Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 9 Suka Dukanya Ulangan dan Ujian Semester Di Bulan Puasa. Lemes Tapi Harus Belajar Tegar, Men!

9 Suka Dukanya Ulangan dan Ujian Semester Di Bulan Puasa. Lemes Tapi Harus Belajar Tegar, Men!

- Senin, 13 Mei 2019 | 09:40 WIB
9 Suka Dukanya Ulangan dan Ujian Semester Di Bulan Puasa. Lemes Tapi Harus Belajar Tegar, Men!

Menahan haus dan lapar itu sebenarnya penuh perjuangan, tapi kalau harus mengerjakan ulangan dan ujian semester kala haus dan lapar gimana? Pasti harus lebih banyak nilai perjuangannya dong! Layaknya bertahan menuju beduk magrib, ulangan dan ujian saat puasa juga harus membuat kita bertahan untuk tidak aneh-aneh.

Kali ini kita akan mengajakmu merenungi sebuah elemen keseimbangan alias suka dan dukanya orang mengerjakan ujian di kala Ramadan. Lemes-lemes tapi harus lebih tegar dari Rossa. Semangat!

1. Inginnya sih sibuk tarawih dan konsen tadarusan. Apalah daya kalau sistem kebut semalam buat belajar di ulangan besok harus dijalan

2. Kata orang, doanya orang puasa itu banyak dikabulin. Jadi bisa berdoa sepuasnya biar ujian besok nilainya bisa bagus, amin! Tapi, ya, harus belajar jugalah, Bambank!

3. Ketika yang lain sahur, kita malah bingung kelabakan karena belum baca semua materi pelajaran buat besok. Duh, sahur jadi cepet-cepetan dan nggak bisa sambil nonton kuis Ramadan di TV
4. Tapi bersyukur juga sih soalnya kalau terpaksa begadang buat belajar, banyak yang nemenin karena pas banget pada sahur. Rame, jadi semangat!

5. Sayangnya hanya satu, nurani ini bergejolak ketika di ruang ujian berusaha nyontek jawaban. Satu sisi kita tahu itu dosa dan mencederai puasa, di sisi lain butuh banget contekan, ih!

6. Ujian dan ulangan di hari biasa saja sudah menguras energi dan pikiran. Apalagi kalau di hari puasa, lemesnya kayak habis liat mantan jalan sama sahabat sendiri

7. Saking lemesnya, kadang ketiduran pas ujian berlangsung. Bangun-bangun pas waktunya udah mepet. Haduh, sabar ya, Nduuuk!

8. Rasanya ingin mengumpat pas habis keluar dari ruangan. Saking eneknya sama soal ujian. Tapi lagi-lagi, sabar, sayang juga kalau pahala puasanya rusak

9. Mendinglah ujian dan ulangan pas puasa. Daripada ujian dan ulangan pas lebaran? Hmmm, tambah nggak konsen terbayang opor ketupat!!!

Anggap saja ujian dan ulanganmu sebagai sebuah tempaan yang membuatmu menjadi pribadi yang tahan banting. Pada dasarnya puasa bukan sebuah alasan untuk bermalas-malasan dan mengesampingkan pelajaran.

Justru, puasa itu bertujuan buat menguatkan. Biar kalau suatu saat kamu sedang haus dan lapar, kamu tetap sabar dan nggak cranky. Semangat, ya, bagi yang sedang, akan, dan baru saja menjalani ujian~

Cari Artikel Lainnya