Home » Kongkow » Tips & Trik » 7 Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Demi Kemajuan Karier

7 Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Demi Kemajuan Karier

- Jumat, 03 Mei 2019 | 10:06 WIB
7 Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Demi Kemajuan Karier

Apa pun jenis bidang yang kamu tekuni, kemampuan komunikasi dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan. Kamu perlu berkomunikasi dengan orang-orang yang terlibat dalam perusahaan untuk dapat memenuhi deadline, mendiskusikan target, bahkan membangun hubungan yang baik antarsesama rekan kerja.

Seorang pemimpin yang baik juga harus mampu menyampaikan tujuannya melalui komunikasi yang efektif. Inilah sebabnya kemampuan komunikasi amat penting bagi kamu yang sedang mendaki tangga karier.

Berikut adalah 7 cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan ini.

1. Jadilah pendengar yang baik

Kemampuan mendengar akan membantumu dalam memahami maksud orang lain sekaligus menunjukkan bahwa kamu menghargai mereka. Semakin orang lain merasa dihargai, semakin mudah bagimu membangun hubungan baik dengan mereka.

Agar kemampuan komunikasimu berkembang, cobalah untuk lebih banyak mendengarkan dibandingkan berbicara. Dengan mendengarkan secara saksama, kamu dapat memberikan tanggapan yang baik kepada lawan bicara.

2. Pahami dengan siapa kamu bicara

Salah satu hal utama yang perlu kamu lakukan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi adalah memahami siapa lawan bicaramu. Latar belakang yang berbeda tentu membentuk karakter yang juga berbeda.

Ini akan memengaruhi cara kamu berkomunikasi dengan semua orang, mulai dari bahasa yang kamu gunakan hingga apa yang akan kamu ceritakan. Menyesuaikan caramu berkomunikasi dengan latar belakang lawan bicara akan membantumu membangun hubungan baik dengan mereka.

3. Menunjukkan bahasa tubuh yang baik

Bahasa tubuh menggambarkan emosi dan perasaan saat kamu berbicara. Bahkan, gerak-gerik tubuh yang muncul tanpa disadari dapat menampilkan emosi yang sebenarnya tidak ingin kamu tunjukkan. Misalnya, gestur tidak nyaman atau tidak percaya diri.

Untungnya, kamu bisa melatih bahasa tubuhmu sendiri. Cobalah membiasakan diri dengan mengatur posisi duduk dan berdiri agar tetap tegak. Posisi ini akan membuat kamu semakin tampak percaya diri. Jangan lupa, pertahankan kontak mata pada saat yang tepat untuk menunjukkan bahwa kamu juga tegas.

kemampuan komunikasi - EKRUT

4. Berbicara langsung ke intinya

Orang yang banyak berbicara belum tentu memiliki kemampuan komunikasi yang baik bila bicaranya selalu bertele-tele. Kemampuan yang baik justru dimiliki oleh mereka yang mampu menyampaikan inti perbincangan secara lugas dan efektif.

Ini bukanlah kemampuan yang mudah, tapi tidak mustahil untuk diasah. Sebelum berbicara, cobalah untuk memikirkan apa yang akan kamu katakan. Bayangkan pula alasan mengapa kamu berkomunikasi dengan lawan bicaramu serta apa inti dari hal yang akan kamu sampaikan.

5. Ketahui waktu dan tempat yang tepat untuk berbicara

Memiliki selera humor yang baik memang dapat membantu kamu dalam menjalin komunikasi. Namun, ingatlah bahwa komunikasi yang dilakukan dengan jenaka tidak selalu bisa dilakukan di tempat kerja.

Begitu pula ketika kamu hendak menyampaikan suatu topik di tengah-tengah diskusi yang serius. Ketahui kapan waktu yang tepat bagimu untuk membawa topik tersebut. Kenali pula apakah lawan bicaramu adalah orang yang tepat untuk membicarakannya.

6. Awali dan akhiri percakapan dengan topik yang kamu bahas

Aspek lain yang tidak kalah penting dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi adalah mampu menyampaikan maksud secara efektif. Caranya adalah menghindari pembicaraan bertele-tele dan fokus membahas inti topik.

Kemampuan ini amat penting, khususnya saat kamu mempresentasikan suatu topik. Sampaikan topik yang akan kamu bahas pada awal presentasi agar audiens mendapatkan gambaran mengenai topik tersebut. Kemudian, rangkum kembali apa yang telah kamu jelaskan agar mereka semakin memahaminya.

kemampuan komunikasi - EKRUT

7. Meminta masukan dan saran

Masukan, saran, bahkan kritik dari rekan kerja dan manajer amat penting untuk mengembangkan kemampuan komunikasi. Pasalnya, mereka adalah orang-orang yang dapat melihat potensi dan kelemahan yang tidak kamu sadari.

Kembangkanlah setiap masukan positif yang kamu terima. Di saat yang sama, teruslah berusaha untuk memperbaiki kelemahan pada cara kamu berkomunikasi. Bila perlu, kamu dapat meminta bantuan rekan kerja untuk memperbaiki kelemahan tersebut.

Kemampuan komunikasi memegang peran penting dalam menjajaki tangga karir. Meskipun tidak semua orang memiliki kemampuan berkomunikasi yang mumpuni, kamu selalu bisa melatihnya melalui interaksi dengan orang lain.

Saat berkomunikasi, jangan lupa untuk menggunakan bahasa nonverbal seperti postur tubuh dan gestur yang sesuai. Dengarkan pula tanggapan orang lain untuk memastikan bahwa mereka memahami apa yang kamu sampaikan.

Cari Artikel Lainnya