999 +
0
45
0
Sejak Kapan Manusia Menggunakan Garpu dan Pisau Sebagai Alat Makan?
2 months 'ago'

Pada zaman penjajahan di Amerika, penggunaan garpu dianggap mencurigakan. Sementara pisau sebagai alat makan dianggap sebagai harta turun temurun yang berharga.

Saat manusia mulai memasak makanannya, mereka menajamkan kayu dan batu untuk mengambil makanan yang panas. Kemudian banyak yang menggunakan cangkang atau tanduk hewan, yang akhirnya berkembang menjadi sendok.

Kemudian sendok mulai tergantikan oleh pisau sebagai alat makan utama. Pisau dan garpu juga awalnya digunakan sendiri-sendiri, lo.

Perkembangan pisau sebagai alat makan

Awalnya, pisau dibuat dari batu, tembaga, sampai besi. Pisau sudah ada sejak masa pra-sejarah sebagai senjata dan alat memotong makanan. Pada abad pertengahan di Eropa, pisau-pisau diukir dan dihiasi dengan gagang dari gading atau tulang. Karena peralatan makan tersebut mahal, tamu-tamu harus membawa pisaunya sendiri.

Di awal kemunculannya, pisau makan memiliki ujung yang tajam. Ini gunanya untuk menusuk makanan dan membawanya ke mulut. Namun kemudian penggunaan pisau ini membuat mulut terluka. Akhirnya di tahun 1637, Kardinal Richelieu di Prancis membuat pisau makannya sedikit tumpul, seperti pisau makan yang kita gunakan sekarang.

Garpu sudah ada lebih lama dibandingkan pisau, yaitu sejak peradaban kuno Yunani.

Namun awalnya garpu tidak digunakan sebagai alat makan di budaya barat sampai tahun 1500-an, lo. Dengan garpu dibawa oleh putri dari Byzantium, Theodora Anna Doukaina, yang menikah dengan salah satu hakim kepala di Venice, Italia. Kemudian, saat Chaterine de' Medici menikahi Raja Henri II di tahun 1522, ia membawa satu set peralatan makan garpunya dari Florence, Italia.

Namun saat itu pengadilan Prancis masih belum mau terpengaruh budaya dari Italia. Sehingga di Prancis mereka makan menggunakan tangan dan pisau. Garpu juga semakin populer saat orang-orang khawatir dengan masalah kebersihan tangan.

Nah, akhirnya di tahun 1633, Raja Charles I dari Inggris menyatakan kalau garpu layak digunakan sebagai alat makan.Akhirnya, mulai saat banyak budaya di Eropa yang menggunakan pisau dan garpu sebagai alat makan yang dipakai bersamaan.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow