999 +
0
25
0
5 Tips Jitu Menulis Puisi yang Indah
3 weeks 'ago'

Tips menulis puisi memang dibutuhkan terutama bagi pemula, agar bisa menghasilkan bait-bait indah yang mampu menggetarkan hati pembaca!

Tidak sedikit orang yang merasa pesimis bila harus mulai untuk belajar menulis puisi yang indah. Pasalnya, mereka berpikir kemampuan menulis adalah bakat, meskipun mereka mampu menulis novel atau cerpen. Padahal, menulis puisi yang indah bisa dipelajari, meskipun tidak gampang.

Nah, inilah 5 tips menulis puisi agar bisa tampil lebih indah.

  1. Tema Puisi

Dalam membuat puisi, tema menjadi hal yang paling penting. Pasalnya, tema ini jika kamu tulis terlalu sering, akan membuat hasilnya kurang maksimal bahkan membosankan. Hal ini disebabkan seseorang memiliki keterbatasan dalam berimajinasi dan berkreasi.

Jadi, kita harus berani memilih tema yang bervariasi agar menambah keasyikan dalam menulis puisi yang indah. Sedangkan judul puisi disesuaikan dengan tema dan makna yang diusung. Pilihan katanya juga sangat penting karena dapat memengaruhi pembaca.

  1. Rima

Rima atau pengulangan kata bisa terasa membosankan dan membuat puisi kita kurang berkualitas. Jadi, usahakan untuk mencari padanan kata yang bervariasi yang lebih indah dan cocok untuk diselipkan. Oleh karenanya, penggunaan rima ini bisa merangsang kreativitas kita.

  1. Diksi

Diksi berarti pemilihan kata menjadi keunikan puisi yang kita buat dan ini tergantung selera kita. Tidak sedikit puisi yang indah menggunakan diksi yang sederhana, sering digunakan sehari-hari, dan familier. Sebaliknya, ada juga puisi bagus yang memakai kata yang asing di telinga. Jadi, lebih baik mengikuti kata hati untuk mengungkapkannya tergantung gaya kita.

  1. Bait

Bait adalah kumpulan baris atau larik yang tersusun rapi dalam puisi. Bait ini digunakan oleh penulis puisi untuk berganti topik puisi. Dahulu, puisi dibatasi dalam satu bait terdiri dari empat larik. Saat ini puisi baru cenderung lebih bebas dan tidak ada batasan tertentu.

  1. Penutup

Pilihlah akhir  puisi yang dramatis sebagai penutup, sehingga  akan lebih mengenai sasaran. Terapkan taktik bahwa hal terbaik akan dimunculkan di akhir puisi.

Nah, itulah 5 tips menulis puisi yang bisa kamu aplikasikan. 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow