999 +
0
20
0
10 Macam Kelakuan Murid Ketika Baru Selesai Ulangan, Ada Kamu Nggak?
1 week 'ago'

Setelah ulangan selesai dilaksanakan, biasanya kita akan menjumpai beberapa reaksi murid terhadap ulangan yang baru saja dilakukannya. Ada yang sebal karena soal yang diberikan sulit, ada yang masih bingung nulis apa dia tadi di lembar jawaban, dan masih banyak lagi cerita-cerita unik lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, yuk langsung kita simak beberapa kelakuan murid ketika baru selesai ulangan berikut ini.

1. Tipe murid yang langsung buru-buru nanya sama temannya setelah dia keluar dari ruangan

"Eh, tadi nomor 20 kamu jawab apa? Aku sih tadi antara A sama C, kalau kamu gimana?"

Setelah kamu keluar dari ruangan, biasanya kamu akan langsung menanyakan hal tersebut kepada teman-temanmu yang lain. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah jawaban kamu sama atau kalau dipikir-pikir lagi bisa saja jawaban kamu itu salah dan beda dari yang lain.

2. Tipe murid yang merasa nyesek karena jawaban yang ditulisnya tidak memuaskan

"Sebel banget sih tadi ngisi soalnya nggak maksimal, mana udah dari semalam diinget-inget itu materi, tetep aja pas udah mau ngisi suka lupa sendiri."

Entah karena semalamnya kamu nggak belajar atau bisa jadi kamu sudah belajar tapi pas ulangan tiba-tiba pikiran kamu buntu. Perasaan tidak puas seringkali kamu rasakan dan penyebabnya bisa beragam.

Mulai dari kamu jawabnya ngarang, ada soal yang keisinya baru setengah, bahkan tidak sedikit soal yang tidak kamu jawab.

3. Tipe murid yang suka menyalahkan orang yang buat soal

"Siapa sih ini yang bikin soal, kebangetan banget ngasih soal sulit kayak gini." atau "Bu, lain kali kalau ngasih soal jangan susah-susah dong, puyeng banget ngisinya."

Pasti kamu pernah deh menemukan tipe murid seperti ini. Atau jangan-jangan itu kamu sendiri? Kamu marah karena soalnya sulit atau apa kamunya aja yang malas buat belajar?

4. Tipe murid yang malah marah-marah karena merasa tidak puas dengan ulangan yang telah dilakukannya

"Kepala rasanya udah mau meledak, mana soal yang dikasih sulitnya minta ampun, materi yang ada di soal belum pernah dibahas lagi. Ah, gue gigit juga nih bangku!"

Mohon bersabar, ini ujian!

5. Tipe murid yang suka membanding-bandingkan dirinya dengan temannya yang lain

dramabeans

"Enak ya jadi mereka, nilainya udah pasti gede, nggak bakal ikut remidi. Lah gue, dapet nilai pas KKM aja udah syukur."

Perasaan iri itu pasti pernah kamu rasakan ketika melihat teman-temanmu adem ayem menikmati ulangan dan dipastikan akan mendapat nilai besar. Sedangkan kamu, udah lolos dari remidi aja syukurnya minta ampun. Ya meskipun nilainya tipis banget dari KKM.

6. Tipe murid yang sudah pesimis duluan dan yakin kalau dirinya bakal dapat nilai kecil

"Kayaknya, nilai ulangan gue bakal jeblok deh. Harus siap-siap buat ikut remidi nih kayaknya. Kapan ya gue bisa dapat nilai ulangan yang memuaskan kayak orang-orang." 

Karena kamu merasa tidak maksimal dalam menghadapi ulangan. Dan di saat mengisi pun kamu jawabnya ngelantur kesana-sini. Perasaan akan mendapat nilai kecil pun seolah sudah kamu yakini kebenarannya dari awal.

7. Tipe murid yang optimis akan mendapatkan hasil yang memuaskan

"Ulangan kali ini, aku yakin banget bisa dapat nilai sempurna. Soalnya, aku kan udah mempersiapkan semuanya dari jauh-jauh hari. Dan aku juga bisa jawab semua soal yang udah dikasih."

Semoga apa yang kamu pikirkan itu benar adanya, ya!

8. Tipe murid yang menyesal gara-gara jawaban yang dia dapat merupakan hasil contekan

"Kenapa tadi gue harus nyontek sih, percuma juga kan kalau nilai ulangan gue gede tapi hasil dari nyontek. Nyesel banget gue!"

Terpaksa menyontek karena merasa udah kepepet, eh nggak taunya setelah ulangan selesai kamu baru sadar kalau apa yang kamu lakukan itu adalah kesalahan. Jadi nyesel kan? Ke depannya jangan diulangi lagi ya!

9. Tipe murid yang justru malah terang-terangan menyatakan bahwa dirinya nyontek pada saat ulangan

"Buset, otak gue mentok banget pas tadi ngisi soal, jadinya nyontek deh sama temen yang ada di samping gue."

Nyontek kok bangga. Meskipun nilai ulangan yang kamu dapat itu besar, kan percuma saja kalau itu semua hasil dari sontekan.

10. Tipe murid yang langsung move on dari soal ulangan yang baru saja dikerjakannya

Teman: "Eh, gimana tadi ulangannya, lancar?"

Kamu: "Jangan dibahas lagi deh, udah males gue mikirinnya."

Dari yang optimis bakal dapat nilai memuaskan, nyesek karena dia nggak maksimal isi soal, dan juga reaksi murid yang langsung move on dan melupakan ulangan yang baru saja dilakukannya, itulah tipe murid setelah ujian. Kalau kamu sendiri termasuk tipe yang kayak gimana nih?

Follow Us On :
Lencana
Kongkow