Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Persiapan yang Perlu Dilakukan Kalau Kamu Lintas Jurusan dari IPA ke Rumpun Soshum

5 Persiapan yang Perlu Dilakukan Kalau Kamu Lintas Jurusan dari IPA ke Rumpun Soshum

- Rabu, 19 Juni 2019 | 11:30 WIB
5 Persiapan yang Perlu Dilakukan Kalau Kamu Lintas Jurusan dari IPA ke Rumpun Soshum

“Waktu SMA ‘kan kamu ambil IPA, kok pas kuliah mau masuk rumpun Soshum?”

Di antara kamu dan teman-teman, pasti ada yang mengalami perubahan pilihan jurusanNah, hal itu wajar terjadi kok, Squad. Sebab, seiring berjalannya waktu, kamu pasti menemukan ketertarikan pada bidang lain atau ternyata kamu tak lagi menyukai pelajaran-pelajaran eksak di IPA. Namun, apakah kamu yang lintas jurusan bisa mendaftar dan berpeluang diterima di perguruan tinggi negeri?

Jawabannya, tentu bisa! kalian yang ingin berpindah jurusan memiliki peluang besar di tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Kalau begitu, bagaimana persiapan yang harus kamu lakukan agar bisa lolos di tes tersebut? Squad, yuk simak 5 hal yang bisa kamu persiapkan berikut ini.

1. Mencari tahu apakah jurusan yang diinginkan memperbolehkan pendaftaran lintas jurusan

Meskipun peluangnya kecil, kamu boleh mendaftar lintas jurusan di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan. Namun, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah jurusan favorit kamu memperbolehkan pendaftaran lintas jurusan. Sebab, ada beberapa jurusan di perguruan tinggi negeri yang tidak membuka kesempatan bagi siswa yang jurusannya (IPA atau IPS) di SMA, berbeda dengan rumpun jurusan yang ditujunya (Saintek atau Soshum).

2. Fokus membaca rangkuman materi setiap pelajaran

Memahami materi pelajaran IPS yang tidak pernah kalian dapatkan selama tiga tahun duduk di bangku SMA awalnya akan terasa sulit. Akan tetapi, kamu bisa memulainya dengan mempelajari rangkuman materi setiap pelajaran. Ingat ya Squad, kamu harus memahami konsep materinya, bukan hanya menghafal.

Nah, karena banyak materi yang harus dipelajari, kamu harus membuat jadwal belajar yang baik dan tentunya harus kamu laksanakan. Misalnya, minggu pertama mengupas tuntas materi pelajaran Sejarah, minggu kedua memahami materi pelajaran Ekonomi, dan seterusnya. Jadwal belajar ini akan membuat kalian lebih fokus dan mudah menyerap setiap materi pelajaran. 

3. Rajin mengerjakan latihan soal dan mempelajari pembahasan materinya

Kalian bisa mengerjakan beragam latihan soal dan mempelajari pembahasan materinya

Setelah selesai mempelajari rangkuman materi setiap pelajaran, kalian bisa mulai mengerjakan latihan soal. Namun, bukan hanya memulai, kamu pun harus rajin mengerjakannya ya! Semakin sering kamu mengerjakan latihan soal, maka kamu akan semakin terbiasa dengan konsep dan pola pertanyaan yang digunakan pada tes SBMPTN. Latihan-latihan soal itu bisa berasal dari tryout yang diberikan di sekolah atau latihan soal yang diberikan Ruangguru.

4. Tetap mempersiapkan diri untuk Tes Potensi Skolastik (TPS)

Squad, SBMPTN 2019 terdiri dari dua tes, yaitu Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS). Nah, meskipun banyak yang harus dikejar untuk menghadapi TKA, kamu tak boleh melupakan persiapan untuk mengerjakan TPS.

TPS digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif, logika atau nalar, dan pemahaman umum. Oleh karena itu, kalian harus sering mengerjakan latihan soal dengan batasan waktu tertentu. Latihan seperti ini akan membuat kamu berusaha mengerjakan sebanyak mungkin soal dalam jangka waktu yang nantinya diberikan dalam tes SBMPTN.

5. Tidak mudah patah semangat dan merasa lintas jurusan itu sulit

Dalam belajar, kalian tidak boleh gampang menyerah dan merasa prosesnya sulit untuk dilakukan. Kalau kamu memang ingin diterima di jurusan yang diinginkan, walaupun harus menguasai materi pelajaran tiga tahun dalam beberapa bulan saja, maka kamu harus berusaha keras dan tetap semangat. Ketika kalian merasa kesulitan, istirahatlah sejenak, baru kemudian lanjut belajar dan mengerjakan latihan soal.

Pertempuran kalian yang mau lintas jurusan dari IPA ke rumpun Soshum siap dibantu lho! Melalui aplikasi ini, kamu bisa membaca rangkuman materi setiap pelajaran IPS dari kelas 10 sampai 12. Materi pelajaran pun dikemas dengan menarik dalam bentuk video animasi dan infografis. Kemudian, kamu bisa lanjut mengerjakan beragam latihan soal. Jadi, tunggu apalagi? Ayo guys langganan sekarang!

Cari Artikel Lainnya