0
29
0
5 Fakta Pohon Unik yang Harus Kamu Ketahui
3 weeks 'ago'

 tahukah kamu jika setiap tanggal 10 Januari diperingati sebagai Hari Sejuta Pohon Sedunia? Hari ini termasuk penting untuk meningkatkan kesadaran manusia untuk melestarikan pohon. Pemerintah Indonesia sendiri juga sudah menerapkan kebijakan pelestarian pohon lewat gerakan Satu Miliar Pohon, lhoNah, untuk memperingati hari ini, yuk kita lihat beberapa fakta pohon unik yang belum banyak diketahui oleh masyarakat umum.

1. Pohon memiliki perasaan

fakta pohonPohon ternyata memiliki perasaan (Sumber: vebma.com)

Seorang peneliti asal Jerman, Peter Wohlleben, menemukan fakta unik bahwa ternyata pohon mempunyai perasaan, bisa berteman, dan saling menyayangi seperti halnya manusia lho Squad. Peter mengatakan bahwa pohon dapat merasakan sakit dan emosi seperti rasa takut. Pohon juga memiliki ikatan yang kuat layaknya pasangan manusia dan lebih senang jika tumbuh berdekatan serta saling bersentuhan. Hasil penelitian unik ini bisa kamu tonton di sebuah film dokumenter bernama ‘Intelligent Trees’. Tertarik?

2. Pohon paling mematikan di dunia

fakta pohonPohon manchineel yang mematikan (Sumber: up-daily.com)

Selain memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, pohon juga ternyata bisa mematikan. Menurut Guinness World Records, pohon manchineel adalah pohon paling berbahaya di dunia. Bahkan, semua bagian dari manchineel sangat beracun dan berpotensi menyebabkan kematian. Getah dari pohon ini dapat membuat kulit melepuh seperti terbakar. Jika memakan buahnya yang berbentuk seperti apel, akan membuat tenggorokan terasa panas terbakar dan mengalami sesak nafas. Serem banget ya Squad.

3. Pohon tertua di dunia berusia lebih dari 9.500 tahun

fakta pohonOld Tjikko pohon tertua di dunia (Sumber: controradio.it)

Walaupun tingginya hanya 4 meter, pohon sejenis cemara yang bernama Old Tjikko telah berusia lebih dari 9.500 tahun lho. Para peneliti memperkirakan pohon ini telah ada sejak jaman es. Pohon old tjikko adalah pohon individu klonal yang membuatnya mampu bertahan hingga ribuan tahun. Jadi, ketika batang lama mati, akarnya akan tetap hidup hingga kemudian tumbuh batang baru.

4. Pohon bulan

fakta pohonKomandan misi Apollo 14 Alan Shepard di permukaan Bulan (Sumber: nationalgeographic.co.id)

Memangnya ada pohon di Bulan? Ini bukan pohon yang diambil dari Bulan Squad, tetapi benih pohon yang pernah dibawa ke Bulan oleh seorang astronaut bernama Stuart Roosa. Pada Januari 1971, Amerika Serikat meluncurkan tiga astronaut ke Bulan, yaitu Alan Shepard Jr, Edgar Mitchell, dan Stuart Roosa. Shepard dan Mitchell berhasil menjejakkan kakinya di Bulan dan bertahan selama 34 jam.

Nah, tanpa diketahui banyak orang, Roosa ternyata membawa ratusan benih pohon yang menjadi bagian proyek NASA dengan United States Forest Service. Roosa mengorbit di atas bulan menggunakan modul komando dengan membawa benih tersebut. Sesampainya di bumi, benih-benih ini kemudian ditanam di seluruh penjuru AS. Benih-benih ini yang kemudian dikenal dengan “Pohon Bulan”.

5. Pohon raksasa seukuran gedung 36 lantai

fakta pohonPohon sequoia (Sumber: dagelan.co)

Pohon terbesar di dunia berada di kawasan kecil di lereng barat pegunungan Sierra Nevada, California, AS. Pohon ini bernama sequoia raksasa, atau Sequoiadendron giganteum. Sequoia terbesar dan tertinggi, dapat tumbuh hingga seukuran gedung 36 lantai, lho. Pada umumnya, pohon ini berdiameter 6 meter dengan cabang-cabang raksasa berukuran hingga diameter 2,5 meter. Kulit pohon sequoia bisa memiliki ketebalan 90 cm. Selain bentuknya yang besar, pohon ini juga mempunyai umur yang panjang hingga 5.000 tahun.

Dibalik semua fakta pohon yang unik tadi, pohon adalah makhluk hidup yang perlu kita jaga dan lestarikan. Nah, Hari Sejuta Pohon Sedunia diharapkan dapat menjadi satu solusi dari permasalahan pemanasan global dan meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya pohon bagi kehidupan manusia. Karena lingkungan yang baik akan memberikan pengaruh positif dalam proses belajar Squad. Yuk, buat #BelajarJadiMudah dan menyenangkan di ruangbelajar.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow