Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Peluang Usaha Agribisnis Pertanian Menjanjikan Dengan Modal Kecil

5 Peluang Usaha Agribisnis Pertanian Menjanjikan Dengan Modal Kecil

- Jumat, 03 Mei 2019 | 19:06 WIB
5 Peluang Usaha Agribisnis Pertanian Menjanjikan Dengan Modal Kecil

 

Pertanian Menjanjikan Dengan Modal Kecil" />

Kondisi alam di Indonesia yang sangat mendukung dunia pertanian, membuat banyak orang tertarik untuk memulai bisnis di bidang pertanian. Peluang usaha agribisnis pertanian memang sangat menggiurkan. Terlebih lagi, bisnis agribisnis sekarang ini mengalami pertumbuhan yang pesat. Untuk memulai usaha agribisnis pertanian ini pun anda tidak perlu mengeluarkan modal besar. Dengan modal kecil, anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Hal ini menjadi inspirasi petani untuk semakin giat menggeluti usaha pertaniannya.

Para petani inspiratif telah merasakan banyak keuntungan dalam menjalankan usaha agribisnis pertanian. Selain modal kecil, anda juga akan mendapatkan waktu kerja yang relatif santai dan juga fleksibel ketika menjadikan usaha agribisnis ini sebagai usaha sampingan mendampingi pekerjaan utama yang anda lakukan. Peluang usaha agribisnis pertanian ini dicoba oleh berbagai macam kalangan, baik masyarakat biasa maupun para pengusaha dengan modal besar.

Peluang Usaha Agribisnis Pertanian

Ada berbagai peluang usaha agribisnis pertanian yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Langsung saja, berikut berbagai peluang usaha agribisnis pertanian selengkapnya untuk anda.

1. Budidaya Tanaman Obat

Peluang usaha pada agribisnis pertanian yang pertama ialah tanaman obat. Anda bisa mulai dengan melakukan budidaya tanaman obat. Hingga saat ini, minuman kesehatan seperti jamu serta obat obatan herbal masih sangat diminati konsumen. Hal inilah yang menjadi salah satu bukti nyata bahwa usaha yang berkutat dengan obat-obatan tidak akan pernah sepi. Mengingat semua orang tentu ingin hidup sehat. Adapun beberapa tanaman obat yang bisa anda budidayakan diantaranya yaitu jahe merah, bunga rosella, lidah buaya, temulawak, kunyit, rimpang rimpangan, daun sirih, dan daun mint.

2. Budidaya Rempah-Rempah

Seperti yang kita semua ketahui, Indonesia sangat dikenal dunia karena hasil rempah-rempahnya yang melimpah. Rempah-rempah ini sangat diminati oleh negara lain, seperti negara yang ada di benua Asia, Eropa, maupun Afrika. Maka dari itu, budidaya rempah-rempah ini menjadi peluang usaha yang memiliki prospek yang menjanjikan. Adapun beberapa jenis rempah-rempah yang bisa budidayakan diantaranya yaitu bawang merah, lengkuas, dan jahe.

3. Menjual Bibit Tanaman

Peluang usaha agribisnis selanjutnya ialah menjual bibit tanaman. Usaha menjual bibit tanaman ini bisa anda lakukan secara online maupun langsung. Bibit tanaman yang bersifat tidak terlalu berat sehingga bisa dikirim via kurir ekspedisi. Untuk bisa sukses menjalankan usaha agribisnis pertanian ini, anda harus memahami teknik menghasilkan bibit tanaman yang berkualitas. Dengan begitu, para pelanggan yang telah membeli bibit tanaman dari anda tidak akan merasa dirugikan.

4. Budidaya Tanaman Buah Produksi

Budidaya tanaman buah produksi hanya membutuhkan modal yang kecil. Anda dapat menanam jenis tanaman buah produksi yang murah bibit alias mudah diperoleh di daerah anda. Dalam memulai budidayanya, alangkah baiknya anda memilih tanaman buah yang murah dan mudah dirawat. Adapun tanaman buah yang bisa anda budidayakan yaitu kedondong, pisang, jeruk, dan buah naga.

5. Budidaya Hidroponik Sayuran Organik

Peluang usaha yang satu ini bisa juga dilakukan pada lahan yang sempit. Pasalnya, budidaya sayuran organik dengan sistem hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas. Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah dan mulai menanam berbagai jenis sayuran organik secara hidroponik. Mulailah untuk lebih target ke pasar menengah atas. Dengan menyasar pasar menengah atas, maka keuntungan yang bisa anda peroleh dapat lebih tinggi. Dengan begitu, kesempatan untuk berkembang menjadi lebih cepat.

Cari Artikel Lainnya