Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Strategi dan Cara Sukses Menjadi Juara Kelas

Strategi dan Cara Sukses Menjadi Juara Kelas

- Jumat, 03 Mei 2019 | 12:20 WIB
Strategi dan Cara Sukses Menjadi Juara Kelas
Banyak cara menuju pintar, menjadi juara kelas, dan mudah memahami ilmu di kelas. Paling utama kita harus belajar, itu wajib sebagai pelajar. Senang atau tidak, kita memang dituntut untuk menguasai setiap mata pelajaran yang ada. Terserah kita mau mempelajari bidang apa, perlu diingat bahwa semua ilmu yang kita pelajari pasti ada gunanya.
 
Kalian banyak yang nyeloteh "banyak belajar banyak lupa, jarang belajar jarang lupa, apalagi nggak belajar nggak lupa". Jelas itu perkataan orang yang malas belajar. Yang benar, ketika belajar justru melatih prosesor otak kita. Makin banyak berlatih, makin baik hasilnya.
 
Adapun strategi dan cara yang kita siapkan agar kita sukses  menjadi juara kelas akan dirangkum dalam ulasan berikut :
 
strategi,cara,sukses,juara kelas
1.Membaca pelajaran secara menyeluruh, dan pahami isinya seperti kita membaca koran dan menonton siaran TV yang dengan mudah kita mengingat jalan ceritanya.

2.Belajar dengan menghafal maksud, lebih mengidentifikasikan poin-poin penting, memahami berbagai rumus, mempelajari tingkat pemahaman, giat menyusun berbagai pertanyaan, jangan mudah goyah, selalu mengecek ulang apa yang kamu hafal, dan membuat catatan kecil yang menarik.

3. Konsentrasi dengan semua pengetahuan yang dipelajari, latihan untuk menghafal, latihan untuk berdiskusi, latihan mengerjakan soal yang ada, bahkan latihan mengarang atau berpikir kreatif

4.Hilangkan sifat kejenuhan dan bosan terhadap semua materi pelajaran dan kegiatan.

5. Bersifat terus menerus dan sabar dalam belajar
 
6. Hindari rasa malas dan tidak konsisten

7.Lengkapi semua catatan dan buku yang kita miliki, pelajarilah makna atau isi buku tersebut.

8. Senang terhadap mata pelajaran, senang terhadap guru, suka terhadap model penyampaian guru, bangun komunikasi yang baik dengan guru dan teman-teman

9. Tentukan prioritas dalam segala hal (belajar, diskusi, atau kegiatan lain)

10. Hindari pergaulan dan perkataan negatif

11. Hindari semua permasalahan, baik masalah kesehatan, emosi negatif, dan problematika keluarga yang dapat mengganggu pikiran dan melemahkan daya ingat.
 
Sebelum kita memulai belajar dan memperbaiki cara belajar, kita harus melakukan persiapan-persiapan dengan baik, yaitu sebagai berikut :

1. Mengetahui tempat dan waktu yang sesuai, dimana saja dan kapan saja

2. Menata dan menyiapkan buku buku sebaik mungkin

3. Kondisi kesehatan dan kejiwaan juga perlu diperhatikan, jangan sampai belajar dalam kondisi banyak masalah, atau dalam kondisi badan lelah

4. Belajar dari cara yang santai dan lambat ke cara yang serius, teratur, dan cepat.
 
Semua siswa pasti ingin menjadi yang terbaik dalam kelas, bukan? Perasaan senang ketika menjadi juara kelas adalah suatu kenikmatan tersendiri. Bangga, sudah pasti! Kita semua pasti bisa dan memiliki kesempatan untuk menjadi yang terbaik.
Cari Artikel Lainnya