Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 6 Manfaat Pengalaman Magang Untuk Masa Depan Kariermu

6 Manfaat Pengalaman Magang Untuk Masa Depan Kariermu

- Rabu, 22 Mei 2019 | 09:24 WIB
6 Manfaat Pengalaman Magang Untuk Masa Depan Kariermu

Pengalaman magang tak sekadar mampu membantu meningkatkan pengetahuan, tapi juga membantu masa depan kariermu. Agar kamu lebih semangat dalam menjalani magang, kamu perlu memahami pentingnya hal ini bagi kehidupanmu nanti.

Berikut ini adalah alasan pentingnya pengalaman magang yang perlu kamu ketahui.

1. Memahami realita dunia kerja

Bergabung di sebuah perusahaan sebagai pegawai magang, bukanlah hal yang buruk. Pasalnya dengan begini, kamu akan memiliki pengalaman untuk belajar, berkontribusi, dan memahami bagaimana dunia kerja secara nyata.

Pengalaman magang juga akan membantu dan mengajarkanmu berkaitan dengan tujuan karir yang ingin kamu capai. Selain itu, pengalaman ini menjadi cara untuk menerapkan pekerjaan yang terkait dengan jurusanmu maupun pilihan karir lainnya.

2. Memperbanyak jaringan profesional

Pengalaman magang seringkali memberikanmu kesempatan untuk menghadiri meeting, maupun event. Dengan berinteraksi bersama kaum profesional kamu bisa memperbanyak koneksi baru dan belajar bagaimana cara berkomunikasi dalam lingkungan profesional.

Tak hanya itu, pengalaman magang akan memperkenalkanmu pada banyak sumber dan informasi bermanfaat yang memberikanmu kesempatan untuk bertemu dengan berbagai jenis kamu profesional di bidang yang kamu tekuni. Kamu juga bisa mendapatkan referensi dan menemukan kesempatan kerja dari mereka.

3. Menjadikan CV lebih menarik

Sebagai mahasiswa, memiliki curriculum vitae yang menarik untuk melamar kerja setelah lulus adalah hal yang penting guna mendapatkan kesempatan dengan lebih mudah.

Selain pengalaman berorganisasi, pernah magang di sebuah perusahaan juga dapat menjadi nilai tambah. Bahkan tidak jarang sebuah perusahaan justru akan menjadikan karyawan magang sebagai karyawan kontrak, atau bahkan tetap. Menarik, bukan?

4. Lebih ahli dalam mengefisienkan waktu

Sebagai karyawan magang, kamu mungkin juga akan menjadi master dalam manajemen waktu. Di mana kamu bisa menjadi lebih paham bagaimana mengatur waktu dengan baik sebelum kamu memasuki dunia kerja sesungguhnya.

Ketika kamu bekerja selama magang, kamu akan berhadapan dengan lingkungan profesional yang sangat memperhitungkan setiap menit dalam kerjanya. Manajemen waktu adalah hal vital dalam setiap urusan, baik dalam hal menghadiri meeting, menyelesaikan tugas sesuai tenggat waktu, dan sebagainya.

5. Lebih berpotensi dilirik perekrut

Sebagian perekrut akan melihat pengalaman magangmu sebagai nilai lebih. Hal ini akan lebih memudahkan perekrut untuk melihat bagaimana cara kerjamu berdasarkan pengalaman sebelumnya. Oleh karena itu, bekerja magang atau pun paruh waktu sebelum lulus kuliah akan sangat membantu.

6. Sebagai fondasi karir

Pengalaman magang membantumu dalam memberikan fondasi karir lebih baik. Hal ini penting, itulah kenapa kamu perlu juga memilih industri yang sesuai dengan minat dan prospek karir yang kamu inginkan.

Perlu diingat, perusahaan sering menggunakan internship sebagai alat rekrutmen untuk menguji kemampuan dari karyawan magang apakah selanjutnya bisa menjadi karyawan setelah lulus. Jadi, pastikan kamu memilik sikap yang baik dan melakukan tugas magang dengan baik.

Itulah beberapa alasan pentingnya magang bagi masa depan karier. Selain kamu berpotensi untuk menjadi karyawan perusahaan tersebut, magang juga membantu kamu lebih siap dalam menghadapi dunia kerja.

Agar lebih memudahkan kamu dalam mencari pekerjaan tanpa perlu mengganggu proses kuliah atau magangmu, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace. Pasalnya, situs seperti ini dapat membantumu untuk mendapatkan pekerjaan tanpa perlu melamar ke sana-kemari.

Cari Artikel Lainnya