0
27
0
Cek 5 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Saat Puasa
2 weeks 'ago'

Ketika bulan Ramadan tiba tentu umat Muslim yang menjalankan puasa memiliki perubahan aktivitas, namun tanpa disadari ada hal-hal yang bisa membahayakan bahkan merugikan tubuh kita. Misalnya saja makan terlalu banyak saat sahur, hal itu bisa jadi mengganggu kekhusyukan dalam menjalankan ibadah puasa. Nah, apa saja kebiasaan buruk yang mungkin sering kita lakukan di bulan Ramadan?

1. Makan banyak saat sahur

Sahur memang sangat di anjurkan oleh Rasulullah SAW, di samping karena sunnah. Makan sahur pun sangat berguna bagi tubuh kita apabila kita melakukannya dengan tepat. Misalnya tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan. Makan sahur secara berlebihan justru akan sangat merugikan bagi kita, makanan tersebut akan menjadi beban bagi perut, menyebabkan gangguan pencernaan dan juga mengalami kembung. Hal ini pun justru akan membuat kita menjadi tidak produktif, pasalnya lambung memiliki kapasitas terbatas dalam menampung makanan.

2. Tidur setelah sahur

Tidur setelah sahur tidak baik bagi kesehatan, akanan yang berada di lambung akan berbalik ke kerongkongan membawa asam lambung ketika kita tidur. Proses pencernaan akan melambat sehingga makanan akan terlalu lama di dalam perut, timbunan makanan dalam perut yang tidak kunjung dicerna akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit. Normalnya dua jam setelah makanan di cerna, lambung akan kosong. Sisa makanan akan berpindah ke usus dan menjadi feses.

3. Makan banyak saat berbuka puasa

Saat jam berbuka tiba, banyak orang lapar mata dan memakan apa saja yang terhidang hingga perut terasa penuh. Kebiasaan ini sangat buruk, karena selama seharian, sistem pencernaan sedang beristirahat, sehingga mengonsumsi makanan yang banyak sekaligus akan membuat kerja pencernaan lambat dan berat. Makan banyak saat berbuka pun akan mengakibatkan berbagai penyakit seperti diare, insomnia, perut kembung hingga diabetes.

4. Minum banyak air saat sahur

Kurang minum air bisa menyebabkan tubuh kita mengalami dehidrasi, karena pada siang hari kita tidak meminum ataupun mengonsumsi apapun, sehingga tubuh memerlukan cadangan air yang cukup untuk menjalani puasa di siang hari, minum terlalu banyak pun dapat berbahaya bagi tubuh, salah satunya adalah keracunan air, jadi minumlah air secara cukup dan tidak berlebihan.

5. Olahraga setelah buka puasa

Sebagian besar orang yang masih ingin berolahraga selama puasa Ramadan akan mengganti waktu olahraga mereka, beberapa orang mengubah jadwal olahraganya menjadi setelah berbuka puasa. Jika anda ingin seperti itu maka sebaiknya biarkan makananmu tercerna dulu sekitar 2 jam.

Setelah tahu apa saja hal-hal buruk yang sebaiknya tidak dilakukan saat puasa, sebaiknya hindari, ya. Selamat berpuasa!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow