0
44
0
5 Manfaat Teknologi Drone Untuk Sektor Pertanian
2 months 'ago'

 

Manfaat teknologi drone untuk sektor pertanian

Perkembangan teknologi di zaman revolusi industri 4.0 ini sudah sangat bertumbuh dengan pesat. Berbagai inovasi dalam bidang pertanian sudah sangat banyak dan beragam jenisnya, mulai dari inovasi bibit, benih, teknik pertanian untuk efektivitas produksi pertanian , teknologi (alat dan mesin) inovasi pertanian untuk mempermudah proses sampai kemudahan permodalan oleh fintech.

Kali ini akan dibahas mengenai dronedi bidang pertanian. Drone adalah pesawat tanpa awak yang dikemudikan untuk menganalisis sesuai dengan tujuan tertentuDronesendiri merupakan teknologi yang cukup inovatif karena mengandalkan IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligent) atau yang dikenal sebagai kecerdasan buatan. Kemampuan drone untuk menganalisis dinilai cukup akurat dan sangat cepat.

Teknologi drone saat ini berkembang dengan pesat. Dulu, pemanfaatan drone hanya dilakukan secara terbatas, seperti dalam militer. Namun revolusi industri sekarang sudah jauh berbeda. Drone sudah menjadi produk teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, tidak terkecuali oleh para petani.

Kehadiran teknologi drone dalam sektor pertanian bisa mendatangkan banyak manfaat. Teknologi ini bisa memberikan solusi revolusioner dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas hasil panen. Keberadaannya membuktikan bahwa keberadaan teknologi bukan untuk ditakuti, tetapi dimanfaatkan.

Salah satu perusahaan yang telah merasakan manfaat teknologi dronedi sektor pertanian adalah perusahaan asal Prancis bernama Ocealia. Perusahaan ini telah memanfaatkan drone untuk pengelolaan lahan perkebunan sejak tahun 2015. Hasilnya cukup positif, terdapat peningkatan hasil panen rata-rata sebesar 10 persen.

5 Manfaat Teknologi Drone

Ada beberapa tips mengenai cara pemanfaatan drone di sektor pertanian yang bisa Anda coba, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Analisis Kebun

Drone bisa membantu Anda dalam melakukan persiapan sebelum musim tanam. Anda bisa menggunakan perangkat ini untuk mengetahui kondisi kebun secara menyeluruh. Drone juga memiliki kemampuan dalam melakukan pemetaan kondisi kebun secara 3 dimensi. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan data tersebut untuk analisis kondisi lahan. Hasil analisis bisa Anda pakai untuk menentukan pola penanaman bibit yang maksimal.

Manfaat drone untuk melihat area lahanGambar 1 : Menggunakan drone untuk melihat kondisi kebun dan menganalisisnya

  • Penanaman

Keberadaan drone juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan penanaman bibit. Cara penanaman bibit menggunakan drone memungkinkan proses penanaman berlangsung dengan lebih cepat. Drone tidak hanya punya kemampuan untuk menembakkan bibit ke permukaan tanah, tetapi juga pemupukan.Di waktu yang sama, keberadaannya juga berguna untuk mengurangi biaya untuk ongkos penanaman mencapai 85 persen.

  • Penyemprotan Tanaman

Anda juga bisa memanfaatkan drone untuk aktivitas penyemprotan tanaman di kebunDrone terbaru memiliki beragam fitur yang memungkinkan penyemprotan bisa dilakukan secara efektif dan maksimal. Anda bisa menjumpai drone untuk pertanian yang disertai dengan kemampuan mengeluarkan suara ultrasonik ataupun laser yang berguna dalam mengenali struktur kondisi lahan.

menyemprot tanaman dengan menggunakan droneGambar 2 : Menggunakan drone untuk menyemprot tanaman

Fitur ini memungkinkan dronedapat melakukan penyemprotan secara lancar tanpa terjadi tabrakan. Selain itu, fitur tersebut juga dapat dimanfaatkan dalam melakukan pemindaian permukaan tanah. Selanjutnya, hasil pemindaian bisa menjadi data awal untuk menentukan jumlah cairan yang perlu disemprotkan. Semua itu bisa Anda lakukan secara real-timedengan jangkauan yang luas.

  • Menilai Kesehatan Tanaman Anda

Melakukan pengamatan mengenai kondisi tanaman menjadi tugas berat bagi para petani. Apalagi ketika lahan yang dimiliki sangat luas. Namun, permasalahan ini bisa diselesaikan secara efisien dengan keberadaan drone. Apalagi, proses pengamatan bisa dilakukan dengan singkat dan menggunakan tenaga yang tidak banyak dengan drone.

Penilaian kesehatan tanaman menggunakan drone dapat dilakukan secara efektif dengan memanfaatkan fitur kamera dan kamera infra merah. Keberadaan dua jenis kamera pada drone, memungkinkan Anda untuk bisa melihat ada tidaknya jamur atau bakteri pada tanaman. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui permasalahan dengan lebih cepat dan segera mengatasinya.

Gambar 3 : Menggunakan drone untuk menilai kesehatan tanaman Anda

  • Sensor Irigasi

Drone yang disertai dengan sensor thermal, hyperspectral, atau multispectral, bisa Anda manfaatkan untuk melihat kualitas tanah. Sensor tersebut mampu menunjukkan area yang terlihat kering dan membutuhkan peningkatan. Anda pun bisa memanfaatkan data tersebut dalam meningkatkan sistem pengairan lahan.

Menggunakan drone untuk memeriksa irigasiGambar 4 : Menggunakan drone untuk melihat keadaan sistem irigasi

Itulah pemanfaatan drone yang bisa Anda lakukan untuk peningkatan cara pengelolaan lahan perkebunan dan pertanian. Dengan cara ini, Anda tidak perlu membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah banyak untuk mengelola lahan. Selain itu, hasil yang didapatkan juga bisa lebih berkualitas dan melimpah.

Nah, itulah 5 manfaat teknologi droneuntuk sektor pertanian yang perlu kamu ketahui. Bagaimana menurut kamu? Keren tidak? Kira-kira ada manfaat lain dari teknologi drone ini? Yuk mari berkomentar dan berdiskusi di bawah ya.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow