Home » Kongkow » Tips & Trik » 5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Dengan Mudah

5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Dengan Mudah

- Selasa, 30 April 2019 | 12:00 WIB
5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Dengan Mudah

Rasa malas bisa saja muncul tiba-tiba atau bertahap, dan cenderung tidak kita sadari. Tanpa terasa, dampaknya malah berkepanjangan dan mengganggu kinerja maupun motivasimu.

Kemalasan bahkan tidak hanya akan memengaruhi produktivitas bekerja, tapi juga semangat dalam menikmati hobi. Nah, bagaimana sebenarnya cara menghilangkan rasa malas bekerja dengan tepat dan mudah?

1. Mencari tahu penyebab utamanya

Kemunculan rasa malas memang sulit dibendung. Bila mengalaminya, kamu sebaiknya mencari tahu apa penyebab di baliknya terlebih dulu.
Luangkan sedikit waktumu untuk introspeksi diri agar kamu bisa tahu pasti faktor yang memicu rasa malasmu. Rasa lelah, kewalahan, atau bahkan takut mungkin saja menjadi dalang di balik rendahnya motivasimu untuk beraktivitas.

Kamu bisa memulai proses tersebut dengan mencatat aktivitas harian yang kamu lakukan, setidaknya selama 1 minggu. Aktivitas ini akan membuatmu lebih mudah mendeteksi kegiatanmu dan menemukan pola yang mungkin menjadi celah kemalasanmu.

Apabila rasa malas muncul karena rasa lelah, beristirahatlah sejenak dan fokuskan diri untuk rileks. Dan jika penyebabnya adalah kewalahan karena terlalu banyaknya tugas, ada baiknya kamu mundur sesaat guna mengatur prioritasmu dan mengatasinya satu per satu.

2. Berpikir positif agar kembali bersemangat

Pikiran negatif adalah musuh besar yang harus senantiasa kita basmi. Kemalasan tidak jarang berujung pada munculnya rasa bersalah dan pesimis karena kamu merasa gagal dan tidak menghasilkan apapun.

Cari tahulah cara menghilangkan pikiran negatif, dan mulailah berpikir positif dengan menyemangati diri bahwa kamu bisa menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan hari ini juga. Jangan menunda-nunda pekerjaan yang bisa kamu kerjakan. Bila kamu tidak memulainya, tidak akan ada yang selesai!

3. Mengatur Jadwal

Selain menghilangkan celah untuk bermalas-malasan, cara menghilangkan rasa malas selanjutnya juga dapat dilakukan dengan mengatur jadwal untuk rutinitas harianmu. Biasakan diri untuk membuat catatan agar kamu bisa lebih disiplin dan terorganisir.

Bila perlu, berikan batas waktu atau deadline pada diri sendiri dalam menyelesaikan suatu kegiatan maupun pekerjaan. Tidak hanya terbatas pada rutinitas di kantor, tapi juga aktivitas pribadi. Contohnya waktu yang kamu habiskan untuk makan atau menelusuri sosial media.

4. Menyusun prioritas dan waktu

Jika harus menyelesaikan banyak pekerjaan, ada baiknya kamu menyusun prioritas dan membagi waktu dengan saksama. Buatlah daftar tugas-tugas yang perlu kamu kerjakan, lalu perkirakan waktu yang sekiranya akan kamu habiskan dalam masing-masing tugas.

Kamu dapat mengerjakan tugas yang ringan dengan waktu paling singkat lerlebih dulu, sebelum beralih ke pekerjaan yang dinilai lebih berat dan butuh waktu lebih lama.

Apabila ada tugas yang dirasa terlalu berat, bagilah tugas tersebut ke dalam beberapa bagian. Dengan ini, kamu bisa menyelesaikannya secara bertahap sehingga kamu tidak kewalahan dan waktumu terpakai dengan efektif.

Selain kamu bisa lebih efisien, menyelesaikan tugas-tugas tersebut juga dapat memberimu kepuasan tersendiri. Kamu akan lebih termotivasi karena berhasil mencapai tujuan yang kamu ciptakan sendiri.

5. Hindari mengeluh dan hargai pekerjaanmu

Sebagian besar orang mungkin merasa bahwa pekerjaannya kurang cocok dengannya atau bahkan bukan profesi impiannya. Anggapan ini tidak jarang mampu mengikis semangat dan menjadi sumber kemalasan.

Apabila pengalaman tersebut menderamu, hindarilah mengeluh berkepanjangan tentang keburukan dalam pekerjaanmu dan belajarlah untuk bersyukur. Kamu bisa memulainya dengan mencatat keuntungan yang kamu dapatkan dari pekerjaan maupun perusahaanmu atau bagian dari pekerjaanmu yang kamu nikmati.

Mengatasi rasa malas memang tidak mudah. Perlu disiplin dan proses maupun usaha yang kontinyu agar kamu senantiasa dapat mengusirnya. Ingatlah bahwa cara menghilangkan rasa malas bekerja harus mulai dari diri sendiri!

Jika menurutmu rasa malasmu bisa dihilangkan dengan bekerja di perusahaan yang baru, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace. Pasalnya, dengan begini kamu akan lebih mudah dalam mendapatkan kesempatan bekerja di tempat baru tanpa perlu mendaftar ke sana-kemari.

Cari Artikel Lainnya