Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 6 Taman Bunga Tulip Termegah Di Dunia

6 Taman Bunga Tulip Termegah Di Dunia

- Jumat, 10 Mei 2019 | 19:45 WIB
6 Taman Bunga Tulip Termegah Di Dunia

 

Indira Gandhi Memorial Tulip Garden [foto: Jagran]

Bunga Tulip berasal dari daratan Asia Tengah, tepatnya negara Kazakhstan. Awalnya tanaman bunga dengan beragam warna ini tumbuh liar di areal pegunungan Pamir, pegunungan Hindu Kush dan stepa  di Kazakhstan. Namun kini beberapa negara telah mengklaim dirinya sebagai negeri tulip dengan taman bunga tulip yang megah di antaranya adalah Belanda, bahkan disebut sebagai bunga nasional Iran dan Turki.

Warna-warni bunga tulip yang menghampar dipercaya dapat membuat hati menjadi tenang dan tenteram. Apalagi ketika anda tengah stres karena rutinitas yang padat, berkunjung ke kebun bunga dan menikmati indahnya warna-warni bunga tulip dapat menyegarkan pikiran yang penat. Sayangnya tulip mekar tidak begitu lama, bahkan beberapa spesies hanya mekar antara 3-7 hari di musim semi.

Sejak dulu, hamparan luas yang ditumbuhi berbagai macam bunga tulip selalu berhasil menarik hati pengunjung untuk mendekat dan berdiam lama-lama. Hamparan bunga Tulip dapat dinikmati di berbagai belahan dunia ini. Beberapa negara bahkan membuat festival bunga Tulip saat musim semi tiba. Dan inilah daftar taman bunga tulip terbesar nan indah dari seluruh dunia. Di mana saja?

Taman Bunga Tulip Emirgan Park, Turki

Emirgan park turkey [foto: rakatours]

Semenjak Kerajaan Ottoman Turki terpikat pada keindahan dan kesempurnaan bunga tulip, mereka pun mulai membudidayakan bunga tulip sejak tahun 1000. Motif-motif bunga tulip sudah sejak lama banyak dipakai dalam seni ornamen Persia dan Turki.

Nama yang diberikan orang Eropa untuk tulip berasal dari bahasa Persia untuk serban (bahasa Persia: دلبنت, dulband) karena bunga tulip ketika belum mekar sepenuhnya bentuknya terlihat seperti serban. Jadi tidak heran jika negara ini memiliki taman tulip yang besar.

Tempat yang paling indah untuk menyaksikan sendiri surga warna-warni ini adalah di Taman Emirgan, Istabul, apalagi saat festival yang digelar sekitar bulan April – Mei. Akan ada jutaan bibit tulip yang mekar dengan sangat menawannya. Di taman ini anda bisa menyaksikan hamparan lebih dari 20 juta bunga Tulip berwarna-warni di Emirgan Park Turki.

Commissioners Park, Veneu Canadian Tulip Festival, Kanada

Canadian Tulip Festival [foto: ottawatourism]

Canadian Tulip Festival diselenggarakan hanya 10 hari setiap bulan Mei, didirikan pada tahun 1953 untuk melestarikan warisan peran Kanada dalam membebaskan Belanda selama Perang Dunia Kedua.

Bunga tulip simbolis – bunga resmi Ottawa – diberikan sebagai hadiah untuk orang-orang Kanada karena telah menyediakan tempat yang aman bagi Keluarga Kerajaan Belanda selama Pendudukan Jerman di Belanda. Tulip itu tetap menjadi simbol persahabatan dan musim semi yang berharga, dengan makna khusus bagi masyarakat Kanada dan Wilayah Ibu Kota Nasional.

Commissioners Park adalah tempat penyelenggaraan Canadian Tulip Festival ini. Terletak di Kota Ottawa, para pengunjung akan disuguhkan lebih dari 250.000 tanaman dari 60 varietas bunga tulip. Deretan unik dari bunga tersebut akan menghampar di lahan sepanjang kurang lebih 1 kilometer. Taman ini terletak di sepanjang bagian Dows Lake yang indah di Terusan Rideau, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO yang melintasi pusat kota Ottawa.

Selama festival berlangsung, Commissioners Park juga menjadi lokasi hiburan keluarga. Para pengunjung akan menemukan hamparan bunga tulip yang lebih berwarna-warni di Major’s Hill Park, dekat Fairmont Château Laurier dan lingkungan ByWard Market, dan di banyak tempat lain di seluruh kota, termasuk di depan Parliament Hill.

Festival Bunga Tulip di Jepang

Motif Hello Kitty di Japan tulip festival tahun 2005. [Foto: KSJD]

Di Jepang juga ada bunga tulipa yang tumbuh di Kisosansen Park Tulip Festival. Taman ini buka sepanjang tahun, namun pada saat musim semi tiba, taman ini jadi lebih indah dengan adanya jutaan bunga tulip yang berwarna warni.

Pilihan lainnya adalah di Tonami Tulip Fair. Di sini juga akan ada museum tulip yang memamerkan berbagai jenis langka dari tanaman ini. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencoba terbang dengan balon udara dan menikmati panorama taman dari ketiinggian. Tiket masuk ke taman ini sekitar 35 ribu rupiah. Untuk bisa sampai di sini, kamu bisa menaiki kereta JR Johana Line dari Stasiun Takaoka ke Stasiun Tonami dengan harga 28 ribu rupiah saja. Dari sini kamu cukup berjalan kaki selama kurang lebih lima menit ke arah timur.

Selain kedua taman tersebut, di jepang juga terdapat taman Tanto Hana Park. Taman ini memang khusus menyajikan hamparantanaman Tulip yang ada di Jepang. Salah satu keunikan Taman ini ialah desainnya. Jejeran bunga tulip yang tumbuh di sana disusun membentuk karakter kartun yang lucu.

Indira Gandhi Memorial Tulip Garden, Srinagar, India

Indira Gandhi Memorial Tulip Garden [Foto: newsmobile]

Tak kalah dengan Turki, India juga mempunyai lapangan luas yang ditumbuhi bunga bernama ilmiah Tulipa. Lokasinya sangat strategis, yaitu berada di kaki bukit Zabarwan. Gugusan bukit sepanjang 32 kilometer yang membentang dan menghiasi panorama kota Srinagar. Terbayang kan, taman bunga saja sudah indah, apalagi jika pegunungan yang menjadi panorama latar belakangnya? Wah! Indira Gandhi Memorial Tulip Garden ini disebut-sebut sebagai yang paling besar di Asia.

Disana digelar Srinagar Tulip Festival yang berlangsung setiap tahun selama bulan Maret dan April. Festival ini merupakan festival tercantik yang berlangsung di Kashmir di Siraj Bagh Chesmahsahi di ibu kota Srinagar. Hal ini dikenal sebagai taman peringatan Indira Gandhi. Pertunjukan bunga tulip yang mekar ini benar-benar memperlakukan mata saat taman tersebut tersebar di 5 hektar lahan di kaki bukit Zabarmwan di dekat Danau Dal.

Taman ini menawarkan 60 varietas tulip beraneka warna. Ini menyerupai karpet indah yang memiliki ratusan warna dan memberikan pemandangan surgawi bagi ribuan pengunjung, baik wisatawan domestic maupun internasional.

Sekitar 2 juta tanaman tulip mekar di sini dan dengan sangat menawan menarik hati para wisatawan. Pemandangannya luar biasa dan memiliki keindahan yang tak terhitung jumlahnya yang dilapisi deretan berdansa dengan angin di depan para wisatawan.

Hamparan Bunga Tulip Di Taman Kota Tehran, Iran

Bunga tulip di taman kota Tehran, Iran [Foto: panoramio]

Iran juga kaya akan bunga tulip. Kita dapat menjumpai bunga ini di musim semi, terutama di bulan April hingga Mei hampir di setiap taman, bahkan pinggir jalan di Tehran. Aneka warna tulip menghias taman-taman kota yang bertebaran di Tehran.

Menikmati keindahan tulip di Tehran merupakan suatu momen langka yang hanya bisa dijumpai sekali dalam setahun. Bibit tulip sendiri memerlukan waktu sekitar 7 bulan dari mulai penanaman biji hingga bunganya mekar.

Umumnya tulip mekar pada bulan April hingga Mei. Untuk mencapai hasil ini, para perajin di Iran harus mulai melakukan penanaman biji sejak bulan September. Salah satu pusat pembibitan tulip di Iran adalah Mahallat, Alborz.

Pemerintahan kota Tehran dan Karaj sibuk melakukan penanaman tunas-tunas bunga tulip di awal musim semi ke taman-taman kota. Penanaman ini biasanya berbarengan dengan sebuah tradisi yang telah ada sejak zaman Persia.

Taman Bunga Tulip Keukenhof, Belanda

Taman Bunga Tulip Keukenhof di Belanda [foto: tours4fun]

Taman Bunga Tulip Keukenhof di Belanda adalah salah satu taman terbaik untuk menyaksikan keindahan tanaman Tulip. Di taman ini tumbuh lebih dari 7 juta bunga Tulips. Bisa terbayang bukan bagaimana besarnya taman Keukenhof ini.

Di taman Keukenhof anda dapat menikmati berbagai susunan bunga tulip dengan beraneka warna bahkan desain taman yang beragam. Misalnya, taman dengan gaya desain lansekap Inggris yang menampilkan jalur berkelok-kelok dan titik tembus pandang yang tak terduga (dirancang oleh Zocher pada tahun 1830).

Uniknya lagi, sebelum masuk ke wilayah Taman Keukenhof, pengunjung mulai disuguhkan ladang tulip di luar Taman yang kebanyakan milik petani di sekitarnya. Taman ini menarik minat banyak pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Pada tahun 2017 tercatat 1,4 juta pengunjung yang masuk ke taman Keukenhof. Hanya 20% pengunjung Belanda, sementara 40% berasal dari negara tetangga Jerman, Inggris dan Belgia. Jumlah pengunjung dari Amerika Serikat (10%) dan China (8%) telah berkembang pesat selama ini.

Bagaimana, sangat indah bukan? Taman Bunga tulip yang mana paling menarik menurutmu?

Cari Artikel Lainnya