999 +
0
38
0
Ini 6 Tips Afdol Menghilangkan Rasa Kantuk di Kantor Saat Ramadan
2 months 'ago'

Beberapa kantor di Indonesia memberlakukan perubahan jam masuk kerja menjadi lebih pagi dari sebelumnya dan pulang lebih awal selama bulan Ramadan. Hal ini bertujuan untuk karyawan yang menjalankan ibadah puasa punya waktu lebih untuk menyiapkan hidangan berbuka.

Karena masuk kantor lebih awal dari biasanya, gak jarang para karyawan diserang rasa kantuk saat bekerja. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba beberapa tips dan trik sederhana berikut ini:

1. Jangan duduk nonstop selama jam kerja, sesekali berjalan mengitari kantor

Duduk selama berjam-jam nonstop di depan komputer sudah pasti akan membuatmu cepat merasa bosan dan ngantuk. Untuk mengatasinya, sesekali kamu bangkit dari kursi kerja dan berjalan ringan mengitari kantor selama beberapa menit. Ulangi kegiatan berjalan ringan ini beberapa kali saat mata kamu mulai terasa berat kembali. 

2. Hindari mencuci muka

Meski banyak orang mengatakan bahwa mencuci muka bisa menghilangkan rasa kantuk, namun pada kenyataannya hal tersebut malah membuatmu semakin merasa ngantuk. Memang sih pada menit-menit pertama wajah akan terasa segar saat terkena cipratan air, namun hal tersebut tak berlangsung lama dan malah membuatmu semakin mengantuk. Jadi, jangan sekali-kali mencuci muka saat rasa kantuk sudah menyerang.

3. Jangan diam, berbincang dan bercandalah dengan teman-teman kantor

Ingat ya, tak melakukan apa-apa di kantor tentu saja akan membuatmu semakin merasa cepat ngantuk. Cobalah berbincang dan bercanda dengan teman-teman kantor seputar tema-tema ringan dan sederhana namun bermanfaat. Namun demikian perlu diingat jangan sampai ngomongin orang ya, bukan kantuk saja yang hilang tapi juga pahala ikutan berkurang. Gak mau kan?

4. Jangan terlalu lama bermain dengan gadget

Jika kamu mengira bermain gadget bisa menghilangkan rasa kantuk, anggapan kamu tentu salah besar. Karena tatapan tertuju pada titik fokus yang sama dan monoton dalam jangka waktu yang lama, maka mata akan cepat merasa lelah dan berujung dengan rasa kantuk. Meski pada awalnya merasa bersemangat, pada titik tertentu kamu akan merasa bosan dan membuatmu cepat merasa ngantuk.

5. Lakukan latihan oksigenasi

Latihan pernafasan oksigenasi bisa juga menjadi alternatif efektif saat kamu mulai diserang rasa kantuk. Lakukan gerakan menarik-hembuskan nafas selama beberapa menit, istirahatkan, lalu lakukan kembali dengan hitungan yang sama. Beberapa orang yang melakukan latihan oksigenasi di atas mampu menyingkirkan rasa kantuk dengan cepat.

6. Kedip-kedipkan mata dengan gerakan cepat selama beberapa menit

Saat segala cara menghilangkan rasa kantuk sudah kamu lakukan, cobalah melakukan latihan sederhana ini. Kedip-kedipkan mata dengan gerakan cepat selama beberapa menit dengan hitungan, istirahatkan, lalu lakukan kembali latihan kedip hingga rasa kantuk kamu benar-benar hilang.

Karena waktu tidur berkurang saat bulan puasa, wajar kalau kamu merasa sering ngantuk dari biasanya. Tapi, rasa kantuk yang kamu rasakan seharusnya sama sekali tak berpengaruh apa-apa pada kinerja kamu di kantor. Yuk tetap semangat bekerja agar nilai ibadah di bulan puasa ini bisa berlipat-lipat!

Follow Us On :
Ranking
1
2
Lencana
Kongkow