Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Alasan Kenapa Hobi Berkebun Bisa Bermanfaat Bagi Kehidupanmu

5 Alasan Kenapa Hobi Berkebun Bisa Bermanfaat Bagi Kehidupanmu

- Rabu, 08 Mei 2019 | 18:39 WIB
5 Alasan Kenapa Hobi Berkebun Bisa Bermanfaat Bagi Kehidupanmu

 

5 Alasan Kenapa Hobi <a href=Berkebun Bisa Bermanfaat Bagi Kehidupanmu" src="https://cdn-idntimes-com.cdn.ampproject.org/i/s/cdn.idntimes.com/content-images/community/2017/04/gardening-d51c46396bb3fb267047acc63e6893d1_600x400.jpeg" style="height:100px; width:200px" />

Mungkin sebagian dari kita lagi asik baring dengan gadget yang kita miliki, lupa dengan tanaman yang ada diteras rumah yang sedang sekarat atau mungkin dirumahmu tidak ada tanaman (termasuk rumput liar sekalipun) karena tidak sempat untuk menyiram dan mengurus tanaman-tanamanmu. Tahukah kamu sebenarnya banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berkebun.

1. Berdampak positif untuk kesehatan.

Ketika kamu berkebun, kamu akan melakukan berbagai kegiatan seperti memotong, merapikan pot, menanam, dan menyiram tanaman. Kegiatan berkebun akan membakar sekitar 280 hingga 380 kalori perjam. Jumlah kalori yang terbakar ini setara dengan jogging selama 30 menit. Bahkan kegiatan ini mampu membakar kalori lebih banyak daripada bersepeda.

2. Menurunkan tingkat stress.

Berkebun juga mampu menurunkan tingkat stress seseorang setelah seharian lelah akan aktifitas sekolah atau kantor, luangkanlah sedikit waktu untuk berkebun. Kegiatan berkebun dapat menghilangkan rasa stress, depresi, dan frustasi akibat kerjaan sekolah atau kantor, termasuk juga putus cinta.

3. Berpikir lebih kreatif.

Menikmati udara segar, jauh dari gadget dan berfokus pada kebun dapat membuatmu berpikir lebih kreatif. Tidak perlu jauh-jauh untuk mendaki gunung, berkebun juga dapat membantu kamu terhubung dengan alam. Sehingga memungkinkan kreativitas kamu mengalir bebas.

4. Rumah menjadi lebih sejuk.

Keberadaan berbagai tumbuhan dirumah tentunya akan membuat rumah jadi lebih sejuk dan nyaman untuk ditinggali terutama untuk didaerah perkotaan yang memiliki tingkat polusi yang tinggi hal tersebut karena tumbuh-tumbuhan mengurangi polusi dengan menyerap emisi buang karbon dioksida.

5. Memperpanjang umur.

Karena kesehatan yang stabil serta pikiran yang tenang, maka hal ini akan mempengaruhi usia kamu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang senang berkebun rata-rata memiliki jangka waktu hidup yang lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak menyukai berkebun.

Tidak cuma 5 manfaat diatas, masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari berkebun. Hasil berkebun dapat kamu masak setidaknya mengurangi biaya perbulan. Jadi tunggu apa lagi?

Cari Artikel Lainnya