Home » Kongkow » Kuliner » Takjil Favorit Orang Indonesia yang Biasanya Dihidangkan Saat Buka Puasa

Takjil Favorit Orang Indonesia yang Biasanya Dihidangkan Saat Buka Puasa

- Senin, 06 Mei 2019 | 14:48 WIB
Takjil Favorit Orang Indonesia yang Biasanya Dihidangkan Saat Buka Puasa

Selain untuk ibadah, bulan Ramadan juga identik dengan aneka makanan ringan berbuka puasa yang beragam dan unik. Makanan-makanan berbuka puasa atau yang disebut takjil ini biasanya dijual bebas di berbagai tempat, dari restoran, toko kue, sampai penjaja dadakan di pinggir jalan. 

Semua penjaja takjil ini umumnya memiliki banyak menu yang menggoda selera. Bukan cuma menggoda selera, mereka juga menghadirkan berbagai kreasi takjil yang hanya disajikan di bulan ramdhan.  Beberapa hidangan takjil yang has di bulan Ramadan antara lain kolak pisang sampai kolak biji salak. Meski demikian, ada juga beragam makanan ringan ‘biasa’  yang juga ada di luar bulan Ramadan tetap populer sebagai takjil. Sebut saja, aneka kue tradisional, gorengan, sampai lontong. 

Semua makanan ringan ini dianggap cocok untuk mengisi perut sementara setelah berpuasa seharian. Namun di antara semua jenis takjil yang banyak beredar di pasaran, mana yang paling populer di antara orang Indonesia? 

Berdasar polling yang diadakan CNNIndonesia.com, makanan berbuka puasa yang paling favorit adalah gorengan. Beraneka jenis gorengan ini menjadi takjil kesukaan sekitar 39 responden. 

Aneka jenis gorengan seperti tempe, bakwan, pisang goreng, sampai tahu goreng yang renyah dianggap sempurna untuk 'menghilangkan' kerinduan akan makanan renyah dan gurih sepanjang hari. Rasa gurihnya juga dianggap mampu mengembalikan selera makan. 
 

penjaja gorengan

Selain itu, kandungan tepung di dalamnya membuat gorengan juga termasuk dalam kategori makanan yang cukup mengenyangkan. 

Selain gorengan, kolak terpilih untuk menduduki posisi ke-dua takjil terfavorit adalah kolak. Tak dimungkiri hal ini terjadi karena kolak merupakan salah satu makanan khas Ramadan. 

Kekhasan kolak terletak pada rasanya yang manis karena tambahan gula merah. Namun rasa manis ini terasa seimbang dengan gurihnya penggunaan santan kelapa di dalamnya. 

Kolak akan terasa mantap dengan isian pisang, kolang-kaling, ubi kayu, dan juga mutiara warna-warni. 

Kurma, menduduki posisi tiga sebagai takjil terfavorit. Buah ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga bisa mengembalikan kadar gula darah dengan cepat. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang menyehatkan tubuh. 

 

Lihat juga:
Mengungkap Kebaikan Kurma

Untuk berbuka puasa, para ahli menyarankan untuk menyantap setidaknya tiga buah kurma. 

Selain semua makanan tersebut, aneka takjil tradisional seperti kue-kue basah juga banyak diminati. Namun kue-kue seperti kue pisang (nagasari), pastel, kue cantik manis, putu ayu, klepon, putu mayang, lupis, dan lainnya hanya jadi pilihan lainnya apabila pilihan diatas tidak ada. 

Cari Artikel Lainnya