Home » Kongkow » Kesehatan » Cara menjaga kesehatan udara di rumah

Cara menjaga kesehatan udara di rumah

- Kamis, 09 Mei 2019 | 21:16 WIB
Cara menjaga kesehatan udara di rumah

Menjaga kesehatan keluarga dimulai dengan menjaga udara dirumah tetap sehat. Rumah dianggap sebagai tempat yang aman dari polusi udara. Polusi udara dirumah dapat berasal dari perabotan rumah tangga, bulu hewan peliharaan atau dari pakaian yang telah dipakai diluar rumah. Polusi udara adalah zat-zat diudara baik yang disebabkan oleh manusia atau alam dimana dapat membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan. Polusi udara diluar ruangan dapat berasal dari knalpot kendaraan, pembakaran sampah, asap rokok, bahkan kendaraan yang melaju di atas jalan.

Tips Menjaga Kesehatan Udara Didalam Rumah
Menjaga Kebersihan Lantai Rumah

  • Menggunakan Penghisap Debu
    Bahan kimia dan pemicu alergi dapat terakumulasi dalam debu didalam rumah selama waktu tertentu. Penghisap debu juga dapat membersihkan perabotan dari serbuk sari tanaman, bulu hewan peliharaan dan tungau debu. Tidak hanya lantai yang perlu dibersihkan, namun juga karpet dan kasur. Lakukan penghisapan debu minimal dua kali seminggu dan juga bersihkan filter pada penghisap debu secara rutin.
  • Mengepel Lantai
    Mengepel lantai dapat membersihkan debu yang tertinggal saat dilakukan penyedotan. Untuk mengepel lantai cukup dengan menggunakan air biasa tanpa sabun dan pembersih.
  • Menaruh Keset Didepan Pintu
    Menaruh keset didepan pintu bisa menjadi pengingat pada orang yang akan masuk untuk mengelapkan kakinya terlebih dahulu. Hal ini membantu agar debu yang menempel pada kaki tidak mengotori lantai.

Menjaga Kelembapan Udara
Menjaga tingkat kelembapan tetap sehat dapat menurunkan kemungkinan pertumbuhan tungau debu dan jamur yang menyukai kelembapan. Beberapa cara dapat dilakukan untuk menjaga kelembapan udara, seperti:

  • Menggunakan kipas angin atau membuka jendela saat memasak
  • Membatasi memelihata tanaman air
  • Menjaga air sisa pendingin ruangan dibuang dengan tepat untuk mencegah jamur

Membebaskan Rumah dari Asap Rokok
Menjadikan rumah bebas asap rokok merupakan aspek terpenting. Menurut penelitian, asap rokok dapat meningkatkan resiko anak terkena infeksi telinga, pernafasan, asma, kanker dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Beberapa cara lain untuk menjaga kebersihan udara didalam rumah:

  • Selalu membersihkan pendingin ruangan
  • Membersihkan perabotan rumah tangga dan mainan anak
  • Menjaga sirkulasi udara didalam rumah dengan membuka jendela setiap pagi secara rutin
Cari Artikel Lainnya