaan nama personal dan nama perusahaan sebelum mengirimkannya.

Itulah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kamu tidak dipanggil interview tahap selanjutnya. Jadi, coba selalu hindari kesalahan-kesalahan yang ada di atas, ya, agar kesempatanmu dipanggil interview lanjutan lebih besar.

Namun, jika ternyata kamu tetap tidak dipanggil interview lanjutan meski telah menghindari semua kesalahan tersebut, mungkin alasan tidak dipanggil interview lanjutan ada pada masalah internal perusahaan lainnya. Jadi, jangan berkecil hati dan segera coba cari yang lain lagi, ya!

Cari Artikel Lainnya