Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Desain Taman Jepang yang Memikat Mata

5 Desain Taman Jepang yang Memikat Mata

- Senin, 06 Mei 2019 | 09:36 WIB
5 Desain Taman Jepang yang Memikat Mata

 

Lihat ke www.dekoruma.com

Di dunia ini ada banyak desain taman, namun yang paling umum dan populer di kalangan masyarakat bisa jadi adalah desain taman Jepang. Desain taman Jepang ini tidak hanya memiliki kesan yang begitu harmonis, tapi juga memikat mata. Siapa pun yang melihat atau berada di dalamnya pasti akan merasa betah.

Taman Jepang didominasi dengan elemen serba hijau, bebatuan, kayu, dan air. Bagi kamu yang berminat menghadirkan taman Jepang di rumah, mari simak 5 desain taman Jepang yang memikat mata berikut ini sebagai inspirasi!

1. Desain taman Jepang dengan gazebo

Desain Taman Jepang dengan Gazebo

wikipedia.com

Lahan yang berukuran luas memang lebih disukai karena ada banyak elemen yang bisa diletakkan di sana. Pilihan desain taman pun bisa lebih beragam. Salah satunya seperti desain taman Jepang berikut ini yang bisa dilengkapi dengan kolam besar dan sebuah gazebo. Untuk gazebonya, buatlah bergaya Jepang dengan sifat semi terbuka dan menggunakan material kayu. Sedangkan untuk kolamnya, perbanyaklah hiasan dari batu-batu. Jangan lupa tambahkan beberapa tanaman hijau seperti pinus Jepang di beberapa sudutnya. Hasilnya sangat nyaman untuk bersantai di sore hari.

2. Desain taman Jepang dengan gerbang merah

desain taman jepang dengan gerbang merah

daviddomoney.com

Negara Jepang identik dengan sebuah gerbang berwarna merah yang disebut sebagai tori. Tori ini sebenarnya adalah gerbang dari sebuah kuil. Meski di rumahmu nanti tidak ada kuilnya, tori ini boleh saja ditambahkan sebagai elemen pelengkap taman Jepang. Kamu bisa meletakkannya di dekat kolam atau di area masuk taman. Serasa berada di Jepang, kan?

3. Desain taman Jepang dengan jembatan kayu

desain taman jepang dengan jembatan kayu

gardenvisit.com

Gerbang sudah, gazebo sudah. Sekarang saatnya untuk desain taman Jepang dengan jembatan kayu. Jembatan kayu pada desain taman Jepang ini tidak perlu terlalu besar, kamu bisa menyesuaikannya dengan luas taman yang akan dibangun. Jembatan kayu sebaiknya dibiarkan dalam warna aslinya agar taman Jepang terlihat lebih natural dan harmonis. Bagian tepi jembatan biasanya dibuat setinggi 50 cm atau sekitar paha kaki orang dewasa.

Bentuk jembatan kayu ini bisa dibuat melengkung, lurus, atau zig-zag. Untuk memperindah taman Jepang ini, tambahkan rerumputan dan aneka tanaman hijau di sekeliling jembatan.

4. Desain taman Jepang tanpa tanaman

desain taman jepang tanpa tanaman

japanesegarden.org

Ada beberapa orang yang merasa repot jika harus merawat tanaman yang ada di taman, baik karena keterbatasan waktu atau memang kurang telaten. Bagi kamu yang merasa demikian, untungnya taman Jepang tidak selalu harus memiliki tanaman. Kamu bisa membuat taman Jepang berkonsep kering, yakni hanya ada bebatuan di dalamnya.

Contohnya seperti gambar taman Jepang di atas yang hanya memiliki bebatuan besar di antara kerikil batu kecil. Lumut yang tumbuh pada batu besar tidak membuat taman terlihat kotor melainkan menambah estetika. Untuk kerikil batu kecilnya, kamu bisa membuat pola menggunakan garpu taman menjadi lingkaran atau garis-garis.

5. Desain taman Jepang dengan kolam besar

desain taman jepang dengan kolam besar

everywhereonce.com

Sebuah taman tidak melulu soal menata aneka tanaman. Kamu bisa menjadikan kolam besar berisi ikan sebagai poin utamanya. Agar semakin sempurna menuju desain taman Jepang, pilihlah ikan koi untuk menghuni kolam tersebut. Jangan lupa buatkan air terjun mini sebagai sistem pengairan kolam. Selain baik untuk ikan koi, suara air terjun ini juga bisa membuat suasana menjadi lebih asri dan cocok untuk menemani momen relaksasi.

Demikian 5 desain taman Jepang yang memikat mata. Apakah kamu tertarik untuk menerapkannya di taman rumah sendiri?

Cari Artikel Lainnya