999 +
0
39
0
Yuk Tetap Semangat Walau Puasa
2 months 'ago'

Banyaknya aktifitas sering dijadikan alasan untuk lalai dalam beribadah misalnya untuk puasa atau sholat. Sebaliknya, ibadah berpuasa juga terkadang dijadikan kesempatan untuk bermalas-malasan dalam bekerja ataupun belajar. Seharusnya ketika puasa kita juga tetap harus produktif dalam mengerjakan pekerjaan. Tidak ada alasan untuk bermalas-malasan dengan alasan puasa. Namun untuk melakukan hal ini mungkin tidaklah mudah. Banyak godaan yang datang melemahkan iman. Bagaimana caranya supa tetap semangat meskipun sedang puasa?

Ikuti beberapa tips di bawah ini, selamat mengikuti.

Menguatkan niat & ikhlaskan diri
Agar dapat menjalani bekerja dan berpuasa beriringan, perkuat niat Anda dan berserah diri pada Yang Kuasa, niscaya Anda pun dapat melakukannya. Pahami bahwa bekerja dengan ikhlas merupakan ibadah yang mulia juga.

Perhatikan makanan saat sahur
Seringkali seseorang lapar di siang hari dan membuat konsentrasi kerja buyar. Maka perhatikan makanan yang Anda konsumsi saat makan sahur. Usahakan memilih makanan yang Anda masak sendiri, bukan makanan instan. Makanan seperti sayuran, telur, daging ayam dan buah segar dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Selain itu, makanan-makanan tersebut akan memberi nutrisi yang cukup hingga waktu berbuka.

Cukupi kebutuhan air putih
Kurang cairan dapat membuat seseorang kehilangan konsentrasi, ini juga merupakan satu poin yang membuat pekerjaan di kantor berantakan. Karena itu, cukupi kebutuhan air saat sahur dan berbuka puasa. Akan lebih bagus jika Anda mengonsumsi air putih atau jus buah buatan sendiri. Mengonsumsi buah kaya air juga bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama puasa.

Istirahat cukup
Ibadah adalah hal yang dikejar saat bulan Ramadan tiba. Tidak heran jika seseorang kurang tidur karena banyak ibadah yang dilakukan saat malam hari. Boleh saja Anda beribadah, itu bagus. Namun perhatikan juga kondisi tubuh Anda. Pintar-pintarlah mengambil waktu luang untuk beristirahat. Dengan tidur dan istirahat cukup, ibadah Anda akan semakin lancar, termasuk tugas-tugas di kantor. Tapi jangan tidur di jam kerja ya!

Dengarkan lagu pembangkit mood
Kalaupun masih terasa malas dan tidak bersemangat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, misalnya cuci muka, senam ringan dan sebagainya. Namun cara yang paling mudah adalah mendengarkan lagu yang bisa membangkitkan mood. Ambil headphone Anda dan dengarkan lagu-lagu yang membuat Anda termotivasi untuk menyelesaikan tugas kantor dengan baik.

Jangan menunda pekerjaan
Rasa malas dan mengantuk kadang menjadi cobaan tersendiri saat puasa. Yang pasti, jangan menunda-nunda pekerjaan Anda. Makin cepat Anda selesaikan di pagi hari, akan lebih baik karena pikiran masih fresh. Anda bisa pulang tepat waktu yang menikmati waktu buka puasa tanpa memikirkan tugas-tugas yang belum selesai.

Tak usah lembur
Jika biasanya kita menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dengan menambah jam kerja alias lembur, di bulan puasa sebaiknya kita pulang lebih cepat. Selain agar bisa menikmati berbuka puasa di rumah bersama keluarga, melaksanakan salat tarawih, kita juga punya lebih banyak waktu tidur agar tak terlambat bangun sahur.

Semoga bermanfaat!

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow