0
19
0
Kebiasaan Buruk yang Berdampak pada Punggung
2 weeks 'ago'

Setiap kita duduk, terkadang kita merasa sakit punggung yang datang tanpa di sadari. Hal tersebut terjadi karena kebiasaan kita yang kurang baik seperti beraktivitas yang berlebihan yang berakibat rasa nyeri pada punggung, leher dan bahu. Jika kebiasaan yang kurang baik ini dilakukan berulang, maka akan mengakibatkan luka /peradangan dan masalah pada punggung. Kebiasaan ini akan berpengaruh juga pada posisi tulang anda apalagi saat masa pertumbuhan. Bisa jadi akan terkena penyakit tulang seperti rakhitis bahkan osteoporosis. Berikut kebiasaan yang kurang baik bagi kita sehingga menggangu punggung.

1. Mengangkat barang yang berat

Inilah salah satu kesalahan yang fatal yaitu kesalahan mengangkat barang yang berat dengan posisi mengangkat barang yang salah dan akibatnya adalah punggung menjadi cedera dan bisa menjadi luka. Untuk menghindari cedera terjadi, sebaiknya anda coba selalu menekuk lutut saat anda saat mengambil sesuatu dalam posisi membungkuk serta saat mengangkat beban, usahakan menjaga beban tetap dekat dengan tubuh untuk mengurangi tekanan.

2. Berpergian jauh

Jika anda suka berpergian jauh, maka ini mimpi buruk bagi punggung anda apabila jarang beristirahat sejenak dan akibatnya postur punggung bisa berubah dan mengakibatkan nyeri pada punggung. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya diberikan sandaran kepala pada saat mengendarai mobil agar kepala tidak merasa nyeri dan biasakan beristirahat sejenak seperti keluar dari mobil selama 10 menit dengan melakukan gerakan kecil untuk mengatasi pegal-pegal pada punggung, bahu, kepala dan kaki selama perjalanan.

3. Sofa terlalu empuk

Duduk di sofa yang terlalu empuk sebenarnya tidak baik bagi punggung meski nyaman bila diduduki karena pada saat anda duduk, anda seperti tenggelam sehingga punggung terlalu jauh kebelakang yang akan membentuk huruf C karena ligamen punggung dan cakram otot didaerah bawah punggung terjadi peregangan. Untuk mencegah hal itu terjadi, gunakanlah bantal tambahan yang disediakan di sofa supaya punggung tidak terlalu sandaran kebelakang.

4. Suka merokok

Menurut penelitian di Amerika, lebih dari 30% khususnya perokok yang berusia masih muda mudah terkena sakit punggung dan sendi lainya karena merokok mengikat oksigen dan merusak sirkulasi darah sehingga aliran darah ke tulang belakang yang berfungsi untuk memelihara cakram otot dan sendi-sendi menjadi berkurang sehingga sakit punggunglah yang terjadi.

5. Menggunakan laptop tanpa mouse

Anda yang suka mengunakan touch ipad sebaiknya kurangilah kebiasaan ini dan menggantinya dengan memakai mouse karena membuat leher dan bahu menjadi lebih ketat dan jika mengunakan laptop terlalu lama, anda akan merasa nyeri pada punggung, bahu, dan leher karena dipaksa untuk tetap tegap tanpa adanya istirahat sebentar. Lain halnya jika anda memakai mouse maka lengan, bahu dan leher anda berada diposisi yang nyaman sehingga tahan lama. Usahakan untuk tidak menggunakan laptop di sofa karena akan memberikan tekanan yang berat terhadap tulang belakang

 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow