0
19
0
Makanan Sehat Ini Bisa Meringankan Stres
3 weeks 'ago'

Stres bisa datang kapan saja, dan di mana saja. Apalagi, sebuah studi dari Carneigh Mellon University menyebutkan bahwa stres dapat menurunkan sistem imun tubuh, dan akhirnya menimbulkan penyakit. Akibatnya, aktivitas kita pun jadi terganggu. Namun tidak perlu khawatir dan bertambah stres karena sebenarnya ada cara sederhana yang dapat Anda mulai biasakan mulai dari sekarang, dan yang perlu Anda lakukan hanyalah makan! Ada beberapa makanan yang telah terbukti untuk membantu dalam mengurangi tingkat stres. Jika Anda makan beberapa dari jenis makanan itu secara teratur, maka kemungkinan besar Anda akan menjadi lebih tenang.

Perlu diketahui juga bahwa jenis makanan penghilang stres ini dikemas dengan bahan kimia alami yang dapat melakukan hal-hal seperti meningkatkan serotonin dan mengurangi tingkat hormon stres dengan cara merangsang seperti kortisol dan adrenalin. Setelah tingkat stres Anda menurun secara keseluruhan, maka otomatis tubuh Anda juga akan memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat, menurunkan tekanan darah, serta energi menjadi lebih sehat.

Berikut beberapa jenismakanan yang bisa mengurangi stres:
1. Bayam

Bayam mengandung kadar magnesium yang tinggi sehingga dapat membantu dalam memerangi kelelahan yang berhubungan dengan stres dan sakit kepala. Bayam juga mengandung serat yang akan meningkatkan energi alami pada tubuh Anda.

2. Jeruk
Jeruk memiliki tingkat vitamin C yang tidak hanya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi juga telah dikenal dalam menurunkan tingkat stres. Pada sebuah penelitian di Jerman yang dilakukan pada tahun 2003, dalam sebuah ujian yang diikuti oleh 120 orang, setengah dari mereka diberikan 1.000 miligram vitamin C dan terbukti bahwa kortisol dalam tubuh mereka menjadi lebih rendah dibandingkan yang tidak diberikan vitamin C.

3. Lemak Ikan
Asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan adalah nutrisi kuat yang dapat meningkatkan serotonin, dan Anda dapat menemukannya dalam limpahan ikan berlemak seperti salmon dan tuna. Omega-3 benar-benar bekerja untuk mencegah lonjakan hormon stres, melawan penyakit jantung, depresi, serta sindrom pra menstruasi (PMS). Bahkan ada studi yang mengatakan bahwa omega-3 dapat menurunkan tingkat kecemasan yang berhubungan dengan kehamilan.

4. Coklat Hitam
Jika Anda salah satu penggemar coklat maka Anda dapat memanfaatkannya dengan baik dalam mengurangi stres yang Anda alami. Hal ini juga telah diperkuat dengan sebuah studi yang dilakukan pada 2009 di Swiss dimana orang-orang yang memiliki stres diberikan coklat hitam untuk dikonsumsi selama 2 minggu. Pada akhirnya, mereka memiliki tingkat stres yang menjadi lebih rendah secara signifikan dari hormon stres kortisol dan katekolamin. Coklat hitam juga dikenal untuk melepaskan endorfin di otak Anda.

5. Oatmeal
Meskipun karbohidrat kompleks dapat membantu dalam merilis serotonin dalam tubuh Anda, tetapi biji-bijianlah yang terbaik karena biji-bijian membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga efeknya juga akan bertahan lebih lama. Salah satunya adalah oatmeal karena juga memiliki kadar magnesium dan kalium yang tinggi yang dapat membuat tekanan darah menjadi yang lebih rendah.

Makanan di atas hanya untuk menghindari dan mengurangi stres Anda. Dengan cara ini Anda dapat hidup damai tanpa beban lagi.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow