999 +
0
290
0
Sebutan Nama Lain Planet – Planet
3 months 'ago'

Sebutan Nama Lain Planet yang akan diulas pada halaman ini merupakan sebutan atau nama lain dari planet – planet yang ada di tata surya. Setidaknya ada delapan planet yang ada dalam tata surya yang mengelilingi matahari. Kedelapan planet tersebut meliputi planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Selain mempunyai nama yang telah disebutkan, planet dalam tata surya juga  Apa sebutan nama lain planet – planet tersebut? Simak kumpulan sebutan nama untuk masing – masing planet pada bahasan ini.

Sebelum membahas lebih jauh tentang sebutan nama lain planet, apakah kalian sudah mengetahui apa itu sistem tata surya? Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek tersebut juga meliputi delapan planet yang mengelilingi matahari beserta dengan benda langit lainnya seperti asteroid, satelit, dan lain sebagainya. Planet dalam tata surya beredar mengelilingi matahari sesuai dengan garis edarnya yang disebut orbit. Setiap planet memiliki keunikan masing – masing. Sehingga masing – masing planet memiliki julukan atau sebutan nama lain planet.

Sebutan Nama Lain Planet

Apa saja sebutan lain nama planet? Simak uraian masing – masing sebutan nama planet untuk pada pembahasan berikut.

Sebutan untuk Planet Merkurius

Urutan pertama dari sistem tata surya untuk planet – planet yang mengelilingi matahari adalah Planet Merkurius. Jarak planet merkurius paling dekat dengan matahari dari pada planet – planet lain yang juga mengelilingi matahari. Sehingga planet Merkurius mendapat julukan sebagai planet terdekat dengan matahari. Jarak planet Merkurius yang paling dekat dengan matahari membuat planet Merkurius memiliki kala revolusi tercepat dalam sistem tata surya. Ukuran planet Merkurius paling kecil dibanding planet – planet lain dalam sistem tata surya. Dan planet Merkurius tidak memiliki satelit.

Karakteristik planet Merkurius membuat planet Merkurius memiliki beberapa julukan atau sebutan nama lain untuk planet Merkurius.

Penjelasan sebutan nama lain planet Merkurius dapat disimak melalui bahasan di bawah.

  1. Planet terdekat dengan matahari

    Jarak planet Merkurius dari matahari sejauh sekitar 57,91 juta km. Dengan jarak ini, planet Merkurius disebut sebagai planet terdekat matahari. Jarak planet Merkurius yang cukup dekat dengan matahari membuat planet Merkurius memiliki suhu yang cukup panas, yaitu sekitar 90oK sampai 700oK atau – 180oC sampai 480oC.

  2. Planet dengan kala revolusi tercepat

    Karena jarak planet Merkurius paling dekat dengan matahari, kondisi ini membuat planet merkurius memiliki kala revolusi tercepat. Lama waktu yang dibutuhkan planet Merkurius untuk mengelilingi matahari adalah 88 hari. Sedangkan kala rotasi planet Merkurius adalah 59 hari.

  3. Planet terkecil

    Planet Merkurius memiliki diameter 4879,4 km. Dengan diameter seperti itu, ukuran planet merkurius adalah 40% lebih kecil daripada Bumi dan 40% lebih besar dari Bulan.

  4. Planet yang tidak memiliki satelit

    Tidak ada satelit alami yang berada di planet Merkurius. Selain itu, planet Merkurius tidak memiliki atmosfer. Diketahui juga bahwa Merkurius tidak memiliki atmosfer yang melindunginya dan permukaan planet Merkurius memiliki kawah.

Sebutan Nama Lain Planet Venus

Planet dengan urutan kedua terdekat dari matahari adalah planet Venus. Planet yang memiliki jarak terdekat dengan planet Bumi adalah planet Venus. Karakteristik planet Venus yang meliputi ukuran, gravitasi, dan komposisi hampir mirip dengan planet Bumi. Sehingga, planet venus sering disebut sebagai kembaran bumi.

Meskipun demikian, terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara planet Venus dan Bumi. Perbedaan antara keduanya terletak pada permukaan planet Venus yang sangat berbeda dengan Bumi. Atmosfer tebal planet Venus terdiri dari 96,5% karbon dioksida dan 3,5% nitrogen. Berdasarkan karakteristik yang dimiliki planet Venus, ada beberapa julukan atau sebutan nama lain planet Venus.

Alasan pemberian julukan atau sebutan nama lain planet venus dijelaskan seperti ulasan berikut.

  1. Planet Putih

    Planet venus memiliki nama lain planet putih karena permukaan planet venus berwarna putih atau terang. Sifat warna putih (albedo) yang besar pada planet Venus disebabkan karena banyak awan. Awan yang berada pada planet Venus berasal dari pembakaran gas asam sulfat.

  2. Bintang Kejora

    Planet Venus disebut sebagai bintang kejora karena dapat terlihat sangat terang tanpa menggunakan alat bantu penglihatan. Waktu yang paling tepat untuk melihat planet Venus adalah saat pagi dini hari atau sore sesaat setelah terbenam matahari.

  3. Bintang Fajar (Bintang Timur)/Bintang Senja (Bintang Barat)

    Planet Venus mencapai tingkat kecerahan maksimal sesaat sebelum terbit dan sesudah terbenam matahari. Kecerahan planet Venus sesaat sebelum terbit matahari membuat planet Venus dijuluki sebagi Bintang Fajar atau Bintang Timur. Sedangkan kecerahan planet Venus sesudah terbenam matahari membuat planet Venus dijuluki sebagai Bintang Senja (Bintang Barat).

  4. Arah rotasi Venus searah jarum jam

    Semua planet dalam tata surya, kecuali planet Venus, memiliki arah rotasi berlawanan arah jarum jam. Sedangkan Venus memiliki arah rotasi searah jarum jam yang sering disebut sebagai retrograde. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan kutub rotasi Venus di mana kutub utara ada di selatan dan kutub selatan ada di utara. Posisi kutub utara dan kutub selatan yang bertukar ini menyebabkan arah rotasi Venus berbeda dengan planet lain, yaitu searah jarum jam.

  5. Planet Terpanas

    Komposisi atmosfer yang dimiliki planet Venus terdiri dari 96,5% karbon dioksida dan 3,5% nitrogen. Padatnya atmosfer dengan kandungan karbon dioksida menyebabkan planet Venus mengalami efek rumah kaca. Panas matahari yang diserap oleh atmosfer Venus dipantulkan kembali ke permukaan planet Venus. Panas yang terperangkap pada permukaan Venus inilah yang membuat planet Venus sangat panas.

  6. Planet dengan kala rotasi terlama

    Planet venus memiliki kala rotasi yang lebih lama daripada kala revolusinya. Kala revolusi planet venus adalah 225 hari, sedangkan kala rotasi planet venus adalah 243 hari.

Sebutan Nama Lain Planet Bumi

Planet Bumi adalah planet urutan ketiga yang terdekat dari matahari dalam sistem tata surya. Ukuran planet Bumi adalah yang terbesar kelima. Bentuk bumi berupa bola yang bentuknya tertekan pipih di sepanjang sumbu dari kutub ke kutub. Akibatnya pada bagian sekitar khatulistiwa terdapat tonjolan.  Kala rotasi bumi adalah 23 jam 57 menit dan kala revolusi Bumi adalah 365,242 hari. Bumi memiliki satu satelit alami, yaitu bulan. Bumi memiliki diameter 12.756,3 km. Permukaan planet Bumi meliputi lebih dari 70% berupa lautan.

Alasan mengapa planet Bumi disebut sebagai planet Biru akan dijelaskan berikut.

  1. Planet Biru

    Dari luar angkasa, planet Bumi tampak berwarna biru. Penampakan planet Bumi yang berwarna biru itu disebabkan oleh bumi yang didominasi oleh lautan. Selain itu, faktor lain yang membuat planet Bumi berwarna tampak biru adalah kondisi atmosfernya.

Sebutan Nama Lain Planet Mars

Urutan berikutnya dari planet dalam tata surya adalah planet Mars, menempati urutan keempat dari planet dengan jarak terdekat dengan matahari. Planet Mars tampak berwarna kemerah – kemerahan karena keberadaan besi (III) oksida pada permukaan planet Mars. Sebutan nama lain planet Mars dan alasannya dapat disimak pada bahasan di bawah.

  1. Planet Merah (Lintang Joko Belek)

    Posisi planet Mars berada di langit Timur selepas petang hari. Karakteristik yang paling mencolok dari planet Mars adalah warnanya yang merah. Warna planet Mars ini kemudian menjadi alasan planet Mars di Jawa mendapat julukan Lintang Joko Belek. Dalam Bahasa Jawa, belek merujuk pada warna merah.

