999 +
0
16
0
Menjaga kesehatan ginjal
2 weeks 'ago'

Ginjal memiliki peran penting dalam tubuh sehingga sedikit gangguan pada ginjal dapat mempengaruhi sistem yang bekerja pada tubuh. Menjaga ginjal selalu sehat dapat membuat perbedaan besar pada tubuh.

Olahraga Secara Rutin
Menjaga tubuh tetap bugar menjadi salah satu upaya untuk menjaga kesehatan ginjal karena dapat membantu menurunkan resiko penyakit ginjal kronis. Selain itu, olahraga juga dapat menjaga kesehatan jantung sehingga menurunkan resiko terjadi peningkatan tekanan darah. olahraga juga dapat mencegah kenaikan berat badan.

Mengkonsumsi Makanan Sehat
Kondisi kesehatan ginjal dipengaruhi oleh penyakit yang terlebih dahulu timbul seperti tekanan darah tinggi dan diabetes mellitus. Oleh karena itu, perlu mengubah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang sehat dengan komposisi gizi seimbang. Mengkonsumsi makanan sehat juga dapat membantu mengendalikan berat badan.

Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah
Banyak contoh kasus dimana kerusakan ginjal terjadi karena komplikasi dari diabetes. Sehingga penting bagi penderita diabetes untuk melakukan pemeriksaan rutin kadar gula dalam darahnya. Kerusakan ginjal juga dapat dicegah dengan deteksi dini. Konsultasikan hasil pemeriksaan kadar gula darah dengan dokter atau apoteker.

Menjaga Kestabilan Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi tidak hanya dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke, namun juga kerusakan ginjal.

Mengurangi Konsumsi Garam
Menjaga konsumsi natrium tidak lebih dari 2300 mg sehari dapat membantu menurunkan resiko terjadinya peningkatan tekanan darah. Untuk mengurangi asupan garam, maka dapat dengan membatasi konsumsi makanan olahan dan cepat saji. Memasak dan menyiapkan makanan sendiri dengan bahan-bahan segar dapat mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi.

Meningkatkan Konsumsi Air Mineral
Menurut penelitian, mengkonsumsi banyak cairan membantu ginjal untuk mengeluarkan natrium, urea dan racun dari tubuh sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit ginjal kronis. Belum ada data yang pasti tentang minimal konsumsi cairan dalam sehari. Namun berdasarkan penelitian, mengkonsumsi air mineral sebanyak 2 liter sehari dapat mengurangi resiko terjadinya penurunan fungsi ginjal.

Berhenti Merokok dan Konsumsi Alkohol
Merokok memperlambat aliran darah ke ginjal. Jika aliran darah hanya sedikit yang mencapai ginjal maka dapat merusak kemampuannya untuk berfungsi dengan baik. Merokok juga dapat meningkatkan resiko kanker ginjal sekitar 50%. Menghindari konsumsi alcohol juga membantu menjaga kesehatan ginjal.

Hindari Konsumsi Rutin Obat Antinyeri
Mengkonsumsi obat anti nyeri golongan NSAID (Non-Steroid Antiinflamasi Disease) seperti ibuprofen, natrium dikofenal dan lain-lain dengan teratur dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Seseorang dengan ginjal sehat yang hanya sesekali mengkonsumsi NSAID untuk meredakan nyeri kemungkinan tidak meningkatkan resiko kerusakan ginjal. Bagi penderita radang sendi atau penyakit kronis lainnya yang harus mengkonsumsi obat anti nyeri secara rutin, maka harus memantau fungsi ginjalnya.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow