Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 7 Profesi ini Menerima Semua Jurusan, Cocok Buatmu yang Baru Pertama Kali Cari Kerjaan

7 Profesi ini Menerima Semua Jurusan, Cocok Buatmu yang Baru Pertama Kali Cari Kerjaan

- Kamis, 20 Juni 2019 | 14:14 WIB
7 Profesi ini Menerima Semua Jurusan, Cocok Buatmu yang Baru Pertama Kali Cari Kerjaan

Wajar kalau setiap orang menginginkan untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan apa yang mereka pelajari di bangku sekolah atau perkuliahan. Namun, ada juga orang yang terjebak di salah satu jurusan yang bukan merupakan minatnya. Biasanya, mereka merasa kebingungan untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan konsentrasi yang mereka ambil sewaktu duduk di bangku perkuliahan.

 

Faktanya, beberapa pekerjaan menawarkan kesetaraan, meski berbasis pada bidang tertentu. Hampir semua karyawannya berasal dari berbagai jurusan. Penasaran, pekerjaan apa saja yang cocok untuk lulusan semua jurusan? Baca, yuk!

1. Bukan hanya lulusan ekonomi, bisnis, atau akutansi yang bisa bekerja di bank. Mereka membuka kesempatan untuk calon pegawai dari berbagai jurusan

Siapa bilang untuk jadi pegawai bank harus lulusan dari mahasiswa yang berkonsentrasi pada bidang keuangan? Seorang teller ataupun customer service di perusahaan perbankan kebanyakan berasal dari jurusan yang justru jauh dari lulusan mahasiswa yang berkonsentrasi di bidang keuangan.

Biasanya, saat sebuah bank mencari calon pegawai untuk posisi teller atau customer service, mereka memiliki standar kualifikasi seperti usia maksimal, memiliki tinggi dan berat badan yang proporsional, punya skill komunikasi yang baik dan berstatus single. Tak harus berasal dari bidang pendidikan yang sesuai, selama berkemampuan baik dan mau belajar.

2. Meski kelihatannya gampang, menjadi pegawai administrasi nggak bisa disepelekan. Posisi ini penting untuk kelancaran bisnis sebuah perusahaan

Profesi ini juga digemari oleh fresh graduate yang ingin menjejakkan kaki pertama kalinya di dunia pekerjaan. Menjadi karyawan yang menangani administrasi bisa dilakukan oleh lulusan semua latar belakang pendidikan, selama mereka punya sifat teliti, rapi dan cermat. Posisi administrasi ini bertanggung jawab untuk mengatur dokumen, mencatat, menyimpan, dan lain-lain. Jadi sudah dipastikan bahwa kamu bakal berlama-lama duduk di balik meja untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengarsipan.

Posisi administrasi di sebuah perusahaan nggak bisa disepelekan, karena mereka sangat penting untuk mendukung kelancaran bisnis dan usaha. Kesalahan yang dibuat oleh staff administrasi bisa menyebabkan dampak yang cukup besar bagi operasional perusahaan. Karena itu, posisi ini jadi penting sekali untuk kelancaran bisnis.

3. Berbeda dengan administrasi, untuk kamu yang suka pekerjaan lapangan, profesi sales bisa dijadikan pilihan

Menjadi seorang sales bisa jadi pilihan untuk kamu yang nggak betah duduk berlama-lama di meja kantor dan lebih menyukai pekerjaan lapangan. Profesi sales nggak membutuhkan latar belakang pendidikan khusus. Siapa pun, termasuk fresh graduate, bisa melamar menjadi sales, selama ia memiliki kemampuan negosiasi yang baik atau mampu meyakinkan orang lain.

Selain itu, seorang sales juga harus ulet, tekun, dan tangguh. Mereka juga nggak boleh putus asa dan harus bisa mencari cara kreatif untuk memasarkan produknya.

4. Menjadi agen asuransi juga digemari mereka yang suka tantangan. Bertemu orang baru untuk menawarkan asuransi kesehatan sampai pendidikan

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya asuransi, saat ini ada banyak sekali produk asuransi yang ditawarkan. Menjadi seorang agen asuransi juga bisa dilakukan oleh siapapun dengan latar belakang pendidikan apapun.

Calon agen hanya perlu mengasah pengetahuan soal produk yang ditawarkan dan kemampuan untuk memperluas jaringan. Profesi ini juga kerap menjanjikan jenjang karir yang jelas selama kamu bisa menunjukkan performa yang baik.

5. Prajurit karier TNI menawarkan pengalaman yang nggak biasa, kamu yang berasal dari segala jurusan bisa mencobanya

TNI selalu membuka penerimaan prajurit karier setiap tahunnya. Syarat untuk mengikuti pendididikan sebagai prajurit karier biasanya adalah lulusan D3 atau S1 yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan. Selain itu, profesi ini juga mensyaratkan untuk memiliki IPK yang cukup bagus dan menunjang bagi peminatnya.

Mulai dari lulusan MIPA, Ilmu Komputer, Teknik, hingga Kedokteran, banyak yang berhasil menjadi seorang prajurit karier. Memang profesi ini cocok untuk segala jurusan. Kalau kamu memang ingin terjun ke ke pekerjaan yang berhubungan langsung dengan pemerintah, dan memiliki fisik dan mental yang kuat, mungkin profesi ini cocok buatmu.

6. Lagi, customer service memang jadi idola para pejuang dari kalangan fresh graduate. Siapa pun bisa, asal ramah dan punya jiwa melayani

Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa customer service selain perbankan, misalnya perusahaan telekomunikasi bahkan perusahaan-perusahaan start-up yang sekarang ini sedang berkembang. Customer service merupakan gerbang pelayanan perusahaan, profesi ini menuntut untuk mampu menghadapi pelanggan dengan baik.

Pekerjaan ini juga nggak memerlukan latar belakang pendidikan khusus, asalkan punya jiwa melayani, penuh kesabaran dan murah senyum. Karena sebagai frontlinercustomer service jadi representasi wajah perusahaan di mata pelanggan.

7. Nggak hanya di perusahaan besar, kamu juga bisa menciptakan peluangmu sendiri dengan menjadi seorang blogger

Di era informasi seperti sekarang ini, profesi blogger menjadi lahan yang menggiurkan. Kamu yang punya bakat menulis bisa mencobanya, karena profesi ini nggak hanya menyenangkan, tetapi juga menguntungkan. Kamu bisa mengawalinya dengan membuat blog dan menuliskan apapun yang menjadi minat dan ketertarikanmu. Bagikan pengalaman yang kamu punya dengan orang lain.

Memang awalnya sedikit menguji kesabaran, karena kamu hanya akan menulis dan menulis, namun jika kamu telaten rajin menjalaninya, maka akan memberikan hasil yang manis.

Nah, nggak ada salahnya kan kamu mencoba hal baru yang memang belum pernah kamu tekuni sebelumnya? Siapa sangka, justru kamu menemukan passion dan kenyamanan di pekerjaan yang justru nggak sesuai dengan latar belakang pendidikan yang kamu punya. Tertarik untuk mencobanya?

Cari Artikel Lainnya