Sebutan Nama Lain Planet Yupiter

Planet Yupiter adalah planet terdekat kelima dari Matahari dalam sistem tata surya. Jarak planet Yupiter dengan Matahari adalah 778,3 juta km. Ukuran planet Yupiter memiliki panjang diameter sebesar 142.860 km. Dengan ukuran tersebut, planet Yupiter menjadi planet terbesar dalam sistem tata surya. Planet Yupiter dikenal juga sebagai raja planet dan planet dengan kala rotasi paling cepat.

Alasan sebutan nama lain planet Yupiter dapat disimak pada uraian bahasan di bawah.

  1. Planet terbesar

    Planet Yupiter diketahui memiliki panjang diameter sebesar 142.860 km. Ukuran diameter planet Yupiter ini sama dengan lebih dari sepuluh kali ukuran bumi.

  2. Raja Langit

    Sebutan raja langit untuk planet Yupiter dikarenakan planet Yupiter adalah planet terbesar dalam tata surya. Dengan ukuran yang dimiliki planet Yupiter, julukan tubuh raksasa juga sering diberikan kepada planet yupiter.

  3. Planet dengan kala rotasi tercepat

    Kala revolusi planet Yupiter adalah 11,86 tahun. Sedangkan kala rotasi planet Yupiter adalah 10 jam. Dengan lama kala rotasi ini, planet Yupiter memiliki kala rotasi tercepat dari planet lain dalam tata surya.

Sebutan Nama Lain Planet Saturnus

Planet Saturnus cukup mudah dikenali karena memiliki cincin yang mengelilinginya. Ukuran planet Saturnus adalah kedua terbesar dalam sistem tata surya setelah planet Yupiter. Alasan sebutan nama lain planet Saturnus akan dibahas pada uraian di bawah.

  1. Planet terindah

    Sebutan planet terindah untuk planet Yupiter dikarenakan adanya cincin yang mengelilinginya. Bentuk cincin pada planet saturnus berupa benda langit dan lapisan es.

Sebutan Nama Lain Planet Uranus

Planet dengan urutan ketujuh dalam tata surya adalah planet Uranus. Jarak planet Uranus dari matahari adalah 2,871 miliar km. Planet Uranus memiliki 27 satelit alami. Dari 27 satelit alami yang dimiliki planet uranus, ada lima satelit utama yaitu ariel, oberon, titania, miranda, dan umbriel. Planet Uranus juga memiliki cincin yang mengelilinya. Namun, bentuk cincin pada planet Uranus terlihat samar, tidak tampak se jelas pada planet Saturnus.

Sebutan nama lain planet Uranus dan alasannya dapat disimak pada pembahasan di bawah.

  1. Saudara Kembar planet Neptunus

    Planet Uranus dan Neptunus memiliki bentuk, warna, dan ukuran yang sangat mirip. Sehingga planet Uranus sering disebut sebagai saudara kembar planet neptunus.

  2. Planet terdingin

    Planet Uranus memiliki suhu terendah yang tercatat di tropopause Uranus pada kisaran 49oK atau – 224oC. Besarnya suhu yang tercatat pada planet Uranus menjadikan planet Uranus sebagai planet terdingin dalam tata surya.

Sebutan Nama Lain Planet Neptunus

Urutan planet terakhir dalam tata surya ditempati oleh planet Neptunus. Jarak antara planet Neptunus dengan Matahari adalah sekitar 4,5 miliar km. Planet Neptunus memiliki 8 satelit alami, empat satelit alami yang paling dikenal adalah triton, proteus, nereid, dan larissa. Karakteristik yang dimiliki planet Neptunus membuat planet ini memiliki sebutan nama lain.

Sebutan nama lain planet Neptunus beserta alasannya dijelaskan pada bahasan di bawah.

  1. Planet pembuat ulah

    Planet neptunun mendapat sebutan planet pembuat ulah karena planet Neptunus suka memotong garis orbit planet lain.

  2. Planet dengan kala revolusi terlama

    Jarak planet Neptunus yang paling jauh dari matahari membuat planet Neptunus memiliki kala revolusi terlama dari sistem tata surya. Lamanya waktu yang dibutuhkan planet Neptunus untuk mengelilingi matahari dalam satu putara adalah 165 tahun. Sedangkan kala rotasi planet Neptunus cukup cepat, lebih cepat dari planet Bumi, yaitu 16 jam.

Sekian ulasan materi tentang sebutan nama lain planet yang dalam sistem tata surya. Meliputi sebutan nama lain planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow