0
14
0
5 Aplikasi Android untuk Kamu yang Hobi Bercocok Tanam
3 weeks 'ago'

 

foto: Farmis

 

 

Kemunculan smartphone turut memudahkan kehidupan seseorang. Hal ini didukung pula dengan munculnya beragam aplikasi yang dikembangkan oleh developer untuk menyokong produktivitas dari pengguna smartphone itu sendiri.

Berbagai macam aplikasi kini bisa kamu install lewat toko aplikasi, baik dari Google Play Store jika kamu pengguna Android, atau Apple App Store jika kamu pengguna iPhone. Di antara beragam aplikasi itu, berikut ini kami akan membahas aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mendukung hobimu dalam bercocok tanam.

Ya, mungkin sebagian dari kamu di sini belum banyak mengetahui jika ada aplikasi-aplikasi yang berguna dalam bercocok tanam. Aplikasi ini bisa memberikan tips, mengidentifikasi tanaman, hingga masalah yang dihadapi oleh kebanyakan orang yang bercocok tanam. Apa saja?

1. Agrobase

as

Tampilan aplikasi Agrobase. foto: AndroidAuthority

Aplikasi yang satu ini bisa kamu install secara cuma-cuma di Play Store. Agrobase sendiri diklaik menjadi aplikasi yang paling populer untuk petani dan juga ahli agronomi. Aplikasi ini menyimpan database tentang pengetahuian agronomi dengan hama, gulma, dan juga memberikan kamu katalog mengenai macam-macam penyakit dari tanaman itu sendiri.

Dengan Agrobase, kamu bisa dengan mudah mengidentifikasi penyakit pada tanaman, hingga serangga atau hama yang menyerang tanaman. Kamu juga akan diberikan solusi bagaimana mengatasinya, sehngga bisa menghemat uang untuk tidak membeli pestisida, fungsida, atau herbisida.

Agrobase sendiri sudah umum dipakai oleh para petani tanaman, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan lainnya untuk mencapai produktivitas pertanian yang lebih tinggi. Aplikasi ini sendiri telah dirancang untuk penggunaan praktis dan telah mendapat rekomendasi dari penasihat tanaman, sampai mahasiswa pertanian.

2. Insect Identifier

as

Tampilan aplikasi Insect Identifier. foto: AndroidAuthority

Serangga dan hama merupakan musuh utama dari para petani atau kamu yang hobi bercocok tanam. Untuk itu, kamu sepertinya wajib menginstall aplikasi Insect Identifier. Aplikasi ini memiliki cara kerja yang serupa dengan aplikasi identifikasi tanaman, hanya saja ini dikhususnya untuk serangga.

Cara menggunakannya mudah, kamu tinggal mengambil gambar dari serangga yang kamu temui, kemudian aplikasi ini akan mengidentifikasikannya untukmu. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui serangga apa yang sedang hinggap di tanaman kamu dan bagaimana mengatasinya.

Dalam penggarapannya, aplikasi Insect Identifier dilengkapi dengan teknik machine learning. Machine learning di aplikasi ini dikembangkan dengan bantuan para pakar, sehingga menghasilkan algoritma terbaik untuk penggunanya. Untuk mengunduh aplikasi ini, kamu perlu merogoh kocek Rp 74 ribu.

3. FlowerChecker

as

Aplikasi ini bisa bantu kamu mengidentifikasi bunga. foto: AndroidAuthority

Jika Insect Identifier bisa membantu kamu untuk mengidentifikasi serangga dan hama, maka untuk aplikasi yang satu ini, sesuai namanya, kamu bisa mengidentifikasi bunga yang kamu ingin tahu. Caranya hampir sama dengan Insect Identifier, yakni kamu tinggal foto bunga tersebut dan kirim.

Menariknya, nantinya yang akan memeriksa hasil tangkapan kamu adalah pakar tanaman. Sayangnya, aplikasi ini banyak menelan biaya. Untuk mengunduhnya saja, kamu harus merogoh kocek Rp 12 ribu. Tak cuma itu, setiap kali kamu mengirim foto untuk diidentifikasi, kamu harus merogoh kocek USD 1 atau sekitar Rp 15 ribu.

Hal ini karena proses identifikasi yang menggunakan pendapat pakar. Berbeda dengan beberapa aplikasi yang menggunakan pemrogaman komputer atau algoritma khusus. Namun, ada harga ada rupa. Aplikasi ini diklaim ampuh, bahkan kamu bisa mengetahui jenis tanaman yang tidak ada di Google sekalipun.

4. Plantix

Loading video

Plantix sendiri diciptakan untuk membantu penggunanya yang sedang ingin menumbuhkan tanaman. Aplikasi ini menawarkan banyak sekali informasi mengenai bagaimana menumbuhkan tanaman dan tumbuhan lainnya.

Aplikasi ini juga membantu kamu untuk mendiagnosa masalah, termasuk memberi informasi mengenai berbagai macam penyakit tanaman dan masalah berpotentsi lainnya. Aplikasi ini telah dipakai oleh berbagai pengguna smartphone di seluruh dunia dengan bantuan dari orang-orang yang mengerti masalah tanaman, bahkan untuk kasus lokal tertentu.

5. PlantNet Plant Identification

Loading video

Aplikasi ini digadang menjadi salah satu aplikasi tumbuhan yang populer. Cara kerjanya mirip dengan aplikasi PictuerThis. Kamu mengambil foto tumbuhan, lalu aplikasi akan mengunggah foto tersebut ke pusat layanan dan mereka akan mencoba untuk mengidentifikasi tumbuhan tersebut.

Aplikasi ini hadir dengan berbagai macam fitur tumbuhan, bunga, semak-semakan, tanaman buah, dan lainnya. Meski demikian, aplikasi ini kurang akurat bisa berurusan dengan tanaman hias.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow