Home » Kongkow » Kesehatan » Bahaya, 9 Makanan Ini Gak Boleh Dikonsumsi Setelah Minum Obat Lho!

Bahaya, 9 Makanan Ini Gak Boleh Dikonsumsi Setelah Minum Obat Lho!

- Jumat, 03 Mei 2019 | 05:21 WIB
Bahaya, 9 Makanan Ini Gak Boleh Dikonsumsi Setelah Minum Obat Lho!

Asupan nutrisi seimbang sangat dibutuhkan oleh tubuhmu sebagai sumber energi, terutama saat sakit. Meski sangat penting untuk pemulihan energi tubuhmu, ternyata ada beberapa makanan yang justru pantang kamu konsumsi setelah minum obat.

Hal ini dikarenakan kandungan dalam makanan tersebut dapat merusak fungsi utama obat dan menimbulkan efek samping yang berkepanjangan. Nah, berikut ini sembilan makanan yang harus sungguh-sungguh kamu hindari jika ingin segera sembuh.

1. Susu

worldatlas.com

Kalau kamu sedang mengonsumsi obat antibiotik, maka susu jadi minuman utama yang harus kamu hindari. Susu akan membuat penyerapan antibiotik jadi melambat dan justru dapat berdampak negatif bagi tubuh.

2. Teh

drinkpreneur.com

Kandungan tanin pada teh dapat merusak fungsi obat. Jika tetap ingin mengonsumsi teh, tunggulah 2-3 jam setelah meminum obat.

3. Sayuran hijau

naturalhealth365.com

Meski sehat, tetapi sayuran tetap membawa dampak buruk kalau langsung dikonsumsi setelah minum obat. Terlebih jika kamu baru saja meminum obat jenis warfin untuk mencegah pembekuan darah.

4. Pisang 

metro.co.uk

Kamu sering minum obat diselingi pisang untuk menghilangkan rasa pahit? Mulai sekarang hindari hal tersebut. Sebab,  kandungan kalium pada pisang akan mengganggu fungsi obat dan efeknya menyebabkan denyut jantung tidak teratur.

5. Kayu manis

 

6. Salmon

cooking.nytimes.com

Lezat dan menggugah selera, tahan dulu hasratmu untuk makan salmon setelah minum obat anti depresi. Salmon kaya akan tiramin yang akan bertentangan dengan asam amino pada obat.  Kalau kamu masih nekat, dampaknya bisa menyebabkan darah tinggi dan serangan jantung, lho.

7. Cokelat

inpathybulletin.com

Cokelat memiliki kandungan kafein dan theobromine yang menyebabkan emosi tidak stabil atau merasa lemas jika dikonsumsi setelah minum jenis obat ritalin.

8. Jeruk

rd.com

Jika kamu sedang mengonsumsi obat penurun tekanan darah, maka memakan jeruk setelah minum obat adalah kegiatan yang sangat keliru. Sebab, jeruk akan memberikan perlawanan terhadap obat dengan meningkatkan tekanan darah.

9. Kopi

dailycoffeenews.com

Kafein dalam tubuh dapat menimbulkan efek stimulan. Penderita asma yang sedang menjalani perawatan dengan obat sebaiknya menghindari kopi dalam waktu tertentu.

Walau sembilan makanan di atas merupakan menu kesukaanmu, tapi demi kesehatan, kamu harus menghindarinya dulu deh. Ingat, pemulihanmu lebih penting dari apa pun.

Cari Artikel Lainnya