0
31
0
Agar Terhindar dari Dehidrasi Selama Puasa, Coba Lakukan 3 Tips Ini, yuk!
2 weeks 'ago'

Ketika Bulan Ramadan tiba, teman-teman Muslim akan menjalani puasa yang berlangsung kurang lebih 12 jam.

Saat berpuasa, tentu kita tidak mengonsumsi makanan dan minuman dari sahur hingga berbuka puasa tiba.

Karena tidak ada cairan yang ktia konsumsi selama kurang lebih 12 jam, hal ini bisa saja menyebabkan tubuh menjadi kekurangan cairan maupun dehidrasi, lo, teman-teman.

Nah, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, lo, teman-teman.

Mengonsumsi air putih saat sahur dan berbuka tentu menjadi hal yang utama dilakukan, tapi ada tiga tips lainnya untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi saat puasa, lo.

1. Banyak Mengonsumsi Buah dan Sayur

Cara paling mudah untuk mendapatkan cairan dan bisa ditemukan di mana saja adalah dengan mengonsumsi cairan atau air.

Namun ternyata cairan bisa didapatkan dari mana saja, lo, teman-teman, dan bukan hanya dari air saja.

Tahukah teman-teman? Cairan juga bisa didapatkan dari makanan, bahkan dari makanan ktia bisa mendapatkan sepuluh sampai 20 persen cairan.

Contoh makanan yang mengandung banyak air di dalamnya adalah buah dan sayur, teman-teman, seperti semangkan yang sekitar 91 persennya merupakan air.

Mengonsumsi buah dan sayur juga punya manfaat ganda, lo, teman-teman, yaitu bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan kita jadi merasa lebih cepat kenyang tapi tidak kembung.

2. Air Putih, Cairan yang Utama

Siapa yang suka mengonsumsi minuman manis saat sedang sahur?

Pada puasa tahun ini, yuk, kita lebih banyak mengutamakan mengonsumsi air putih sebagai cairan yang utama ketika sahur.

Mengonsumsi minuman dengan kadar gula tinggi atau minuman lainnya selain air putih bisa membuat kita cepat merasa haus, lo.

Lagi-lagi, hal ini disebabkan karena ginjal memerlukan banyak cairan tubuh untuk mengeluarkan kelebihan zat seperti gula dari tubuh.

Nah, untuk itu saat sahur sebaiknya utamakan minum air putih yang mengandung banyak mineral baik untuk tubuh, serta baik untuk organ dalam tubuh kita.

3. Kurangi Konsumsi Gorengan

Ketika berbuka puasa, biasanya kita tidak langsung mengonsumsi makanan utama atau berat seperti nasi dan berbagai pendampingnya.

Biasanya, akan ada minuman seperti teh manis dan beberapa makanan kecil seperti buah kurma atau camilan, misalnya gorengan.

Namun kita harus membatasi atau mengurangi mengonsumsi gorengan, nih, teman-teman, karena gorengan bisa menjadi salah satu penyebab tubuh mengalami dehidrasi.

Yap, gorengan memiliki kandungan minyak yang tinggi, sehingga hal ini akan menyebabkan tumpukan lemak di tubuh yang mengakibatkan kita menjadi kehausan.

Itu tadi tiga tips yang bisa teman-teman lakukan untuk mencegah dehidrasiselama puasa yang bisa teman-teman lakukan.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow