999 +
0
16
0
Supaya Lancar, Intip 5 Persiapan Puasa Hari Pertama Berikut Ini
2 weeks 'ago'

Sebentar lagi, umat muslim akan melaksanakan puasa Ramadan selama satu bulan penuh. Bagi Anda yang menjalankannya, tentu tidak ingin tumbang dan batal puasa di hari pertama, bukan? Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan diri. Apa saja persiapan untuk puasa pertama di bulan Ramadhan nanti? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Persiapan puasa pertama di bulan Ramadhan

Apa saja yang perlu Anda persiapkan menjelang bulan puasa? Jawabannya, tentu saja kesehatan dan stamina tubuh. Selama berpuasa, waktu makan dan waktu tidur Anda akan berubah.

Anda hanya boleh pada waktu berbuka hingga imsak. Waktu tidur pun jadi berkurang karena Anda harus bangun untuk menyiapkan makan dan menyantap sahur.

Kedua perubahan tersebut tentu sangat berpengaruh pada kesehatan Anda. Jika tidak menyiapkan diri, bisa-bisa puasa hari pertama Anda bisa jadi sangat sulit dilalui.

Entah tubuh jadi sangat lemas, mengantuk berat, dan keluhan lainnya yang mengganggu produktivitas.

Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Supaya dapat menjalani puasa hari pertama tanpa masalah, lihat beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan berikut ini.

1. Perbanyak makan makanan sehat

Sebelum puasa tiba, persiapan yang harus Anda lakukan adalah menjaga kondisi tubuh. Agar tubuh tetap sehat dari hari pertama bulan Ramadan sampai hari terakhir, asupan makanan harus diperhatikan.

Terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti refluks asam lambung.

Anda perlu menghindari pantangan yang dokter anjurkan. Contohnya, tidak makan makanan pedas dan asam, jangan menunda waktu makan, atau tidur setelah makan.

Upayakan untuk selalu penuhi nutrisi harian dari buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, maupun daging dan susu.

Tercukupinya nutrisi tersebut, bisa mempertahankan stamina dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Artinya, Anda akan terhindar dari sakit saat berpuasa. Lakukan persiapan ini jauh-jauh hari sebelum melaksanakan puasa hari pertama, ya.

2. Siapkan persediaan makanan sehat

Selain meningkatkan asupan makanan sehat, persediaan makanan sehat juga merupakan persiapan penting yang perlu dilakukan menjelan puasa.

Mengapa? Sebab, dengan adanya persediaan makanan sehat akan menghindarkan Anda dari godaan camilan yang tidak sehat.

Persediaan sayur, buah, dan makanan sehat juga akan memudahkan Anda dalam menyiapkan menu sehat untuk sahur dan berbuka di hari pertama puasa.

3. Segera perbaiki waktu tidur Anda

Hingga kini, apa Anda masih saja tidur larut malam? Sebaiknya, hentikan kebiasaan buruk yang satu ini. Pasalnya, tidur adalah waktu bagi organ tubuh Anda untuk beristirahat.

Jika kualitas tidur Anda masih saja buruk menjelang puasa pertama, berbagai gangguan bisa terjadi. Mulai dari mengantuk, tubuh lemas, dan kepala sakit tidak keruan.

Kebiasaan buruk ini bukan tidak mungkin membuat Anda membatalkan puasa karena harus minum obat jika tak tahan lagi dengan kondisinya.

Itulah sebabnya, memperbaiki waktu tidur menjadi salah satu persiapan yang perlu Anda lakukan menjelang puasa. Bukan hanya untuk hari pertama, melainkan juga untuk hari-hari selanjutnya.

Supaya tidak lagi tidur malam, perbaiki jadwal kegiatan Anda. Kerjakan pekerjaan sekolah, kuliah, atau kantor tepat pada waktunya.

Hindari kegiatan yang mengganggu tidur, seperti main ponsel, menonton film, atau membaca buku.

4. Jangan malas berolahraga

Mempersiapkan stamina tubuh yang prima untuk puasa hari pertama, tidak hanya dari pilihan makanan dan waktu tidur saja. Namun, Anda juga bisa menunjang dari aktivitas fisik atau olahraga.

Menurut sebuah studi, olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari mengendalikan kadar gula darah dan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, hingga meningkatkan stamina tubuh.

Berolahraga secara rutin akan membuat tubuh lebih siap dalam menghadapi puasa Ramadhan.

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari berolahraga adalah berkurangnya stres yang kadang bisa memicu kambuhnya masalah kesehatan lain yang Anda miliki.

5. Jangan lupa konsultasi ke dokter

Meski berpuasa terbukti bermanfaat, tidak semua orang bisa menjalaninya. Terutama, jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

Jadi, jangan lupa untuk cek kesehatan dan konsultasi ke dokter mengenai rencana Anda untuk ikut berpuasa Ramadan tahun ini.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow