Home » Kongkow » Kesehatan » Harus Waspada, Ternyata Inilah Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi

Harus Waspada, Ternyata Inilah Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi

- Senin, 09 Mei 2022 | 07:40 WIB
Harus Waspada, Ternyata Inilah Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi

Mungkin banyak orang yang pernah mengalami masalah gula darah rendah dengan ciri-ciri yang dapat langsung diketahui. Namun, masih sedikit orang yang kurang dalam mengetahui ciri-ciri gula darah tinggi atau yang biasa dikenal diabetes. Walaupun sama-sama bermasalah dalam tingkat gula darah, namun gula darah rendah dan gula darah tinggi memiliki dampak yang jauh berbeda. 

Jika kamu sudah memasuki ciri-ciri gula darah tinggi, tentunya kamu harus lebih waspada karena hal tersebut dapat mengarah ke penyakit yang lebih serius. Tentunya hal ini wajib dihindari kan? Untuk itu, kamu perlu mengetahui apa saja yang menjadi ciri-ciri gula darah tinggi agar dapat lebih menjaga diri. 

1. Mudah lelah

Harus Waspada, Ternyata Inilah Ciri-Ciri Gula Darah TinggiJika waktu tidurmu sudah sangat cukup dan kegiatan yang dijalani pun tidaklah begitu berat namun tubuhmu sangat mudah terlelah, lemah dan letih, sebaiknya segera periksa ke dokter karena ini adalah salah satu ciri-ciri gula darah tinggi yang pertama kali dapat menyerang.

2. Sakit kepala

Harus Waspada, Ternyata Inilah Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi

Sakit kepala umumnya memiliki banyak jenis, untuk mengetahui bahwa sakit kepala yang menyerang kamu bukanlah sakit kepala biasa adalah dari seberapa dasyat rasa sakit kepala yang kamu rasakan. Jika rasa sakitnya hingga dapat membuatmu ingin pingsan, sebaiknya langsung cek saja untuk dapat langsung ditangani.

3. Bekurangnya penglihatan

Harus Waspada, Ternyata Inilah Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi

Ternyata saat terdapat jumlah glukosa yang berlebihan pada tubuhmu dapat mempengaruhi retinamu yang kemudian dapat menyebabkan diabetic retinopathy, dimana hal tersebut dapat mengganggu penglihatanmu menjadi kurang jelas.

4. Terlalu sering buang air kecil

Harus Waspada, Ternyata Inilah Ciri-Ciri Gula Darah TinggiWalau sering membuang air kecil itu merupakan hal yang baik, namun perlu diketahui bahwa terlalu sering membuang air kecil menjadi hal yang kurang normal. Hal tersebut disebabkan jumlah glukosa yang cukup tinggi sehingga mempengaruhi bagian pembuluh darah di ginjal sehingga jumlah air seni bertambah terus menjadi banyak.

5. Rasa haus yang terus bertambah

Harus Waspada, Ternyata Inilah Ciri-Ciri Gula Darah TinggiHal ini mungkin berhubungan dengan buang air kecil yang terlalu sering, karena banyaknya air seni yang dikeluarkan tentunya tubuhmu tak berhenti untuk membutuhkan cairan. Kamu harus tetap berjaga untuk langsung periksa ke dokter agar terhindar dari masalah yang lebih serius.

6. Sulit berkonsentrasi

Beberapa hal yang menjadi ciri-ciri gula darah tinggi tentunya berpengaruh juga terhadap saraf pada bagian otakmu yang disebabkan oleh glukosa yang tinggi. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kepala pusing, mudah lelah dan memengaruhi tingkat konsentrasimu.

7. Napas menjadi pendek

Harus Waspada, Ternyata Inilah Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi

Karena peningkatan glukosa dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah kelelahan dan letih, hal tersebut juga mempengaruhi pernapasanmu lho. Rasa letih yang dirasakan menyebabkan napasmu menjadi pendek. 

Ternyata yang menjadi ciri-ciri gula darah tinggi merupakan hal-hal umum yang dpaat menyerang siapa saja. Untuk itu, kamu perlu untuk waspada dan jangan sepelekan hal-hal sederhana yang terjadi padamu. 

Selain itu, tentunya kamu harus menjaga kesehatan tubuhmu dan mencegah ciri-ciri gula darah tinggi ini terjadi padamu dengan mengurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula yang sangat tinggi.

Cari Artikel Lainnya